BILLBOARD
970x250

Ternyata Begini Alasan Ibu Hamil Dilarang Bersihkan Kotoran Kucing

Henny Alifah | Beautynesia
Senin, 22 Mar 2021 20:00 WIB
Ternyata Begini Alasan Ibu Hamil Dilarang Bersihkan Kotoran Kucing

Ibu hamil punya banyak pantangan. Sebut saja larangan makan daging dan ikan yang kurang matang, serta larangan konsumsi kafein. Selain itu, membersihkan kotoran kucing, termasuk kandang dan kotak pasir kotoran kucing, juga merupakan salah satu larangan buat ibu hamil.

Ada alasan ilmiah mengapa tugas harian para pemelihara kucing ini benar-benar harus dihindari oleh ibu hamil.

Kotoran kucing sangat berbahaya bagi ibu hamil

Kucing
Kucing/ Foto: Pexels.com/Tranmautritam

Seperti yang telah diketahui banyak orang, penyakit yang bisa ditularkan kucing ke manusia adalah toksoplasmosis. Dr. Stephanie Austin, dokter hewan sekaligus direktur medis di Bond Vet, mengatakan kepada Popsugar bahwa toksoplasmosis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi parasit toxoplasma gondii.

Parasit toxoplasma gondii ditemukan pada tinja kucing atau benda yang berisiko terkena kotoran kucing, seperti tanah atau pasir tempat kucing membuang kotoran. Selain itu, manusia juga bisa tertular sendiri jika memakan daging yang terinfeksi, serta berbagai sumber lain termasuk penanganan tanah atau pasir yang terinfeksi.

Menurut Dr. Stephanie Austin, kucing biasanya terinfeksi karena memakan daging yang terkontaminasi atau bisa juga karena kotoran kucing lain yang terinfeksi. Jika kucing terinfeksi, penting untuk mempraktikkan standar higienis yang baik dan benar serta mencuci tangan secara menyeluruh setelah menangani kotorannya. Jika tak sengaja menelan tinja yang terinfeksi setelah membersihkan kotak pasir, manusia juga dapat terinfeksi.

Hal ini dapat menimbulkan risiko yang lebih besar bagi ibu hamil karena risiko penularan meningkat saat hamil. Parasit yang berbahaya ini dapat melewati plasenta dan menimbulkan gangguan pada janin, keguguran, atau kelahiran prematur. Itulah mengapa sebagian orang beranggapan bahwa sebaiknya ibu hamil tidak memelihara atau tidak berada di dekat kucing.

Bagaimana jika ibu hamil terpaksa harus membersihkan kotoran kucing?

Ibu Hamil dan Kucing
Ibu Hamil dan Kucing/ Foto: Instagram.com/nachin_ka

Dengan alasan keamanan, Dr. Stephanie Austin menyarankan untuk memberi makan kucing dengan makanan kaleng atau makanan kering komersial daripada daging mentah atau setengah matang. Selain itu, membersihkan kandang dan kotak kotoran kucing secara rutin setiap hari juga dianjurkan.

Jika memungkinkan, ibu hamil sebaiknya menghindari aktivitas membersihkan kotoran kucing. Jika tidak ada orang lain yang bisa melakukan tugas tersebut, disarankan untuk memakai sarung tangan sekali pakai lalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesudahnya. Ini akan mencegah terjadinya infeksi karena parasit Toxoplasma tidak menular hingga 1-5 hari.

Apa yang harus dilakukan jika ibu hamil menunjukkan tanda-tanda toksoplasmosis?

Kucing
Kucing/ Foto: Instagram.com/nachin_ka

Menurut Mayo Clinic, ibu hamil harus mengambil tindakan pencegahan keamanan yang tepat untuk menghindari paparan toksoplasmosis. Bagaimanpun, tindakan pencegahan adalah hal terbaik untuk dilakukan.

Selama ibu hamil mengikuti anjuran-anjuran yang telah disebutkan di atas, risiko penularan toksoplasmosis dari kucing bisa dibatasi. Namun jika ibu hamil memiliki kekhawatiran atau berpikir mungkin telah terpapar, segera konsultasikan dengan dokter.

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE