STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Segar dan Kaya Nutrisi, Ini 6 Manfaat Jeruk Bali

Henny Alifah | Beautynesia
Jumat, 24 Apr 2020 21:00 WIB
Segar dan Kaya Nutrisi, Ini 6 Manfaat Jeruk Bali
Jeruk bali merupakan buah asli Asia Tenggara yang dianggap sebagai nenek moyangnya jeruk. Buah ini kaya akan vitamin C, mineral, dan antioksidan. Tak heran, manfaatnya bagi kesehatan pun ada banyak. Ada apa saja?

1. Kaya vitamin C, manfaat jeruk bali dapat meningkatkan sistem kekebalan


Foto: Istimewa
image source: herbbreak.com

Dengan menambahkannya ke dalam asupan harian, manfaat buah jeruk bali yang bisa kamu rasakan yaitu sistem kekebalan tubuh jadi meningkat. Buah yang dikenal juga dengan nama pomelo atau pummelo ini kaya akan vitamin C. Setidaknya terdapat kandungan Vitamin C sebanyak 371 mg dalam satu buah jeruk bali.

Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat sehingga meningkatkan kekebalan tubuh untuk mencegah kerusakan sel dari senyawa berbahaya yang disebut radikal bebas. Vitamin C ini juga dapat mengobati dan mencegah infeksi sistemik dan banyak masalah pernapasan.
 


2. Penuh serat, manfaat jeruk bali dapat melancarkan sistem pencernaan hingga turunkan berat badan


Foto: Istimewa
image source: sharonpalmer.com

Dalam satu buah jeruk bali yang kulitnya tebal ini menawarkan 6 gram fiber atau serat makanan. Konsumsi jeruk bali bisa jadi cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan serat per hari yang biasanya butuh 25 gram. Serat makanan membantu menjaga pergerakan usus yang normal, mencegah sembelit, dan menghindari wasir. Dengan menambahkan lebih banyak serat makanan ke dalam makanan harian, sistem pencernaan pun bisa jadi lebih lancar.

Tak hanya itu, kandungan serat makanan yang tinggi dalam jeruk bali juga bisa mengurangi rasa lapar karena bertahan lebih lama di dalam perut. Dibanding jeruk jenis lain, buah jeruk bali membutuhkan lebih banyak waktu untuk dikunyah, sehingga memberi tubuh waktu yang lama untuk merasa puas dan mengurangi risiko makan terlalu banyak. Dengan kata lain, buah jeruk bali bagus untuk asupan program diet mengurangi berat badan tubuh.
 


5. Kadar airnya banyak, buah jeruk dapat mencegah kram


Foto: Istimewa
image source: hazipatika.com

Kekurangan cairan, dehidrasi, dan kurangnya elektrolit (seperti natrium, kalium, dan magnesium) merupakan penyebab utama kram otot. Jeruk bali adalah sumber kalium yang kaya. Karena itu, ada kemungkinan bahwa minum jus jeruk bali dapat memasok tubuhmu dengan cairan dan elektrolit yang diperlukan untuk mencegah kram otot.
 


6. Jeruk bali juga bisa jadi dapat melawan penuaan dini


Foto: Istimewa
image source: colorfulplates.co

Jeruk bali diklaim mengandung spermidine. Spermidine melindungi sel dari proses yang berkaitan dengan penuaan dan kerusakan sel. Dengan demikian, ini dapat membantu memerangi keriput dan penuaan kulit sehingga kulit terlihat muda, cerah, dan lembut. Namun, belum banyak bukti ilmiah yang mendukung efek spermidine dalam jeruk bali terhadap penuaan kulit.

Nah, itu dia manfaat jeruk bali bagi kesehatan. Masukkan buah manis ini ke dalam asupan makanan dan kamu pun bisa hidup lebih sehat dan berkualitas.
 


(ebn/ebn)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE