STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Makin Naik Harganya, Idealnya Boleh Berapa Kali Pakai Minyak Goreng Berulang? Cek di Sini & Cara yang Benar Menyimpannya

Fina Prichilia | Beautynesia
Rabu, 01 Dec 2021 17:00 WIB
Makin Naik Harganya, Idealnya Boleh Berapa Kali Pakai Minyak Goreng Berulang? Cek di Sini & Cara yang Benar Menyimpannya

Harga minyak goreng lagi naik nih, Beauties. Kamu mungkin sudah sangat merasakan dampaknya karena memang biasa masak setiap hari, maupun delivery order makanan yang kini harganya ikutan menaik.

Mengutip CNBC, harga minyak goreng yang sedang naik ini diperkirakan akan masih berlangsung hingga kuartal satu di 2022. Adapun alasan utamanya karena harga internasional yang juga naik tajam. Nggak cuma itu, tapi juga turunnya panen sawit pada semester kedua.

Kalau sudah begini, kamu jelas lebih mesti menghemat-hemat, salah satunya dengan menggunakan minyak goreng secara bijak hingga berulang.

Boleh Berapa Kali Penggunaan Minyak Goreng?

Ilustrasi menggoreng.Ilustrasi menggoreng/ Foto: Freepik.com

Sebenarnya paling ideal penggunaan minyak goreng adalah sekali pakai, karena minyak goreng yang sering dipanaskan akan semakin jenuh dan ini akan menjadi sumber peningkatan kadar kolesterol darah. Demikian menurut Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K), dikutip dari detikFood.

Ya Beauties, sebisa mungkin gunakan hanya sekali saja. Tetapi bagaimana jika terpaksa harus menghemat? Menurut Hardinsyah, MS. PhD selaku Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, minyak goreng masih bisa digunakan hingga tiga kali. Namun kembali lagi, perlu ditegaskan lebih baik jika digunakan satu kali saja dengan suhu di bawah 120 C.

Hardinsyah juga menambahkan, jangan sampai minyak yang sedang dipanaskan mengeluarkan asap, sebab minyaknya bisa berganti menjadi lemak jenuh, Beauties.

Bukan asal simpan, kamu juga perlu memerhatikan cara menyimpannya dengan baik dan benar. Caranya?

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE