sign up SIGN UP

Nggak Banyak yang Tahu, 5 Makanan Sehat Ini Justru Menyumbang Banyak Kandungan Gula

aqillah diaz | Beautynesia
Sabtu, 01 Jan 2022 07:30 WIB
Nggak Banyak yang Tahu, 5 Makanan Sehat Ini Justru Menyumbang Banyak Kandungan Gula
caption

Mengonsumsi makanan manis dapat meningkatkan mood. Makanan manis seperti es krim, permen, dan kue dapat meningkatkan mood secara cepat.

Namun, nyatanya tanpa disadari makanan manis dapat membuatmu ketagihan, sehingga jika mengonsumsinya terlalu berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan, seperti diabetes ataupun obesitas. Karena beberapa makanan yang disebutkan di atas harus dikurangi, akhirnya kamu mencoba jalan pintas lain untuk mengonsumsi makanan sehat yang manis.

Eits, namun tunggu dulu Beauties! Ternyata nggak semua makanan sehat yang manis dapat menggantikan makanan manis tersebut, lho. Hal ini sering disalahpahami oleh beberapa orang.

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui beberapa makanan sehat yang ternyata justru memiliki kandungan gula yang tinggi. Berikut beberapa makanannya, simak yuk!

1. Yogurt

Yogurt / foto : pexels.com/VladChetan
Yogurt / foto : pexels.com/VladChetan

Siapa sih yang nggak tahu kalau yogurt ini merupakan salah satu makanan sehat? Pasti banyak orang yang menganggap yogurt merupakan makanan yang menyehatkan karena memiliki kandungan vitamin, mineral, dan probiotik yang baik untuk kesehatan.

Namun, ada baiknya ketika membeli yogurt, kamu membaca kandungan yang ada pada kemasan. Hindari yogurt rendah lemak atau yogurt dengan rasa buah-buahan, karena ternyata yogurt jenis ini memiliki kandungan gula lebih banyak daripada yogurt biasa.

Pilihlah yogurt dengan kandungan gula tidak lebih dari 20 gram per sajian atau kamu bisa memilih yogurt plain. Jika kamu ingin yogurt plain-mu terasa manis, kamu bisa menambahkan buah-buahan segar ketika akan mengonsumsinya. 

2. Granola

Granola / foto : pexels.com/PolinaTankilevitch
Granola / foto : pexels.com/PolinaTankilevitch

Siapa nih diantara kalian kalau sedang diet dan ingin mengonsumsi makanan manis, memilih mengonsumsi granola? Pasti diantara kamu pasti memilih makanan ini untuk dikonsumsi. Tetapi, tanpa kamu sadari granola mengandung gula yang cukup tinggi, lho. Adanya tambahan pemanis buatan dalam granola menyebabkan granola menjadi makanan yang tidak menyehatkan lagi.

Oleh karena itu, jika kamu ingin mengonsumsi granola sebagai makanan sehat, pilihlah granola yang tidak ada tambahan pemanis buatannya, ya!

3. Salad Dressing

Salad dressing / foto : pexels.com/alleksana
Salad dressing / foto : pexels.com/alleksana

Biasanya, salad terdiri dari sayuran atau buah-buahan dan salad dijadikan pilihan makanan sehat untuk orang yang sedang menjaga asupan makanan. Namun, ternyata memberikan banyak dressing, seperti mayonaise, susu kental manis, dan parutan keju untuk salad yang akan kamu konsumsi dapat membuat lonjakan kalori dari gula pada dressing.

Hal tersebut jika dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan kalori, lho! Ada baiknya untuk mengganti dressing saladmu dengan perasan buah lemon atau mustard agar lebih sehat. 

4. Jus Buah

Jus buah / foto : pexels.com/PolinaTankilevitch
Jus buah / foto : pexels.com/PolinaTankilevitch

Jus buah memang mengandung buah, namun tidak semua jus buah yang kamu konsumsi memiliki rasa manis alami dari buah tetapi justru dari tambahan gula. Atau bisa saja rasa manis berasal dari susu kental manis, sehingga jus buah yang kamu konsumsi menjadi tidak sehat lagi.

Ada baiknya untuk mengonsumsi potongan buah segar untuk mendapatkan vitamin dan mineral. Oh ya, minuman kemasan jus yang biasa dijual di supermarket juga memiliki kandungan gula yang tinggi, lho. Jadi sebaiknya jangan terlalu sering dikonsumsi, ya!

5. Selai

Selai / foto : pexels.com/KarolinaGrabowska
Selai / foto : pexels.com/KarolinaGrabowska

Selai juga termasuk makanan tinggi gula, meskipun terbuat dari bahan alami berupa buah. Hal ini dikarenakan selai yang diproduksi mengandung gula agar dapat menghasilkan rasa yang enak dan juga tahan lama.

Tidak ada salahnya jika sesekali mengonsumsi selai dengan roti, namun kamu juga bisa lho membuat selai sendiri dengan buah dan tentunya tidak perlu gula yang banyak ataupun pengawet. Rasa selai yang dibuat secara home-made juga akan lebih sehat, Beauties. 

Itulah beberapa makanan sehat yang justru mengandung banyak gula seperti yang dilansir dari Real Simple. Makanan sehat di atas tetap boleh dikonsumsi, asal tidak berlebihan ya, Beauties!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id