sign up SIGN UP

Menurut Ahli Diet, 5 Kebiasaan Makan Ini Bakal Jadi Penyebab Kamu Cepat Tua! Duh, Sering Dilakukan?

Rini Apriliani | Beautynesia
Kamis, 23 Jun 2022 20:00 WIB
Menurut Ahli Diet, 5 Kebiasaan Makan Ini Bakal Jadi Penyebab Kamu Cepat Tua! Duh, Sering Dilakukan?
Deretan Kebiasaan Makan Ini Bakal Jadi Penyebab Kamu Cepat Tua/Foto: Freepik.com
Jakarta -

Penuaan menjadi salah satu hal menakutkan bagi sebagian orang. Apalagi jika sudah muncul beberapa tanda penuaan dini. Banyak orang yang mendadak ketar-ketir mencari cara agar penuaan tersebut tidak semakin cepat. 

Ternyata, kebiasaan makan sehari-hari bisa menjadi penyebab kamu cepat tua lho, Beauties! Nggak percaya? Simak penjelasan menurut ahli diet berikut ini yuk!

1. Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Young disgust female after trying piece of cake, healthy diet concept, pregnancy food.Terlalu Banyak Konsumsi Gula/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Oksana_Bondar

Makanan manis menjadi salah satu makanan favorit banyak orang, apalagi perempuan nih. Waffle dengan ice cream, minuman boba, coklat, dan beberapa makanan manis lainnya tentu kamu suka kan, Beauties?

Namun sayangnya, seperti yang dilansir dari Eat This Not That!, terlalu banyak konsumsi makanan mengandung gula bisa bikin kamu cepat tua lho! Hal ini karena terjadinya peningkatan kadar glukosa darah yang merangsang produksi produk akhir glikasi lanjut (AGEs).

"Makan makanan tinggi gula dapat membuat kamu cepat menua. Ini menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah, yang dapat merangsang produksi akhir glikasi lanjut (AGEs)," ujar Kathryn Piper, RDN, LD yang merupakan ahli diet.

Lebih lanjut, ia pun mengatakan jika AGEs ini dapat menyebabkan kerusakan kolagen yang dapat meningkatkan garis-garis halus dan kerutan. Lalu, paparan sinar matahari dapat menambah tanda-tanda penuaan.

2. Kekurangan Protein

Apa Benar Nabi Muhammad SAW Melarang Makan Daging Hewan Darat dan Laut Bersamaan?Kekurangan Protein/ Foto: iStock

Mencukupi kebutuhan protein sehari-hari ternyata sangat penting lho, Beauties! Pasalnya, kekurangan protein dapat membuat seseorang lebih cepat menua. 

"Tidak makan cukup protein dapat membuat seseorang lebih cepat menua," ujar Anya Rosen, MS, RDN, LD. 

Maka, penting untuk makan protein demi menjaga massa tubuh tanpa lemak, agar tidak kehilangan massa otot seiring bertambahnya usia.

3. Kekurangan Serat

DietKekurangan Serat/ Foto: Freepik.com/pvproductions

Semua harus serba seimbang! Kekurangan serat pun bisa berdampak pada penuaan lho, Beauties.

Ada banyak manfaat dari rajin makan sayur setiap hari, mulai dari terbebas dari sembelit, bikin badan lebih fit, sampai kulit sehat. Jeanette Kimszal, RDN, NLC mengatakan, tidak makan serat yang cukup dapat meningkatkan penuaan.

4. Terlalu Banyak Makan Daging Olahan

Makan Fast FoodTerlalu Banyak Makan Daging Olahan/ Foto: Freepik.com

Berbagai macam makanan olahan pasti dan selalu memiliki cita rasa enak, yang sering kali membuat kita ketagihan. Tapi ternyata, kebiasaan makan daging olahan harus mulai kita kurangi, Beauties!

Bukan tanpa alasan, hal ini karena makanan olahan justru bisa meningkatkan risiko kanker. Belum lagi makanan yang satu ini mengandung garang yang tinggi. Duh!

5. Kurang Makanan dengan Kandungan Beta Karoten

Beragam vitamin pada wortel berfungsi untuk memperkuat akar rambut.Kurang Makanan dengan Kandungan Beta Karoten/ Foto: Freepik.com

Beberapa makanan sehari-hari di sekeliling kita diperkaya dengan kandungan beta karoten. Yang ternyata, ini sangatlah bermanfaat untuk tubuh. 

Ada banyak daftar makanan dengan beta karoten, mulai dari ubi, wortel, sampai jeruk. Yang mana, deretan makanan tersebut bisa membantu mencegah penuaan dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. 

Mengutip detikHealth, wortel yang termasuk ke dalam makanan dengan kandungan beta karoten ini bahkan bisa melindungi selaput sel dari kerusakan toksin dan memperlambat pertumbuhan sel kanker lho!

"Beberapa penelitian menunjukkan wortel juga mencegah kanker serviks. Ini karena wortel mengandung antioksidan tinggi yang dapat memerangi HPV (human papiloma virus) yang merupakan penyebab utama kanker serviks,"

Beauties, itu dia deretan kebiasaan yang ternyata bisa jadi penyebab kamu cepat tua. Bagaimana, sering dilakukan nggak nih?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id