sign up SIGN UP

BEAUTYNESIA QUEEN OF THE MONTH

Queen of the Month: Perubahan Gaya Hidup yang Dijalani Andien Pasca Sembuh dari Tumor Payudara dan Pentingnya Lakukan Deteksi Dini

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Rabu, 20 Oct 2021 16:30 WIB
Queen of the Month: Perubahan Gaya Hidup yang Dijalani Andien Pasca Sembuh dari Tumor Payudara dan Pentingnya Lakukan Deteksi Dini
caption
Jakarta -

Pasca divonis memiliki tumor payudara pada usia 16 tahun dan akhirnya berhasil sembuh, penyanyi Andien Aisyah perlahan mulai mengubah pola gaya hidup terutama dalam hal asupan makanan. Apalagi kala ia memeriksakan gejala awal ke dokter, sang dokter berujar bahwa tumor payudara yang dideritanya kemungkinan karena terlalu sering mengkonsumsi makanan siap saji.

"Dari segi asupan, ya aku rasa sedikit banyak sama yang lain. Aku berusaha sekali untuk makan yang whole food, mengurangi makanan yang proses. Tapi ya aku juga nggak bisa bilang berubah. Karena makanan proses itu merupakan rekreasional kalau buat aku. Dan berusaha menjadikan ini sebagai lifestyle."

Ibu dari dua anak ini juga tidak bisa memungkiri bahwa ia sempat naik-turun dalam menjalankan pola gaya hidup sehat yang ia jalankan sekarang ini. Setelah menikah dan memiliki buah hati, Andien bersama suami juga semakin termotivasi dalam menerapkan gaya hidup sehat.

Selain makanan menjaga kesehatan mental seperti stress management juga menjadi hal yang cukup diperhatikannya. "Aku rasa hidup di dunia, masalah pasti ada. Dan kita terpapar berbagai macam informasi, apalagi lagi pandemi kayak gini. Jadi kita harus punya memiliki cara untuk memiliki stress management yang baik,"

Pentingnya Deteksi Dini dan Support System

Beautynesia Queen of the Month October 2021: AndienBeautynesia Queen of the Month October 2021: Andien/ Foto: Juluan Siagian/Jaket, sweater dan rok, Kate Spade New York


Secara tidak langsung mental memiliki keterkaitan dalam bagaimana individu menyikapi kanker dan tumor payudara. Dari hal yang paling awal semisal keberanian untuk melakukan deteksi dini. Meski sudah sering disosialisasikan namun sebagian besar perempuan masih ragu dan takut untuk melakukannya.

Menurut Andien ada dua hal yang memengaruhi hal ini. Pertama, membicarakan mengenai kesehatan payudara masih dianggap tabu tak hanya di masyarakat luas, mungkin perempuan juga masih merasa malu untuk membahasnya.

"Padahal kan ini sama seperti organ lain seperti mulut atau hidung atau yang lain. Dan akhirnya karena ini semacam tabu untuk dibicarakan, kita menjadi semacam menutup mata. Bahwa kanker payudara ini merupakan pembunuh perempuan kedua tertinggi di Indonesia," tegasnya.

Faktor kedua adalah ketakutan seseorang bila melakukan tes dan mendapati dirinya sakit. Padahal dalam sakit apapun, semakin cepat ditangani tentu akan semakin mempercepat atau memperbesar peluang kesembuhan. Untuk itulah, ia sangat menganjurkan untuk melakukan deteksi dini.

"Dan tidak hanya untuk perempuan tapi untuk laki-laki juga. Waktu itu pas aku research itu banyak banget laki-laki yang ketahuan sudah stadium lanjut karena merasa laki-laki mungkin tidak bisa kena."

Beautynesia Queen of the Month October 2021: AndienBeautynesia Queen of the Month October 2021: Andien/ Foto: Juluan Siagian

Dukungan moral dari keluarga dan teman kepada mereka yang sedang berjuang melawan kanker atau tumor payudara adalah sesuatu yang tentu wajib diberikan. Andien menyarankan bahwa selain saling menguatkan jangan ragu untuk menemani mereka saat kontrol ke dokter agar bisa membangun mindset yang positif bagi yang bersangkutan.

"Dan kalau harus ditemenin ke dokter, ayo ditemenin daripada akan ketakutan pikirannya sendiri. Kemudian menurutku, penting juga ya dukungan secara fisik kayak memantau cara makan, tidur di jam berapa, dan stress management. Intinya yang dibutuhkan oleh mereka yang sedang terkena kanker payudara adalah sebuah lingkungan yang kondusif. "

Simak wawancara selengkapnya bersama Andien mengenai perjuangannya hingga sembuh dan pesan bagi mereka yang sedang berjuang melawan kanker dan tumor payudara pada video di bawah ini.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id