sign up SIGN UP

Punya Resolusi Tidur Cepat? Begini 4 Cara Mewujudkannya, No More Begadang!

Cica Rahmania | Beautynesia
Rabu, 29 Dec 2021 13:45 WIB
Punya Resolusi Tidur Cepat? Begini 4 Cara Mewujudkannya, No More Begadang!
caption
Jakarta -

Setiap manusia yang hidup pasti butuh tidur sebagai bentuk rehat. Sayangnya, meski sebuah kebutuhan, beberapa orang kesulitan untuk mendapatkan kantuk dengan mudah. Ada kala di mana seseorang berjuang hanya demi memejamkan mata. 

Tak heran jika banyak orang menjadikan waktu tidur lebih awal sebagai sebuah rencana atau resolusi dengan upaya yang serius. Apakah kamu salah satunya? Berikut ini ada sejumlah tips kecil untuk kamu bisa tidur lebih cepat dari biasanya. Dihimpun dari Very Well Mind, check this out!

Gunakan Tempat Tidur Hanya untuk Tidur

Kasur yang empuk, selimut yang fluffy, pendingin ruangan yang sejuk adalah godaan besar untuk melakukan apa pun di atas ranjang. Namun, tanpa kamu sadari, hal tersebut nggak baik untuk membentuk waktu tidur. Sebab, hal tersebut bisa memberi isyarat kepada tubuh bahwa kamu perlu melakukan hal lain selain tidur ke tempat tidur.

Bangun Lebih Awal dan Merapihkan Tempat TidurIlustrasi susah tidur. (Foto : pexels.com/Miriam Alonso)/ Foto: Ratih Dewi

Sebaiknya, latih kembali tubuh kamu untuk memahami bahawa tempat tidur hanya untuk tidur dan menghindari aktivitas apa pun. Dengan begitu, kamu bisa menimbulkan rasa ingin tidur ketika sampai di kasur.

National Institute on Aging menyarankan agar kamu menyediakan waktu 20 menit untuk tertidur. Jika gagal, bangunlah dari tempat tidur dan tunggu sampai kantuk datang dan kemudian coba lagi.

Perhatikan Cahaya

Cahaya bisa jadi alasan kenapa kamu susah tidur di malam hari. Cobalah turunkan paparan cahaya di kamarmu saat tidur. Dikutip dari Everyday Health, tertidur dengan TV menyala bisa mengurangi ketakutan, tetapi penelitian menunjukkan bahwa, seiring waktu, terlalu banyak cahaya di malam hari dapat mengganggu tidur yang sehat.

Hal ini juga berkaitan dengan meningkatnya risiko gangguan tidur dan masalah kesehatan lainnya. Lebih lanjut, gangguan tidur dan pencahayaan malam hari membuka peluang obesitas, lebih tertekan, dan kanker.

Hindari Pemicu Susah Tidur

Olahraga berlebisan menyebabkan menstruasi datang terlambatIlustrasi olahraga. (Foto: Pexels/ Andrea Piacquadio)

Susah tidur tidak hanya datang dari ruangan tidur itu sendiri. Melainkan juga diciptakan dari luar kamar, bahkan mungkin sejak beberapa waktu sebelumnya. Konsumsi alkohol, kafein, nikotin, olahraga berat, makanan asam, makanan pedas, dan stres adalah beberapa hal yang bisa mengganggu rencana tidurmu. 

Buat Ritual Malam

Tubuh biasanya akan lebih mudah mengingat ritual. Cobalah untuk membuat kebiasaan atau ritual-yang berkaitan dengan tidur, seperti menentukan jam tidur dan bangun yang teratur. Dengan kata lain, kamu harus tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi.

Rutinitas ini mungkin bisa dimulai dengan menemukan cara untuk bersantai setiap malam, entah baca buku, mandi air hangat, atau aktivitas lain. Kuncinya adalah mengikuti rutinitas yang sama setiap malam sebelum tidur. Pastikan tempat tidurmu nyaman agar tidak ada gangguan.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id