STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Nggak Cuma Orang Dewasa, 3 Gangguan Mood Ini Juga Rentan Dialami Remaja

Aqida Widya Kusmutiarani | Beautynesia
Senin, 30 Aug 2021 23:30 WIB
Nggak Cuma Orang Dewasa, 3 Gangguan Mood Ini Juga Rentan Dialami Remaja

Depresi mungkin salah satu gangguan kesehatan mental yang paling sering kamu dengar. Gangguan mental yang masuk dalam kategori gangguan mood ini nggak hanya dialami oleh orang dewasa saja, tapi rentan dialami oleh remaja bahkan anak-anak juga bisa mengalaminya, lho! 

Kondisi emosi yang masih labil ditambah dengan lingkungan yang penuh dengan tekanan dianggap menjadi salah satu penyebabnya. Namun, depresi bukanlah satu-satunya gangguan mood yang rentan dialami remaja. Beberapa gangguan mood berikut ini juga sering dialami remaja. 

1. Bipolar Disorder

Bipolar disorder termasuk gangguan yang rentan dialami remaja
Gangguan kepribadian/Foto: pexels.com/Alex Green

Kamu tentu sudah nggak asing lagi dengan gangguan mental yang satu ini karena sudah cukup sering dibahas. Bahkan beberapa artis pun secara terbuka mengakui menderita gangguan kesehatan mental satu ini. 

Gangguan yang ditandai dengan perubahan mood ekstrim yang tadinya merasa depresi, rendah diri, sedih, putus asa, cemas, lalu beberapa waktu kemudian merasa sangat senang, bahagia, rasanya energi nggak ada habis-habisnya. Kondisi ini sering disebut episode manik.

Remaja yang menderita gangguan bipolar harus segera ditangani oleh psikolog maupun psikiater. Jika dibiarkan terus-menerus, gangguan ini tentu akan sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari mereka, seperti sulit menjalin hubungan dengan orang lain, penyalahgunaan obat-obatan, hingga melakukan percobaan bunuh diri.

2. Borderline Personality Disorder

Gangguan mental yang rentan dialami remaja salah satunya adalah borderline personality disorder
Gangguan mental/Foto: pexels.com/Liza Summer

Borderline Personality Disorder atau gangguan kepribadian ambang ini juga rentan dialami remaja. 

Gangguan kepribadian ambang ini ditandai dengan perasaan takut ditolak, cemas, marah, depresi, impulsif, hingga punya kecenderungan menyakiti diri sendiri maupun orang lain. Gangguan ini juga menyebabkan penderitanya sulit untuk menjalin hubungan dengan orang lain dan cenderung memandang rendah diri sendiri. 

Nah, Beauties apabila kamu atau orang di sekitarmu ada yang menunjukkan tanda-tanda mengidap gangguan mental ini, segera konsultasikan dengan profesional, ya. Bisa psikolog atau psikiater. Gangguan kepribadian ambang yang nggak ditangani dengan baik bisa memicu terjadinya aksi percobaan bunuh diri pada si penderitanya.

3. Distimia

Distimia juga menjadi salah satu gangguan mental yang rentan dialami remaja
Kesehatan mental/Foto: pexels.com/Liza Summer

Distimia atau dikenal dengan istilah Persistent Depressive Disorder (PDD) adalah salah satu gangguan depresi kronis dan bersifat jangka panjang. Penderitanya sering merasa putus asa, kehilangan semangat untuk melakukan hobi atau aktivitas sehari-hari, sulit merasa senang bahkan dalam kondisi yang bahagia sekalipun. Karena itulah, penderita gangguan kesehatan mental yang satu ini sering digambarkan sebagai seseorang dengan kepribadian yang suram, sering mengeluh, dan susah untuk bersenang-senang. Baginya nggak ada yang bisa membuat dirinya senang dan bahagia. 

Gangguan mental distimia ini bisa dialami oleh anak-anak dan remaja. Biasanya ditandai dengan gejala mudah tersinggung, murung, dan punya sikap pesimis yang berlangsung cukup lama. Akibatnya mereka sulit untuk belajar di sekolah maupun berinteraksi dengan teman-teman di sekolah. Kondisi ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun dengan gejala yang bisa hilang dan muncul lagi. 

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE