sign up SIGN UP

Mendambakan Gigi Kuat dan Sehat? Mudah Saja, Yuk Ikuti Caranya!

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Kamis, 17 Jun 2021 16:30 WIB
Mendambakan Gigi Kuat dan Sehat? Mudah Saja, Yuk Ikuti Caranya!
caption

Siapapun pasti sangat mendambakan memiliki gigi yang kuat dan sehat. Tak hanya untuk kesehatan dan agar terhindar dari penyakit, penampilan gigi yang sehat dan kuat juga ikut menunjang penampilan seseorang. 

Terus bagaimana langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat gigi menjadi kuat dan terlihat sehat? Simak tips di bawah ini.

 

1. Menyikat Gigi Secara Teratur dan Benar

Sikatlah gigi secara teratur dan dengan cara yang benar.
Menyikat Gigi/freepik.com 

Untuk membuat gigi tetap kuat dan sehat, tentu kamu tidak boleh abai dalam urusan membersihkan gigi dan mulut. Sikatlah gigi secara teratur 2 kali sehari, yaitu di pagi hari setelah sarapan dan di malam hari sebelum tidur.

Pastikan kamu menyikat gigi dengan cara yang benar, agar gigi bersih dari sisa makanan yang menempel. Karena itu, sikatlah gigi selama 2 menit dan gunakan obat kumur. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan benang gigi atau flossing sekali sehari. 

 

2. Konsumsi Makanan yang Bernutrisi

Konsumsi makanan yang bernutrisi untuk kesehatan gigi, seperti yang mengandung kalsium.
Makanan Berkalsium/freepik.com 

Mengonsumsi makanan yang bernutrisi juga sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi dan menguatkannya. Seperti halnya makanan dengan kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin C. Konsumsilah makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti susu, keju, yoghurt, sayuran hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian.  

Sementara itu, makanan dengan kandungan fosfor ialah seperti ikan, telur, dan daging ayam. Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk menjaga kesehatan gusi, seperti sayuran dan buah-buahan yang berupa bayam, tomat, jeruk, lemon, jambu biji dan lain sebagainya. 

 

3. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih dengan cukup untuk meningkatkan produksi air liur.
Air Putih/freepik.com 

Selain baik bagi tubuh, air putih juga bermanfaat dalam membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi dan juga melarutkan asam yang dihasilkan oleh bakteri di mulut. Karena itu, kamu perlu minum air putih dalam jumlah yang cukup guna meningkatkan air liur di dalam mulut. 

 

4. Kurangi Konsumsi Makanan Manis

Kurangi makanan manis untuk menjaga kesehatan gigi.
Makanan Manis/freepik.com 

Untuk mencegah kerusakan gigi, tentu kamu juga perlu mengurangi mengonsumsi makanan manis. Pasalnya, sisa makanan manis dan lengket yang menempel diubah menjadi asam oleh bakteri yang ada dalam mulut. Nah, inilah yang dapat membuat plak pada gigi dan menjadi rentan untuk berlubang. 

 

5. Rajin Memeriksa Kesehatan Gigi 

Rajinlah memeriksa kesehatan gigi.
Memeriksa Kesehatan Gigi/freepik.com  

Setiap 6 bulan sekali sebaiknya kamu memang perlu ke dokter gigi untuk memeriksakan kesehatan gigi. Selain melakukan pembersihan gigi dan plak, kamu juga dapat memantau kesehatan gigi dan mulut. Jadi, alangkah baiknya kamu tidak sampai menunggu gigi menjadi bermasalah dulu baru ke dokter gigi. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id