sign up SIGN UP

Selain Meningkatkan Imunitas Tubuh, 7 Minuman Ini Juga Bisa Redakan Stres dengan Mudah dan Aman

Ratih Dewi | Beautynesia
Selasa, 04 Jan 2022 06:00 WIB
Selain Meningkatkan Imunitas Tubuh, 7 Minuman Ini Juga Bisa Redakan Stres dengan Mudah dan Aman
caption

Setelah melewati liburan akhir tahun yang menyenangkan, kita akan dihadapi dengan daftar pekerjaan yang harus kita selesaikan dan sering kali membuat kita stres atau lelah setelah bekerja. 

Stres atau rasa lelah yang kita alami sebaiknya tidak dianggap sepele karena bisa berpengaruh pada kesehatan fisik ataupun mental kita. Untuk mengatasi rasa stres tersebut bisa dilakukan dengan beberapa cara yang mudah dan aman, salah satunya dengan mengkonsumsi beberapa minuman di bawah ini. 

Mungkin beberapa dari kita berpikir jika alkohol sering dijadikan minuman untuk penghilang stres, namun jika dikonsumsi terlalu banyak malah bisa mengganggu kesehatan tubuh kita.

Berikut daftar minuman yang aman dikonsumsi untuk meredakan stres dan rasa lelah yang dilansir dari beberapa sumber, semoga membantu! 

1. Matcha 

Matcha
Matcha/Foto : pexels.com/Darina Belonogova

Jenis teh hijau ini memang menjadi minuman favorit banyak orang dan kaya akan kandungan yang bisa meredakan stres, seperti asam amino-non protein dan L-theanine. Demikian seperti yang dilansir dari laman VOI. 

Matcha juga dikenal sebagai sumber asam amino yang baik dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Oleh karena itu minuman ini cocok dikonsumsi setiap hari baik dalam kondisi dingin ataupun panas. 

2. Air Kelapa

Air Kelapa
Air Kelapa/Foto : pexels.com/Daria Shevtsova

Sejak dulu, air kelapa dipercaya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan bisa meredakan beberapa penyakit ringan dengan cepat dan aman. Melansir dari laman Medinda, air kelapa ternyata baik dikonsumsi untuk meredakan rasa stres atau lelah dan membuat tubuh kembali segar. 

Air kelapa mengandung elektrolit, kalium, magnesium, juga vitamin C yang dapat mengurangi rasa cemas, stres, meningkatkan energi tubuh, membuat tidur lebih nyenyak, dan meningkatkan sirkulasi darah. 

Selain itu, air kelapa juga mencegah tubuh dehidrasi dan kandungan kalium yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung.

3. Air Mineral 

Air Mineral
Air Mineral/Foto : pexels.com/Karolina Grabowska

Melansir dari laman 'Anxiety, Panic, Health,' ketika tubuh dehidrasi maka tubuh tidak berfungsi dengan semestinya. Dehidrasi akan mengganggu aliran darah di otak dan pergerakan hormon tubuh. 

Oleh karena itu, asupan air mineral di tubuh harus cukup agar tubuh tetap terhidrasi sehingga fungsi tubuh bekerja dengan optimal. Air mineral juga diketahui dapat melepaskan hormon endorfin, di mana hormon ini mempengaruhi suasana hati dan mengalihkan rasa cemas dan stres. 

4. Susu Hangat

Susu Hangat
Susu Hangat/Foto : pexels.com/Engin Akyurt

Setelah lelah beraktivitas, susu hangat bisa menjadi minuman yang cocok diminum sebelum tidur lho, Beauties. Susu mengandung protein lactium, yang membantu membuat tubuh rileks, menurunkan tekanan darah, dan potasium yang membantu mengendurkan otot. Demikian seperti yang dilansir dari laman The Daily Meal. 

Selain itu, mengkonsumsi susu hangat juga diketahui bisa membantu tidur lebih nyenyak dan berkualitas setelah lelah beraktivitas. 

5. Minuman Jahe

Minuman Jahe
Minuman Jahe/Foto : pexels.com/Towfiqu barbhuiya

Melansir dari laman Healthline, jahe merupakan jenis rempah yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya meningkatkan fungsi otak, memiliki antioksidan tinggi untuk meningkatkan imunitas tubuh, dan meredakan stres. 

Resep minuman dengan jahe bisa Beauties dapatkan atau buat sendiri dengan mudah, seperti teh jahe, air jahe dengan kayu manis, ataupun minuman lainnya. Terlebih jika dikonsumsi ketika hangat, cocok untuk membuat rileks tubuh. 

6. Teh Chamomile

Teh Chamomile
Teh Chamomile/Foto : pexels.com/Thái Ngọc

Melansir dari laman Artfultea, bunga chamomile banyak diolah menjadi teh karena ketika dikonsumsi memiliki sifat menenangkan tubuh yang sedang lelah dan membuat pikiran menjadi rileks. 

Teh chamomile bisa dikonsumsi dalam keadaan hangat, ditambahkan sedikit madu untuk pemanis alami, dan cocok dikonsumsi kapanpun terutama pada sore dan malam hari.

Selain itu, teh ini juga dapat mengatasi insomnia, meredakan kecemasan, dan membuat tidur lebih nyenyak di malam hari. 

7. Jus Sayur Hijau Segar

Jus Sayur Hijau Segar
Jus Sayur Hijau Segar/Foto : pexels.com/Toni Cuenca

Tidak hanya lezat dikonsumsi sebagai makanan, sayur hijau seperti bayam, seledri, kangkung, atau lainnya bisa diolah menjadi jus segar dengan kandungan kalsium dan magnesium yang membantu mengurangi tekanan darah dan kandungan vitamin C dapat mengendalikan respons tubuh untuk mengurangi stres. Demikian seperti yang dilansir dari laman MENSXP. 

Semoga rekomendasi minuman diatas bisa membantu Beauties dalam meredakan stres setelah beraktivitas seharian, ya! 

[Gambas:Youtube]

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id