sign up SIGN UP

Trik Psikologis Mengelola Stres agar Hidup Terasa Lebih Tenang, Sudah Mencoba?

Gabriella Gebby | Beautynesia
Senin, 10 Jan 2022 08:45 WIB
Trik Psikologis Mengelola Stres agar Hidup Terasa Lebih Tenang, Sudah Mencoba?
caption
Jakarta -

Memasuki tahun baru, tentu akan datang tantangan baru yang harus dihadapi. Rasa khawatir akan masa depan, kesulitan yang sedang dihadapi saat ini, dan penyesalan masa lalu kadang membuat kamu tidak dapat mengendalikan pikiran dan emosi. Jika dibiarkan terlalu lama akan mendatangkan stres berkepanjangan.

Stres memberikan dampak negatif dalam kehidupan karena emosi yang sulit untuk dikontrol, Dengan mengelola stres yang dihadapi, hidup akan menjadi lebih tenang dan bahagia. Apa saja tips agar kamu mampu mengelola stres? Yuk, simak!

1. Identifikasi Penyebab Stres

Identifikasi Penyebab Stres
Tips Mengelola Stress/Foto: pexels.com/Matheus Bertelli

Langkah awal dari mengelola stres adalah mengetahui hal apa yang memicu stres. Hal ini tentu tidak mudah dilakukan, tetapi bisa coba dijalankan dengan melihat kebiasaan, sikap, serta alasan kamu ketika mengalami suatu peristiwa.

Apabila kamu mendengar hal yang kamu tidak inginkan dan membuat perasaan seketika tidak nyaman bahkan ingin marah atau menangis, bisa saja hal tersebut menjadi alasan mengapa stres tertahan pada diri kamu.

Nah, kalau kamu sudah mengetahui penyebab dari stres, pastinya kamu membuat langkah untuk menghindari penyebab stres tersebut, bisa jadi orang atau isu-isu tertentu. Kalau kamu merasa dapat menghadapi dan menyelesaikannya, cobalah untuk melihat dari berbagai sudut pandang dan tetap berpikir jernih.  

2. Bergerak

Bergerak
Tips Mengelola Stres/Foto: pexels.com/Gustavo Fring

Ketika mulai merasa stres, cobalah untuk menggerakkan badanmu. Mulai dengan jalan-jalan di sekitar lingkungan rumah atau berolahraga. Membuat badan kamu bergerak menjadi salah satu pereda rasa stres yang cukup efektif. Manfaatnya adalah pikiran dan perasaan akan terasa lebih tenang dan rileks.

Mulai dengan berolahraga selama 30 menit satu hari, kemudian susunlah target agar intensitas berolahragamu semakin meningkat. Jika merasa malas untuk bergerak, kamu bisa mencari aktivitas lain yang menyenangkan sembari berolahraga, misalnya sambil mendegarkan music, jalan santai dengan binatang peliharaan, atau berbelanja kebutuhan dengan bersepeda.

3. Terhubung dengan Orang Sekitar

Terhubung dengan Orang Sekitar
Tips Mengelola Stres/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Hal yang dapat menenangkan diri adalah ketika berkumpul bersama orang terdekat yang dapat memberikan semangat. Berinteraksi secara langsung dengan orang lain bisa meredakan stres lebih cepat. Cobalah untuk tidak memendam sesuatu yang mengganggu pikiran dan fokus pada hal-hal yang positif.

Ceritakan dengan orang terdekat mengenai kegelisahanmu dan minta beberapa saran sebagai pertimbangan untuk mengambil keputusan kedepannya. Jangan merasa dengan menceritakan masalah kamu kepada orang lain menandakan bahwa kamu lemah, tetapi bahwa kamu membutuhkan orang lain sebagai pendengar yang baik.

Aktivitas ini jika dilakukan secara rutin dapat membantu mengurangi pikiran yang sedang tidak karuan dan suasana hati menjadi lebih bahagia.

4. Menerima Kenyataan yang Tidak Dapat diubah

Menerima Kenyataan yang Tidak Dapat diubah
Tips Mengelola Stres/Foto: pexels.com/Garon Piceli

Pastinya ada banyak hal yang tidak dapat dikontrol dalam hidup kamu. Walaupun sering kali realitas tidak sesuai dengan ekspektasi dan membuat kamu stres, tetapi kamu bisa mencoba untuk berpikir jernih dan menerima kenyataan.

Belajar untuk menerima dan ikhlas memang sulit, maka dari itu ketika perasaan kamu sudah dapat menerima kenyataan, maka stres yang dirasakan akan berkurang signifikan. Cobalah untuk menjauhkan pikiranmu dari hal-hal negatif yang dapat kembali memicu stres datang kembali.

Ketika kamu mendeteksi emosimu mendadak meledak, ingatlah untuk menarik nafas yang panjang, kemudian kembali hembuskan. Kamu bisa menjauh sesaat dari aktivitas dan orang lain, kemudian berpikir dari berbagai perspektif.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id