STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Penuh Nutrisi, Segarnya Buah Buah Pir Memberi Kamu 5 Manfaat Berikut Ini

Henny Alifah | Beautynesia
Selasa, 05 May 2020 21:00 WIB
Penuh Nutrisi, Segarnya Buah Buah Pir Memberi Kamu 5 Manfaat Berikut Ini
Di hari yang panas, buah pir dapat menyegarkan tenggorokan yang kering. Jadi tak ada salahnya selalu siap sedia buah pir di rumah atau di dalam tas dan kotak makan saat ke manapun kamu pergi. Apalagi buah pir juga punya banyak manfaat kesehatan, lho.

1. Mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker, tekanan darah tinggi, dan stroke


Foto: Istimewa
image source: Unsplash/moritz_photography

Manfaat buah pir dapat dirasakan bagi kesehatan karena adanya kandungan glutathione. Glutathione merupakan antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker, tekanan darah tinggi, dan stroke. Menurut penelitian National Cancer Institute, mengonsumsi buah pir segar setiap hari menunjukkan efek positif pada kemampuan tubuh untuk mencegah pertumbuhan kanker, mengurangi peradangan, dan menjaga tubuh dalam kadar pH yang seimbang. Tak hanya itu, buah pir juga bagus untuk mengurangi kadar lemak lipid dalam darah.
 


2. Mengandung serat pektin yang bagus untuk pencernaan dan dapat menurunkan tingkat kolesterol


Foto: Istimewa
image source: Unsplash/szolkin

Tak hanya serat biasa, buah pir mengandung serat pektin yang larut dalam air. Serat pektin memiliki fungsi penting untuk membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Pektin di dalam buah pir juga dianggap sebagai zat diuretik alami yang memiliki efek pencahar tingkat ringan. Untuk mengatasi sembelit, cobalah makan satu atau dua buah pir sehari. Buah pir berguna untuk membantu melancarkan pergerakan usus dan mengurangi rasa kembung.
 


5. Mengandung anthocyanin yang dapat menurunkan risiko diabetes


Foto: Istimewa
image source: olivemagazine.com

Buah pir mengandung flavonoid yang diyakini dapat mencegah dan mengobati diabetes. Terutama pir merah, buah ini juga mengandung anthocyanin yang terbukti bisa menurunkan risiko type 2 diabetes sebanyak 23%. Selain itu, kandungan serat dalam pir dapat melambatkan pencernaan dan memberi tubuh kesempatan untuk menyerap karbohidrat dengan lebih baik. Hal ini akan meregulasi kadar gula darah dan membantu mengontrol diabetes.

Itu tadi lima manfaat buah pir bagi kesehatan. Kalau bertemu dengan buah lonceng ini di pasar atau supermarket, kamu tak perlu ragu lagi memasukkannya ke dalam keranjang belanja untuk menambah asupan nutrisi sehari-hari.
 


(ebn/ebn)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE