sign up SIGN UP

Tak Melulu Lontong Sayur, Ini 6 Nasi Khas Jawa Tengah yang Cocok untuk Menu Lebaran

Risqi Nurtyas Sri Wikanti | Beautynesia
Rabu, 04 May 2022 16:00 WIB
Tak Melulu Lontong Sayur, Ini 6 Nasi Khas Jawa Tengah yang Cocok untuk Menu Lebaran
caption
Jakarta -

Lebaran atau Hari Raya Idulfitri menjadi hari yang dinanti-nanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Hari ini menjadi momen untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan orang-orang terkasih. Nah, selain itu, hidangan khas Lebaran juga menjadi salah satu yang diminati.  

Di hari pertama Lebaran, menu seperti lontong atau ketupat sayur, opor ayam, dan sambal goreng ati biasanya tersaji di meja makan. Ketika Beauties mengunjungi rumah kerabat, menu tersebut sering jadi makanan yang wajib masuk ke perut.

Nah, jika kamu ingin mencoba makanan lain saat Lebaran, kamu bisa mencoba menu nasi khas Jawa Tengah, Beauties! Ada beberapa menu nasi khas Jawa Tengah yang bisa jadi pengganti menu mainstream khas Lebaran. Apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Nasi Berkat Wonogiri

Nasi berkat khas Wonogiri/ Foto: DetikFood/Yenny Mustika Sari
Nasi berkat khas Wonogiri/ Foto: DetikFood/Yenny Mustika Sari

Wonogiri adalah sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah, sekitar satu jam dari Kota Solo. Daerah ini memiliki salah satu makanan khas yang terkenal selain mie ayam dan bakso. Menu tersebut adalah nasi berkat, yang biasa disajikan saat kenduri atau hajatan.

Nasi berkat adalah bentuk dari berbagi berkah dan rezeki dari yang punya hajat kepada yang diundang. Biasanya, nasi berkat disajikan di atas daun jati dan berisi berbagai macam lauk dan sayur. 

Lauk dan sayur yang menjadi pelengkap biasanya oseng-oseng cabe dan kentang, bihun goreng, terik daging dan kecambah. Perpaduan rasa pedas, gurih dan manis dari nasi berkat pastinya bisa membuat kerabat kamu ingin nambah!

Nasi Gandul Pati

Nasi gandul khas Pati/ Foto: instagram.com/makandisemarangNasi gandul khas Pati/ Foto: instagram.com/makandisemarang

Nasi gandul bisa menggantikan opor ayam sebagai hidangan utama Lebaran. Biasanya, banyak pedagang nasi gandul tersebar di Pati yang berjualan di pagi hari. Beda dengan nasi berkat, nasi gandul disajikan berkuah.

Beralaskan daun pisang di atas piring, nasi gandul merupakan hidangan yang cukup simpel. Hanya nasi putih lalu disiram kuah beserta daging empal yang memiliki cita rasa gurih dan manis. 

Sebagai tambahan, ada lauk pauk lainnya seperti semur telur, tempe goreng, sate-satean dan perkedel. Tinggal pilih mana yang paling cocok dengan lidah Beauties!

Nasi Megono Pekalongan

Nasi megono khas Pekalongan/ Foto: DetikFood/Robby Bernardi
Nasi megono khas Pekalongan/ Foto: DetikFood/Robby Bernardi

Menu nasi khas Jawa Tengah selanjutnya berasal dari kota Pekalongan. Daerah yang terkenal sebagai Kota Batik ini memiliki hidangan nasi megono sebagai menu sarapan.

Dikutip dari detikfood, nasi megono adalah nasi putih yang diberi topping cincangan nangka muda dan diaduk dengan bumbu pedas, kemudian dikukus. Menu ini sebenarnya sangat sederhana, namun penggemarnya sangat banyak.

Jika ingin tambah nikmat, nasi megono bisa dimakan dengan tambahan lauk dan sayur seperti sambal terong, cumi hitam, dan gorengan hangat. Sungguh kombinasi makanan yang Beauties wajib coba!

Nasi Liwet Solo

Nasi liwet khas Solo/ Foto: DetikFood/Ari Purnomo
Nasi liwet khas Solo/ Foto: DetikFood/Ari Purnomo

Kuliner yang terkenal dari kota Solo ini kebanyakan mulai dijual pada dini hari. Warung legendaris yang sudah menjual nasi liwet dari tahun 1950 adalah Nasi Liwet Bu Wongso Lemu. Tak hanya masyarakat biasa, para artis dan pejabat kerap makan di sini.

Nasi liwet adalah nasi yang dimasak dengan santan dan bumbu. Teksturnya lembek karena tidak dikukus terlebih dahulu. Kemudian, nasi diberi lauk dan sayur berupa sayur labu siam, bacem telur rebus, suwiran ayam opor dan siraman santan kental atau areh.

Apabila di hari pertama Lebaran masih ada sisa opor ayam, bisa dicoba untuk memasak menu pelengkap lainnya. Nasi liwet akan terasa lezat disantap bersama keluarga.

Nasi Penggel Kebumen

Nasi penggel khas Kebumen/ Foto: instagram.com/nurry_yahya
Nasi penggel khas Kebumen/ Foto: instagram.com/nurry_yahya

Apakah nama hidangan ini terdengar asing di telinga Beauties? Nasi penggel memang tak seterkenal menu nasi dari daerah Jawa Tengah lainnya. Namun, rasanya bisa diadu dan tak kalah enak!

Nasi penggel punya ciri khas nasi yang dibentuk bulat-bulat kecil sebesar bakso, sekilas seperti onigiri dari Jepang. Nasi tersebut disajikan dengan siraman sayur lodeh nangka muda, jeroan sapi dan tempe atau tahu goreng.

Kapan lagi bisa mencicipi onigiri yang dimakan dengan kuah dan lauk khas Indonesia, Beauties?

Nasi Grombyang Pemalang

Nasi grombyang khas Pemalang/ Foto: DetikFood/Robby Bernardi
Nasi grombyang khas Pemalang/ Foto: DetikFood/Robby Bernardi

Masih berasal dari daerah ngapak, kuliner kali ini berasal dari kota Pemalang. Nasi Grombyang bisa menjadi menu Lebaran lain daripada yang lain.

Memiliki penampilan seperti soto, nasi grombyang dihidangkan dalam mangkok dengan sedikit nasi dan disiram banyak kuah daging yang gurih. Sebagai bahan taburan, ada bawang goreng dan irisan daun bawang.

Dilansir dari detikFood, nama grombyang berasal dari bahasa Pemalang ketika daging sapi di dalam mangkok bergoyang-goyang saat dibawa. Kuliner berkuah ini sangat patut dicoba di hari raya.

Dari enam menu nasi dari Jawa Tengah di atas, manakah menu yang ingin kamu coba, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id