sign up SIGN UP

Peneliti Temukan Efek Peradangan Jantung Setelah Vaksin Pfizer, Lebih Bahaya dari Positif Covid?

Rini Apriliani | Jumat, 27 Aug 2021 13:45 WIB
Peneliti Temukan Efek Peradangan Jantung Setelah Vaksin Pfizer, Lebih Bahaya dari Positif Covid?
caption
Jakarta -

Studi terbaru, New England Journal of Medicine membawa kabar yang begitu mengejutkan. Para peneliti tersebut mengungkapkan jika adanya penemuan risiko peradangan jantung pada remaja dan dewasa muda setelah melakukan vaksin Covid-19 buatan Pfizer/BioNTech.

Risiko tersebut diungkapkan lebih tinggi di antara mereka yang terinfeksi virus corona.

vaksin Pfizervaksin Pfizer/ Foto:  Pexels.com/cottonbro

Berdasarkan data dari Clalit Health Services, sebuah HMO besar Israel mengungkapkan, bahwa di antara setiap 100.000 pasien yang mendapatkan vaksin, satu hingga lima kemungkinan akan menderita miokarditis, yaitu peradangan pada lapisan tengah dinding jantung.

Data tersebut muncul beberapa hari setelah Pfizer/BioNTech menjadi vaksin pertama yang secara penuh di sejutui Amerika Serikat (AS) untuk mereka yang berusia 16 tahun ke atas.

Para peneliti membandingkan tingkat efek samping pada 884.828 individu yang divaksinasi dan jumlah yang sama dari mereka yang tidak divaksinasi.

Secara keseluruhan, 21 orang melaporkan jika miokarditis pada kelompok laki-laki muda yang divaksin, dibandingkan dengan enam orang yang tidak divaksin. Sebagian besar efek samping pada orang yang divaksinasi ringan, tetapi beberapa berpotensi serius seperti munculnya miokarditis.

Para peneliti juga menganalisis tingkat efek samping pada lebih dari 240.000 pasien yang terinfeksi. Untuk mengetahui lebih dalam terkait hasil penelitian, klik di sini

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id