sign up SIGN UP

Sembuh dari COVID-19, Rata-rata Orang Alami Efek Samping Ini

Izzul Millati Umami | Kamis, 26 Aug 2021 07:30 WIB
Sembuh dari COVID-19, Rata-rata Orang Alami Efek Samping Ini
caption

Beauties, Pandemi membuat banyak orang harus ekstra hati-hati menjaga kesehatan. Selalu terapkan protokol kesehatan dimanapun kamu berada, ya! Gunakan masker kemanapun kamu berada, jaga jarak, serta gunakan hand sanitizer sesering mungkin. Jangan remehkan badai pandemi ini. Pasalnya, mereka yang sudah sembuh dari COVID-19 pun masih sering alami efek samping berikut ini. 

Susah Berkonsentrasi 

susah konsentrasi
susah konsentrasi/Foto:pexels.com/george-milton

Beberapa pasien COVID-19 merasa susah berkonsentrasi meski sudah sembuh dari virus. Hal ini disebabkan penurunan fungsi otak selama virus menyerang, membuat pasien jadi hilang ingatan. Menurut dokter saraf, gejala ini merupakan efek dari long-covid-19, dimana beberapa pasien COVID-19 jadi pelupa. Namun, hal ini tidak perlu terlalu dipikirkan. Lewat aktivitas menaikkan imun tubuh secara perlahan, konsentrasi akan kembali seperti semula. 

Mendadak Mudah Lelah

mudah lelah
mudah lelah/Foto:pexels.com/iron-lach

Gangguan kelelahan setelah sembuh dari COVID-19 umum diderita oleh banyak orang. Baik mereka yang terpapar COVID-19 bergejala dan tanpa gejala, kelelahan akibat serangan virus covid mudah terjadi. Untuk mengatasinya, pasien disarankan untuk memperbanyak istirahat dan menghindari begadang. Selain itu, usahakan untuk tidak stress. 

Jantung Berdebar

jantung berdebar/
jantung berdebar/Foto:pexels.com/cottonbro

Banyak penelitian mengungkapkan kaitan serangan COVID-19 dengan gejala jantung berdebar meski sudah sembuh dari virus. Saat aktif, virus corona menyerang bagian dalam organ manusia, termasuk jantung. Walah akhirnya sembuh dan virus sudah mati, namun kondisi jantung masih butuh waktu berdebar secara normal. 

Susah Tidur

susah tidur
susah tidur/Foto:pexels.com/olly

Banyak penyintas COVID-19 yang mengalami gangguan tidur meski sudah sembuh. Kondisi hati yang tidak tenang selama terkena virus corona menjadikan tubuh bereaksi untuk terjaga sepanjang waktu. Namun jangan khawatir, kondisi ini masih bisa diperbaiki. Pastikan untuk mengurangi penyebab stress, hindari membaca berita hoax tentang virus corona. 

Anosmia

Kasus Anosmia, atau kehilangan indra penciuman, memang biasanya dirasakan saat seseorang mengalami virus corona. Namun, ternyata Anosmia masih bisa dirasakan oleh beberapa pasien yang sudah sembuh. Itulah kenapa, meski sudah sembuh, pasien COVID-19 tetap disarankan untuk isolasi mandiri selama beberapa hari, sampai indra penciumannya kembali secara bertahap. 

Nah, ini dia beberapa gejala long-covid 19 yang dialami penyintas. Demi mengurangi efek sampingnya, Beauties bisa ikut suntik vaksin covid-19. Meski tidak 100% melindungi, namun setidaknya Beauties sudah berusaha jaga diri, kan? Jadwal vaksin dan pendaftarannya bisa kamu akses di situs pedulilindungi.id

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id