STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Mengenal Mindfulness, Sebuah Teknik Ajaib untuk Jaga Kesehatan Mental

Jovita | Beautynesia
Senin, 04 May 2020 16:00 WIB
Mengenal Mindfulness, Sebuah Teknik Ajaib untuk Jaga Kesehatan Mental
Berbagai masalah dalam kehidupan dapat menimbulkan tekanan mental bagi seseorang. Yuk cegah hal ini dengan mempelajari praktik mindfulness!
Selama hidup, seseorang pasti akan terlibat dengan berbagai masalah. Bisa jadi masalah tentang pekerjaan atau masalah keluarga yang tidak harmonis.

Berbagai masalah tersebut akan menimbulkan tekanan dalam diri. Lambat laun orang tersebut jadi lebih mudah mengalami stres bahkan depresi.

Untuk mencegah hal ini, kamu bisa mempelajari praktik mindfulness. Sampai sekarang, mindfulness masih menjadi salah satu cara efektif untuk menjaga kesehatan mental dari berbagai tekanan hidup.

Lantas, apa itu mindfulness dan bagaimana cara menerapkannya? Berikut informasinya!

Apa itu mindfulness?


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Mindfulness adalah suatu praktik dalam kegiatan sehari-hari yang dilakukan dengan kesadaran penuh. Misalnya saat sedang makan, seluruh perhatian, pikiran dan fokus Beautynesian hanya tertuju pada aktivitas makan tersebut.

Kamu berusaha untuk merasakan tiap suapan, bukan sambil melamun atau nonton televisi. Contoh lainnya, saat mencuci piring, seluruh fokus Beautynesian hanya terarah pada aktivitas tersebut, merasakan air yang mengalir, menyadari gerakan menggosok dan setiap hembusan napas. Inilah yang disebut mindfulness.

Dalam sudut pandang agama, mindfulness diartikan sebagai hidup pada saat ini, tidak memikirkan masa lalu dan tidak mengkhawatirkan apa yang akan datang. Praktik ini bahkan telah direkomendasikan oleh Institut Nasional untuk Kesehatan dan Perawatan Excellence Inggris sebagai pencegah depresi sejak 2004 dan diakui baik untuk kesehatan mental.

Mindfulness bukan tujuan akhir


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Meskipun mindfulness sangat baik untuk kesehatan mental, tapi ada hal yang perlu Beautynesian pahami bahwa praktik ini merupakan sebuah proses yang panjang dan bukan tujuan akhir. Jika beberapa kali Beautynesian belum berhasil menerapkan mindfulness, tidak apa-apa. 

Jangan menyalahkan diri sendiri karena menyalahkan diri hanya akan memperburuk kondisi mentalmu. Selama masih hidup, semua orang masih akan terus menjalani proses ini bersama segala tantangan baru yang akan muncul.

(ebn/ebn)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE