sign up SIGN UP

Tea Lover, Kenali Manfaat Berbagai Jenis Teh Untuk Tubuhmu!

Fahira Mahza | Beautynesia
Senin, 28 Dec 2020 22:30 WIB
Tea Lover, Kenali Manfaat Berbagai Jenis Teh Untuk Tubuhmu!
caption
Jakarta -

Teh merupakan salah satu minuman yang menjadi favorit banyak orang. Sejak jaman dahulu teh sudah dikenal memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Selain itu teh memiliki aroma yang khas dan menimbulkan sensasi terapinya sendiri. Ketika kamu menghirup aromanya, maka tubuh akan terasa lebih rileks.

Aroma dan rasanya yang enak inilah yang membuat teh memiliki banyak penggemar. Terdapat berbagai jenis teh yang tersebar di seluruh dunia. Kandungan dalam berbagai jenis teh ini tidak sama dan memiliki fungsinya masing.

1. Teh Hitam

teh hitam
foto: freepik.com

Teh hitam merupakan salah satu jenis teh tradisional yang paling populer di dunia. Kandungan kafein di dalamnya berkisar 50-90 mg. Banyak jenis teh populer yang termasuk dalam jenis teh hitam seperti earl grey, masala chai, dan darjeeling.

Teh hitam mengandung polifenol seperti flavonoid, katekin, dan tanin. Polifenol merupakan senyawa nabati yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah virus ataupun penyakit. Selain itu teh hitam juga mengandung banyak senyawa antioksidan yang dapat mengeluarkan racun dari tubuh.

2. Teh Chamomile

chamomile tea
foto: freepik.com

Teh chamomile merupakan teh yang berasal dari kelopak bunga chamomile karena itu teh ini memiliki aroma yang sangat harum. Aromanya yang sangat khas dan harum membuat tubuh menjadi lebih rileks. Mengandung antioksidan serta zat pereda nyeri maka teh ini juga bisa digunakan sebagai obat herbal. Manfaat lain dari teh chamonile yaitu dapat meningkatkan kualitas tidur, mengurangi demam dan hidung tersumbat serta menghangatkan badan.

3. Teh Hijau

teh hijau
foto: freepik.com

Teh hijau sangat terkenal karena manfaatnya bagi kesehatan. Mengandung berbagai senyawa organik seperti polifenol, fluroide, vitamin C, vitamin K, kalsium dan sebagainya menjadikan teh hijau sebagai minuman herbal favorite banyak orang.

Teh hijau juga dikenal dapat menurunkan dan menjaga berat badan. Teh ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh seperti menurunkan kanker, menurunkan kolestrol, mencegah diabetes serta menutrisi kulit.

4. Teh Rosela

teh rosela
foto: freepik.com

Bunga rosela dapat diolah menjadi teh yang memiliki rasa serta aroma khas dan mengandung manfaat bagi tubuh. Teh yang dihasilkan berwarna merah karena berasal dari kelopak bunga rosela yang berwarna merah pekat.

Teh rosela terkenal dapat menurunkan hipertensi denga mengkonsumsi 3 gelas dalam sehari. Teh ini memiliki rasa yang agak asam karena itu diperbolehkan untuk menambahkan sedikit gula.

5. Teh Oolong

teh oolong
foto: freepik.com

Teh oolong mengandung kafein yang terbilang cukup rendah hanya sekitar 30mg. Proses fermentasi yang singkat menghasilkan citarasa yang kuat. Hampir sama dengan teh hijau, teh oolong juga dapat membantu program diet kamu dengan mengurangi massa lemak di tubuh. Teh ini juga dapat menurunkan kolesterol serta mengandung trigliserida yang baik untuk tubuh.

Beberapa jenis teh tersbeut mengandung beragam kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Konsumsi sesuai anjuran agar manfaat yang dirasakan lebih maksimal.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id