sign up SIGN UP

Mengenal 7 Sayuran Favorit Masyarakat Jepang dan Manfaatnya

Nur Amalina Izzati | Beautynesia
Minggu, 18 Sep 2022 09:30 WIB
Mengenal 7 Sayuran Favorit Masyarakat Jepang dan Manfaatnya
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/miya227

Jepang dikenal sebagai negara yang memiliki penduduk dengan umur yang panjang. Hal itu, tak luput dari kebiasaan sehat dan makanan yang mereka konsumsi.

Masyarakat Jepang umumnya gemar mengonsumsi berbagai sayuran, baik diolah menjadi hidangan lezat atau dinikmati secara mentah. Berikut 7 sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat Jepang beserta manfaatnya, dilansir dari Live Japan. Yuk, simak!

1. Daikon

Daikon atau lobak putih/Foto: pexels.com/Anna Nekrashevich
Daikon atau lobak putih/Foto: pexels.com/Anna Nekrashevich

Daikon merupakan lobak putih yang bertekstur lembut setelah dimasak. Daikon dapat  direbus dengan seafood atau disajikan mentah untuk hidangan pelengkap ikan bakar atau tempura. Sayuran ini kaya serat sehingga baik untuk kesehatan usus dan meningkatkan kadar gula darah, mengandung isothiocyanate yaitu antioksidan yang dapat membersihkan tubuh dari zat penyebab kanker dan banyak kandungan lainnya. 

2. Shiso

Shiso atau daun perilla/Foto: pinterest.com/Etsy
Shiso atau daun perilla/Foto: pinterest.com/Etsy

Pasti kamu sudah nggak asing dengan shiso atau daun perilla, kan? Yup, umumnya shiso hijau (aojiso) sering dikonsumsi bersama sashimi atau sebagai penyedap masakan. Sedangkan, shiso merah (akajiso) diolah dengan umeboshi untuk pewarna makanan. Shiso memiliki kandungan asam lemak omega yang cukup tinggi.

3. Renkon

Renkon atau akar teratai/Foto: pinterest.com/CalorieBee
Renkon atau akar teratai/Foto: pinterest.com/CalorieBee

Renkon atau akar teratai memiliki tekstur renyah. Renkon kerap disaikan dengan tempura, sup, atau tumisan. Akar teratai ini mengandung zat besi untuk mengurangi gejala anemia, potasium untuk membantu mengatur tekanan darah dan lain-lain.

4. Wasabi

Wasabi/Foto: freepik.com/wirestock
Wasabi/Foto: freepik.com/wirestock

Wasabi dikenal sebagai pasta warna hijau yang biasa dihidangkan bersama sushi atau sashimi. Sebenarnya, wasabi merupakan sayuran berbentuk batang dan bagian dari famili brassicaceae, seperti kubis atau lobak. Wasabi mengandung Allyl isothiocyanate yang dapat melawan berbagai jenis bakteri.

5. Gobo

Gobo/Foto: pinterest.com/Umamicart
Gobo/Foto: pinterest.com/Umamicart

Gobo atau sejenis akar tanaman burdock ini memiliki rasa manis. Gobo dapat disajikan dengan cara direbus sebagai sup atau teh. Karena mengandung zat besi, gobo dapat diolah sebagai obat alami untuk flu.

6. Kabocha

Kobocha atau labu Jepang/Foto: pinterest.com/Organic Authority
Kabocha atau labu Jepang/Foto: pinterest.com/Organic Authority

Kabocha merupakan labu Jepang yang memiliki rasa lebih manis. Kabocha dapat dinikmati dengan cara direbus, dipanggang atau diolah menjadi kue. Bagian dalam kabocha yang berwarna oranye mengandung beta karoten untuk mencegah kanker, mengandung vitamin A sebagai menjaga kesehatan mata, dan lain-lain. 

7. Takenoko

Takenoko atau rebung/Foto: freepik.com/mrsirphol
Takenoko atau rebung/Foto: freepik.com/mrsirphol

Takenoko atau rebung adalah makanan khas Jepang saat musim semi, termasuk Takenoko no Gohan atau nasi rebung yang menjadi favorit. Takenoko mengandung sumber protein dan serat yang baik untuk tubuh.

Dari ketujuh sayuran tersebut, adakah sayuran yang sudah pernah kamu coba, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id