Tertarik Bisnis Coffee Shop? Ikuti Trik Ini Yuk, Biar Bisnis Kopi Kamu Sukses
Kopi merupakan jenis minuman yang banyak disukai banyak orang dari remaja, orang dewasa hingga orang tua. Minum kopi sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia sejak dahulu hingga sekarang. Semakin populernya, saat ini banyak sekali warung kopi ataupun coffee shop di penjuru kota sebagai tempat nongkrong. Tentu saja ini bisa menjadi peluang bisnis yang paling menjanjikan.
Usaha kopi menjadi salah satu bisnis Indonesia yang turut diperhitungkan. Tertarik memulai bisnis coffee shop? Namun, membuka coffee shop tidaklah semudah menyeduh kopi ke dalam cangkir. Karena coffee shop adalah sebuah bisnis yang memiliki banyak aspek yang harus diperhatikan. Ini dia tips dan aspek yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis
Rencana Bisnis dan Modal
Foto: https://www.pexels.com/photo/Sebelum memulai membangun kafe, kamu tentunya harus membuat sebuah rencana bisnis yang matang. Contoh rencana bisnis ini seperti konsep coffee shop, target customer, pemasaran dan rencana lainnya. Sebuah rencana bisnis sangat dibutuhkan saat kamu memulai bisnis kopi. Karena tanpa rencana sebuah coffee shop mungkin takkan bisa berjalan seperti yang diharapkan.
Selain, rencana bisnis yang kuat, kita juga perlu cukup modal. Modal juga salah satu hal penting yang harus dipikirkan sebelum memulai bisnis. Untuk memulai bisnis coffee shop, bisa dikatakan bisnis modal kecil pun cukup. Mulailah dengan kedai kopi sederhana dan jangan pernah paksakan untuk membuat kedai kopi yang mewah.
Target Konsumen
Foto: https://www.pexels.com/photo/Sebelum memulai, kamu juga harus memikirkan dan menentukan siapa target yang cocok untuk bisnis kopi kamu. Tentukan target konsumen kamu, dari mulai remaja, mahasiswa, hingga eksekutif kantoran. Memahami konsumen dengan baik, berarti kamu dapat menentukan strategi yang tepat seperti lokasi bisnis, desain coffee shop yang cocok, harga yang pas, dan lain sebagainya.
Konsep dan Lokasi Coffee Shop
Foto: https://www.pexels.com/photo/Menghindari persaingan bisnis kopi, kamu harus membuat konsep yang kuat. Konsep bisnis juga dapat membantu menarik konsumen hingga membantu mengembangkan bisnis. Konsep yang digunakan dalam membuka coffee shop akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Seperti konsep coffee house Filosofi Kopi Jogja yang berkonsep suasana pedesaan dan tanpa adanya wifi. Konsep yang sangat kuat akan memberikan daya tarik tersendiri. Jika ingin konsep minimalis, maka menu kopi dan suasana kedai yang dibuat juga harus berkonsep minimalis. Apapun konsep yang digunakan, kenyamanan pelanggan sangat penting.
Semuanya akan dengan mudah diwujudkan jika kamu sudah memiliki konsep yang jelas. Selain konsep yang kuat, lokasi strategis adalah salah satu hal yang dapat menentukan apakah bisnis kopi kamu akan berkembang. Kamu dapat mencari lokasi yang berdekatan dengan kampus, mall, sekolah, kantor, dan lain sebagainya
Pemasaran Bisnis
Foto: https://pixabay.com/id/photos/Berada di lokasi yang strategis dan konsep coffee house yang menarik tidaklah cukup untuk membuat coffee shop kamu dikenal orang. Kamu memerlukan strategi lebih agar bisnis ini diketahui dan meluas ke berbagai kalangan. Pada pembukaan hari pertama mungkin kamu bisa memberi sampel kopi gratis kepada pelanggan. Selain itu mungkin kamu bisa membuat promo sampai batas waktu yang ditentukan agar menjaring pelanggan.
Di era sekarang, sosial media menjadi salah satu layanan iklan gratis yang cukup efektif. Mengundang para selebgram untuk me-review coffee shop dan mengunggahnya ke media sosial atau dengan memberikan diskon untuk hari-hari spesial seperti ulang tahun. Kamu juga bisa mengadakan workshop menarik tentang kopi atau topik lain yang membuat pelanggan datang dan tentu sambil terus berinovasi. Intinya pemasaran jangan hanya dilakukan pada awal pembukaannya saja. Pemasaran harus dilakukan terus menerus untuk pertumbuhan bisnis yang lebih baik.