sign up SIGN UP

Waspada Gelombang 3! Ini Harga Obat Covid-19 yang Disebut Ampuh Cegah Kematian

Phanie Fauziah | Sabtu, 13 Nov 2021 06:15 WIB
Waspada Gelombang 3! Ini Harga Obat Covid-19 yang Disebut Ampuh Cegah Kematian
caption

Pandemi belum berakhir, giat vaksin masih tetap digalakkan dan protokol kesehatan masih diterapkan. Kabar baiknya, positivity rate Covid di Indonesia juga sudah menurun ya, Beauties.

Eits, tapi bukan berarti kita malah ber-euphoria hingga lengah. Apalagi kabar Covid gelombang ketiga juga sudah mulai menyeruak.

Obat Covid yang Ampuh Cegah Kematian

Obat Covid
Obat Covid yang Ampuh Cegah Kematian/Pexels/Karolina Grabowska

Terlalu takut hingga menimbulkan kecemasan juga jangan ya, Beauties. Tapi, waspada itu harus! Bahkan, obat Covid untuk menghadapi gelombang ketiga ini sudah ada dan akan segera hadir di Indonesia. Obat Covid ini bahkan digadang-gadang bisa mencegah kematian hingga 89 persen.

Terdapat dua obat Covid yang ampuh cegah kematian. Molnupiravir diproduksi oleh perusahaan farmasi Amerika Serikat Merck & Co Inc dan Paxlovid yang diproduksi oleh Pfizer Inc yang juga memproduksi vaksin Covid.

Efektivitas Molnupiravir dan Paxlovid

Efektivitas Obat Covid
Efektivitas Obat Covid yang Ampuh Cegah Kematian/Pexels/Ivan Babydov

Pasti kita bertanya-tanya mengenai obat tersebut. Molnupiravir memiliki efektivitas sekitar 50 persen, terbukti dalam uji klinis yang melibatkan 775 pasien Covid kategori ringan-sedang dengan sebagian memiliki penyakit komorbid.

Setelah lima hari bergejala sebagian pasien diberikan molnupiravir dan sebagian diberikan plasebo. Hasil dari prnelitian menunjukan sekitar 14,1 persen pasien dengan plasebo dirawat di rumah sakit dan meninggal dan hanya sekitar 7,3 persen pasien Covid yang mengonsumsi Molnupiravir yang masuk rumah sakit dan tidak meninggal.

Menyusul Molnupiravir, seperti yang dilansir dari detikHealth Paxlovid yang diproduksi Pfizer Inc telah mengeluarkan uji klinis dengan hasil memiliki efektivitas hampir 90 persen atau sekitar 89,9 persen menurunkan risiko gejala parah dan kematian.

Harga Molnupiravir dan Paxlovid

Harga Molnupiravir dan Paxlovid
Harga Molnupiravir dan Paxlovid/Pinterest/Catraca Livre

Beauties tentunya kita penasaran dengan harga molnupiravir dan paxlovid. Molnupiravir yang dikabarkan segera hadir di Indonesia dibanderol dengan harga di bawah Rp1 juta atau sekitar 40 hingga 50 dollar. Sedangkan harga paxlovid belum mengungkapkan harga dari obat Covid ini, tapi Pfizer Inc berjanji bahwa penetapan harga akan terjangkau bagi masyarakat luas.

Nah, itu dia Beauties mengenai obat Covid yanh sedang ramai diperbincangkan, terutama mengenai harga molnupiravir dan paxlovid. Meskipun kondisi pandemi mulai berangsur membaik, kita tetap harus waspada mempersiapkan berbagai kemungkinan. Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan ya, Beauties.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id