sign up SIGN UP

Pro dan Kontra soal Meal Replacement alias Makanan Pengganti, Beauties Pilih Mana?

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Kamis, 22 Sep 2022 06:15 WIB
Pro dan Kontra soal Meal Replacement alias Makanan Pengganti, Beauties Pilih Mana?
Suplemen pengganti makanan memiliki banyak kelebihan dan kekurangan/Foto: freepik.com

Iklan seputar produk meal replacement atau makanan pengganti memang sangat menggoda. Bagaimana tidak, iming-iming praktis, mudah, dan sehat terlihat sangat menggoda apalagi untuk kamu yang memiliki segudang aktivitas dan senang dengan hal-hal praktis.

Bentuknya pun berbagai macam, ada yang berbentuk bubuk, maupun yang siap konsumsi dengan berbagai macam kandungan. Namun sebenarnya, ada pro dan kontra terkait dengan konsumsi makanan pengganti ini, Beauties.

Melansir dari Expert Shake Review, berikut ini pro dan kontra terkait dengan konsumsi meal replacement alias makanan pengganti. Yuk, simak!

Alasan Mengapa Meal Replacement Baik Bagi Tubuh

Suplemen pengganti makanan mengandung banyak manfaat bagi tubuh
Menyiapkan Makanan/foto: pexels.com/doterra-international

Bagi kamu yang pro terhadap konsumsi pengganti makanan, beberapa manfaat ini bisa menjadi alasan mengapa suplemen pengganti makanan baik bagi tubuhmu.

1. Sumber Protein yang Baik

Banyak suplemen pengganti makanan yang mengandung protein yang baik yang dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan masa otot. Protein juga dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat

Suplemen pengganti makanan sering kali mengklaim dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa produknya dapat menimbulkan efek kenyang dan mengandung sedikit kalori. Menurut hasil analisis, orang-orang yang menggunakan metode meal replacement atau mengkonsumsi makanan pengganti mencapai penurunan berat badan yang lebih cepat ketimbang mereka yang diet rendah kalori.

3. Memberikan Lebih Banyak Nutrisi

Nutrisi yang terkandung pada suplemen makanan bisanya mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti serat, protein, mineral dan vitamin dalam satu kali konsumsi. Ketimbang kamu harus konsumsi banyak makanan secara bergantian, kamu dapat merasakan berbagai manfaat secara bersamaan dalam satu kali teguk.

Kontra terhadap Meal Placement karena Alasan Ini

Banyak kandungan yang tidak baik untuk tubuh dalam suplemen pengganti makanan
Suplemen Makanan/foto: freepik

Selain mereka yang pro, beberapa di antara mereka yang tidak setuju dengan makanan pengganti disebabkan oleh hal ini.

1. Bukan Solusi Jangka Panjang

Meskipun mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, suplemen pengganti makanan sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin dan jangka panjang. Alasannya, karena suplemen pengganti makanan tidak dapat menggantikan kandungan yang terdapat pada makanan.

2. Mengandung Bahan yang Tidak Sehat

Banyak suplemen pengganti makanan yang mengandung berbagai nutrisi untuk tubuh, namun tidak jarang, bahan lainnya seperti pengawet kimia, perasa buatan, dan gula tambahan yang berlebih sangat membahayakan bagi tubuh. Sayangnya, banyak suplemen pengganti makanan yang mengandung lebih banyak gula ketimbang protein.

3. Tidak Mengubah Kebiasaan Makan

Penurunan berat badan dan proses metabolisme tubuh sangat dipengaruhi oleh pola makan yang terjaga. Meskipun dapat membantu menurunkan berat badan, memperbaiki metabolisme, dan mencukupi nutrisi harian, faktanya, kebiasaan dan pola makan belum sepenuhnya teratur. Jika kamu berhenti mengonsumsi, kamu akan kembali ke kebiasaan makanmu dan berakibat peningkatan berat badan kembali.

makanan sehat adalah makanan asli tanpa ada kandungan tambahan
Buah-buahan/foto: pexels.com/susanne-jutzeler

Beauties, jika kamu mendukung bahwa suplemen pengganti makanan memiliki manfaat yang baik bagi tubuhmu, maka konsumsi lah dalam batas yang wajar. Namun, jika kamu menganggap tidak ada manfaat baik yang bisa dirasakan dari konsumsi pengganti makanan, maka kamu boleh untuk tidak mengonsumsinya.

Hal penting sebelum kamu mencoba mengonsumsi suplemen pengganti makanan, konsultasikan terlebih dahulu kepada ahli gizi, pahami baik-baik kandungan yang ada pada suplemen tersebut. Yang terpenting, tetap terapkan pola hidup sehat ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id