sign up SIGN UP

Viral Jadi Tips Diet, Benarkah Sayuran Menghambat Penurunan Berat Badan?

Dian Aprilia | Beautynesia
Minggu, 07 Mar 2021 13:30 WIB
Viral Jadi Tips Diet, Benarkah Sayuran Menghambat Penurunan Berat Badan?
caption
Jakarta -

Belakangan ini viral tips diet ala Tya Ariestya yang digandrungi banyak wanita. Meski begitu ada beberapa ahli gizi dan pegiat diet yang tidak setuju dengan tips diet yang ditulis dalam buku berjudul “The Journey of Fit Tya Ariestya”.

Dalam buku tersebut, tertulis bahwa sayuran bisa menghambat penurunan berat badan, sebagaimana yang dikutip dari unggahan twitter @gizipedia_id.  

“’1. Sayuran Menghambat Penurunan Berat Badan.’ Usai membaca halaman 40-41, saya mulai paham mengapa banyak yang bertanya "apakah sayur bikin saya gemuk?" Halaman buku ini yang amat sangat perlu diluruskan,” tulis @gizipedia.id.

Sayuran
Sayuran/pexels.com

Dikutip dari alodokter.com, Friday pernah bertanya, benarkah sayuran bisa menghambat proses penururunan berat badan? dr. Talitha Najmillah Sabtiari kemudian menjawab bahwa sayuran memiliki kalori yang sedikit sehingga secara umum, baik untuk dikonsumsi saat ingin menurunkan berat badan.

Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa mengonsumsi sayuran yang tinggi karbohidrat seperti kentang, umbi-umbian, dan sejenisnya dalam jumlah banyak bisa menghambat proses penurunan berat badan.

Dari penjelasan tersebut, maka diketahui bahwa sayuran tidak selalu menghambat penurunan berat badan. Hal ini bergantung pada jumlah porsi, kandungan sayuran yang dikonsumsi, dan lainnya.

Tips Diet dengan Sayuran

Sayuran
Sayuran/pexels.com

Berikut beautynesia.id telah merangkum tips diet agar sayuran tidak menghambat proses penurunan berat badanmu.

Perhatikan Cara Memasak

Sebaiknya kurangi penggunaan minyak yang berlebihan agar tidak menambah jumlah kalori dalam sayuran. Kamu bisa pilih berbagai jenis minyak sehat seperti minyak zaitun dan lainnya.

Perhatikan Kombinasi Makanan

Sayuran cenderung baik dikonsumsi oleh tubuh karena mengandung serat yang tinggi. Kandungan serat ini bisa membuatmu cepat kenyang dan bertahan lama sehingga lebih mampu mengontrol pola makanmu. Namun sebaiknya kamu tetap mengontrol kombinasi makanannya agar tidak membuat dietmu terganggu.

Misalnya dengan hindari mencampurkan sayur dengan mayonaise, saus, olive oil terlalu banyak sehingga bisa menambah kalorinya. Pakai bahan-bahan tambahan secukupnya dan pastikan jumlah kalorinya tidak berlebihan ya.  

Perhatikan Porsi

Porsi sayuran
Porsi sayuran/pexels.com

Ingat, apapun yang berlebihan tidak akan baik bagi kesehatan. Sama halnya dengan konsumsi karbohidrat, kamu juga perlu makan sayuran sesuai dengan porsi yang dibutuhkan oleh tubuh, biasanya 25-30 gram per hari. Hitung juga total asupan kalori harianmu agar tidak melebihi dengan kebutuhan tubuh.

Perhatikan Nutrisi dalam Sayuran

Sebagaimana yang diungkapkan oleh dr. Talitha di atas, sebaiknya perhatikan pula nutrisi atau kandungan dalam sayuran. Jika kamu mau mengonsumsi sayuran dengan tinggi karbohidrat, sebaiknya dibatasi agar tidak berlebihan dan malah bikin dietmu gagal.

Itulah penjelasan mengenai apakah sayuran bisa menghambat penurunan berat badan atau tidak. Sebagai referensi kamu bisa cek katalog kalori berbagai sayuran yang dunggah oleh @hansboling, yang bisa jadi ide menu diet harian kamu.

[Gambas:Instagram]

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id