sign up SIGN UP

Selain Kimchi, Ini 5 Makanan Kaya Probiotik yang Cocok Dikonsumsi Vegan

Fina Prichilia | Beautynesia
Jumat, 07 Jan 2022 17:00 WIB
Selain Kimchi, Ini 5 Makanan Kaya Probiotik yang Cocok Dikonsumsi Vegan
caption
Jakarta -

Probiotik bagi mereka yang vegan, begitu penting untuk menjaga kesehatan serta melancarkan proses pencernaan.

Selain itu, dilansir dari Medical News Today, probiotik juga berperan dalam mencegah terkena risiko kanker radang usus juga penyakit metabolik, menjaga kesehatan vagina, serta mengurangi efek samping penggunaan antibiotik.

Salah satu sumber probiotik adalah yogurt. Tetapi itu tidak dipilih para vegan, sebab berbahan dasar susu. Lantas apa saja sumber probiotik yang bisa dipilih? Cek selengkapnya berikut ini:

Kimchi

Makanan tradisional Korea - KimchiMakanan tradisional Korea - Kimchi/pixabay.com/allybally4b

Kimchi menjadi makanan populer di Korea, yang merupakan sayuran yang difermentasi. Jenis sayurnya banyak, Beauties. Bisa kubis, lobak, mentimun, wortel, terong, juga sawi putih.

Kimchi diketahui mengandung probiotik, vitamin, juga antioksidan. Selain jadi sumber probiotik, kimchi juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung, bersifat antiaging, jnuga berperan dalam menurunkan berat badan.

Acar Sayuran

Acar sayuran yang dikenal sebagai pelengkap beberapa makanan, seperti nasi goreng dan martabak, ternyata juga kaya probiotik. Acar sayuran juga merupakan sumber antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan radikal bebas.

Teh Kombucha

Kombucha Minuman Fermentasi Tradisional dari China/Foto: Freepik.com/freepikKombucha Minuman Fermentasi Tradisional dari China/Foto: Freepik.com/freepik

Teh kombucha adalah teh hasil dari fermentasi, sehingga karenanya jadi mengandung beberapa zat. Selain kaya probiotik, teh kombucha juga dikenal bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem imun tubuh, juga bersifat antibakteri.

Sauerkraut

Merupakan makanan asal Jerman berupa hidangan kubis fermentasi serta kaya probiotik dan vitamin. Makanan ini dibuat lewat proses lacto-fermentasi, yakni difermentasi dalam air garam dan tanpa oksigen, Beauties.

Tempe

Tempe merupakan makanan yang difermentasi dengan bahan utamanya kedelai. Dari hasil fermentasi itu, tempe jadi punya kadar probiotik dan protein yang tinggi.

Selain jadi lauk sehari-hari, kamu juga bisa menyajikannya menjadi burger, topping salad, juga jadi sandwich.

[Gambas:Youtube]

-------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id