sign up SIGN UP

Perbedaan Karantina dan Isolasi Covid-19, Sudah Tahu? Jangan Keliru Lagi!

Fina Prichilia | Minggu, 31 Oct 2021 15:00 WIB
Perbedaan Karantina dan Isolasi Covid-19, Sudah Tahu? Jangan Keliru Lagi!
caption
Jakarta -

Karantina dan isolasi menjadi hal yang sering terlontar selama masa pandemi ini. Tetapi keduanya punya arti yang berbeda, lho.

Karantina itu sendiri, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) adalah praktik yang dilakukan saat seseorang telah melakukan kontak dekat dengan orang lain yang terinfeksi covid-19, kecuali orang tersebut sudah divaksin lengkap.

"Orang yang divaksinasi lengkap tidak perlu dikarantina setelah kontak dengan seseorang yang memiliki COVID-19 kecuali mereka memiliki gejala. Namun, orang yang divaksinasi lengkap harus dites 5-7 hari setelah terpapar, bahkan jika mereka tidak memiliki gejala dan memakai masker di dalam ruangan di depan umum selama 14 hari setelah terpapar atau sampai hasil tes mereka negatif," demikian tulis CDC dilansir dari covid19.go.id, Rabu (27/10).

Yang Perlu Dilakukan Saat Karantina

Syarat Masuk Indonesia bagi WNI Terbaru, Wajib Karantina Ya!Syarat Masuk Indonesia bagi WNI Terbaru, Wajib Karantina Ya!/ Foto: detikcom/Ari Saputra

Saat karantina ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Di antaranya: tetap di rumah selama 14 hari setelah kontak terakhir dengan seseorang yang memiliki covid-19.

Kamu juga perlu waspadai demam (100,4 derajat F), batuk, sesak nafas, atau gejala covid-19 lainnya. Lalu jika memungkinkan, jauhi orang-orang yang tinggal bersama, terutama orang-orang yang berisiko lebih tinggi untuk sakit parah akibat covid-19.

Isolasi

Tetap Aman dan Nggak Bosan! Inilah yang Perlu Disiapkan saat Isolasi Mandiri di RumahIlustrasi ruangan isolasi mandiri/ Foto: Freepik/pressfoto

Bagaimana dengan isolasi? Ini digunakan untuk memisahkan orang yang terinfeksi covid-19 dari mereka yang tidak terinfeksi.

"Orang-orang yang berada dalam isolasi harus tinggal di rumah sampai aman bagi mereka untuk berada di sekitar orang lain. Di rumah, siapa pun yang sakit atau terinfeksi harus berpisah dari orang lain, tinggal di "kamar sakit" atau area tertentu, dan menggunakan kamar mandi terpisah (jika tersedia)," tulis CDC.

Ketika isolasi, juga ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Antara lain memantau gejala, tinggal di kamar yang terpisah dari anggota rumah tangga lainnya bila itu memungkinkan, lalu menggunakan kamar mandi terpisah juga jika memungkinkan.

Hindari pula kontak dengan anggota rumah tangga serta hewan peliharaan, tidak berbagi barang rumah tangga pribadi seperti peralatan makan hingga handuk, mengenakan masker saat berada di sekitar orang lain, dan mempelajari lebih lanjut apa yang harus dilakukan jika tiba-tiba merasa sakit.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id