sign up SIGN UP

Para Ahli Menklaim dengan Mengunyah Permen Karet Bisa Memutus Penularan Covid-19, Wah... Beneran?

Tim Redaksi detikHealth | Beautynesia
Jumat, 10 Dec 2021 12:30 WIB
Para Ahli Menklaim dengan Mengunyah Permen Karet Bisa Memutus Penularan Covid-19, Wah... Beneran?
caption
Jakarta -

Telah hampir dua tahun lamanya, seluruh negara berjuang dan bekerja sama untuk terus memutus rantai penyebaran Covid-19. Para ahli pun tak henti-hentinya melakukan berbagai inovasi untuk pulih dan menghentikan penyebaran. 

Dari mulai adanya berbagai jenis vaksin, adanya obat penangkal virus, dan upaya lainnya yang dilakukan.

Namun, baru-baru ini sebuah studi mengungkapkan kabar yang begitu mengejutkan. Bahwa, permen karet secara efektif bisa menjadi inovasi baru untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Pandemi Covid-19Pandemi Covid-19/ Foto: Pexels.com/Ryutaro Tsukata

Penemuan ini dilakukan oleh para peneliti di University of Pennyslvania yang berkolaborasi dengan The Wistar Institue, dan Fraunhofer USA. Mereka mengatakan jika permen karet yang dicampur dengan protein nabati dapat menetralkan virus dalam air liur dengan menjebak SARS-CoV-2, yakni virus yang menyebabkan Covid-19. 

"SARS-CoV-2 bereplikasi pada kelenjar ludah, dan kita tahu bahwa ketika seseorang yang terinfeksi bersin, batuk, dapat menularkan dan menjangkau orang lain. Permen karet ini dapat menetralisir virus dalam air liur, sehingga memberi kita cara sederhana untuk mengurangi sumber penularan Covid-19," ungkap pemimpin studi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Pennsylvania.

Permen KaretPermen Karet/ Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Sebelumnya, Daniell telah mempelajari dan menguji protein angiotensin-converting enzyme 2 (ACE2) untuk mengobati hipertensi sampai mengurangi plak gigi. Tak usai di situ, ia pun mencoba menguji permen karet dengan protein ACE2 yang berasal dari tumbuhan ini untuk mengurangi SARS-CoV-2 di mulut. 

Bekerja sama dengan Ronald Collman, seorang ahli virologi di Penn Medicine, hasilnya pun cukup mengejutkan!

Setelah melakukan pengujian pada pasien positif Covid-19, ternyata permen karet ini bisa menetralkan virus corona. Cara ini dapat membantu mencegah sampai menghentikan penyebaran Covid-19 ketika seseorang sedang berbicara, bernapas, atau batuk sekalipun. Karena virus akan menempel langsung pada ACE2 yang ada dalam permen karet. 

Nantinya, permen karet hasil uji para ahli ini bisa disimpan bertahun-tahun dalam suhu normal, tanpa perlu takut manfaatnya akan rusak jika dikunyah. Maka dari itu, untuk mengetahui informasi selengkapnya, baca di sini. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id