STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Mengenal Parosmia, yang Bikin Penyintas Cium Bau Busuk Usai Sembuh dari Covid-19

Raudiya Nurfadilah | Beautynesia
Jumat, 05 Nov 2021 06:00 WIB
Mengenal Parosmia, yang Bikin Penyintas Cium Bau Busuk Usai Sembuh dari Covid-19

Selama pandemi covid-19 menyerang dunia, kita telah mengetahui bahwa salah satu gejalanya adalah terjadi gangguan pada indera penciuman, biasanya orang yang terjangkit virus tersebut akan kehilangan indera penciuman sehingga tidak akan merasakan bau apapun yang dihirupnya dan sering disebut dengan anosmia.

Namun selain anosmia, ada juga yang dinamakan parosmia yakni istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi kesehatan yang mendistorsi indera penciuman. Misalnya sesuatu yang dulunya memiliki aroma yang harum tetapi bagi kamu yang memiliki gangguan penciuman sehingga benda tersebut berbau busuk atau tercium serta terasa bau seperti logam atau pun besi.

Dilansir dari laman Healthline, karena bau dan rasanya yang tidak biasa, parosmia juga dapat berdampak negatif pada rasa makanan. Bagi seorang penderita parosmia, makanan yang awalnya menggugah selera justru rasanya menjadi tidak enak.

Penyebab Parosmia

Parosmia terjadi karena adanya infeksi
Parosmia terjadi karena adanya infeksi saluran napas/ Foto: Pexels/ cottonbro

Ada beberapa penyebab terjadinya parosmia yakni adanya infeksi saluran pernapasan seperti pilek, adanya cedera pada kepala, infeksi sinus, racun dan obat-obatan tertentu, kejang di bagian otak yang disebut lobus temporal, tumor otak, covid-19, dan mulut kering secara terus menerus.

Melansir dari laman Web MD, sebuah studi mengatakan bahwa terjadi pada setidaknya 25 persen orang yang tekena covid-19 mengalami gangguan penciuman dan beberapa di antaranya berkaitan dengan parosmia.

Kebanyakan orang yang mengalami anosmia akan kembali normal seiring berjalannya waktu. Namun masalah dapat bertahan pada beberapa orang atau mereka mungkin memiliki indera perasa dan penciuman, yang berubah selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah infeksi.

Hampir setengah dari orang yang mengalami covid-19 yang terlibat dari sebuah penelitian melaporkan terjadinya parosmia sekira 2,5 bulan setelah terinfeksi, dan itu berlanjut setidaknya selama 6 bulan. Menurut penelitian tersebut, orang yang mengalami parosmia akan mencium bau busuk, tengik, bahkan bau seperti logam.

Waktu Parosmia Berlangsung

Parosmia bisa berlangsung selama berbulan-bulan
Parosmia bisa berlangsung selama berbulan-bulan/ Foto: Pexels/ RODNAE Productions

Secara umum, parosmia setelah covid-19 biasanya secara bertahap dapat memudar seiring berjalannya waktu. Namun perlu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk benar-benar hilang.

Sebuah studi survei yang telah dilakukan mencatat bahwa 49,3 persen orang dengan parosmia membaik dalam waktu 3 bulan dan sisanya atau 50,7 persen, melaporkan bahwa parosmia bisa berlangsung lebih dari 3 bulan.

Mengobati Parosmia

Parosmia bisa diobati untuk membantu memulihkan
Parosmia bisa diobati untuk membantu memulihkan/ Foto: Pexels/ doTERRA International, LLC

Setelah dijelaskan sebelumnya bahwa parosmia dapat sembuh dengan sendirinya dari waktu ke waktu, tetapi kamu juga bisa melakukan beberapa kegiatan berikut.

Pelatihan Bau

Melatih bau ini melibatkan indera penciuman dengan mengendus aroma yang sama selama 20 detik pada suatu waktu dan dilakukan setidaknya dua kali sehari selama 3 bulan atau lebih. Kamu bisa menggunakan aroma dari buah-buahan, bunga, aroma pedas, minyak esensial (lemon, mawar, cengkeh, dan kayu putih).

Perubahan Gaya Hidup

Merubah gaya hidup juga bisa membantumu dalam memulihkan parosmia yaitu dengan membatasi makanan tertentu seperti daging, bawang, atau telur, mengonsumsi makanan lunak, makan makanan yang bersuhu kamar atau dingin, hindari area yang beraroma kuat seperti toko parfum, gunakan kipas angin untuk menghilangkan aroma yang memicu parosmia.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE