sign up SIGN UP

Manfaat Pelukan yang Bikin Nyaman dan Ketagihan

Dyah Arum Narwastu | Beautynesia
Senin, 20 Sep 2021 11:00 WIB
Manfaat Pelukan yang Bikin Nyaman dan Ketagihan
caption
Jakarta -

Berpelukan memang bisa membuat perasaan menjadi nyaman. Ternyata, sudah banyak penelitian yang membuktikan jika berpelukan bisa memberikan manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaatnya?

Meningkatkan Hormon Bahagia

Hormon dopamin merupakan hormon bahagia yang muncul ketika tubuh kita merasa nyaman. Berpelukan diketahui bisa memicu hormon dopamin dan membuat hati lebih bahagia.

Mengurangi Stres

Stres bisa Menyumbat Pori-PoriStres/ Foto : pexels.com/Liza Summer

Rasa stres bisa membuat seseorang merasa gelisah hingga sulit tidur atau justru mengalami beragam gangguan kesehatan. Berpelukan punya manfaat mengurangi kadar hormon kortisol dalam tubuh.

Hormon kortisol banyak dikenal sebagai hormon stres. Hal ini bukan tanpa sebab. Hormon kortisol akan muncul ketika tubuh mengalami stres. Bukan hanya menimbulkan perasaan tidak nyaman. Hormon kortisol juga bisa memicu beragam penyakit, salah satunya adalah peningkatan tekanan darah yang bisa memicu penyakit jantung hingga stroke.

Berpelukan diketahui bisa menurunkan hormon kortisol dalam tubuh sehingga kita akan merasa lebih tenang. Jika dilakukan dengan teratur, berpelukan bisa membantu menjaga kesehatan tubuh.

Mengatasi Rasa Takut

Terlalu takut membebani orang lain membuat perempuan virgo menjadi pribadi yang tertutup.Rasa takut/ Foto: Freepik.com/Diana.grystku

Rasa takut bisa muncul dari banyak hal. Bisa jadi ketakutan itu muncul dari pikiran dan bayangan kita sendiri atau dipicu oleh kejadian yang ada di sekitar kita. Rasa takut adalah hal yang wajar terjadi. Namun, jika dibiarkan berlarut-larut, ketakutan bisa berubah menjadi paranoid yang dapat mengganggu kehidupan kita.

Jika kita merasa takut, pelukan bisa membantu mengurangi perasaan ini. Pelukan bisa membuat kita merasa jika ada seseorang yang hadir untuk memberikan perlindungan. Cara ini membuat otak kita mengurangi kewaspadaan akan ancaman sehingga rasa takut pun berkurang.

Mencegah Beragam Penyakit

Mengonsumsi rooibos secara rutin dapat mengurangi sakit kepala dan migrain.Mencegah penyakit/ Foto: Pexels.com

Banyak penyakit yang berasal dari pikiran. Stres bisa memicu tubuh mengalami gangguan kesehatan ringan hingga berat. Berpelukan bisa membantu aliran darah lebih lancar, detak jantung pun lebih teratur. Berpelukan bisa membantu pikiran kita lebih tenang sehingga terhindar dari resiko penyakit.

Setelah mengetahui manfaat dari berpelukan, seberapa besar kamu ingin segera memeluk teman, keluarga atau pasangan kamu?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id