sign up SIGN UP

Waspada! Perempuan Lebih Rentan Terkena Osteoarthritis, Yuk Kenali Penyebabnya!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Sabtu, 08 Jan 2022 23:00 WIB
Waspada! Perempuan Lebih Rentan Terkena Osteoarthritis, Yuk Kenali Penyebabnya!
caption
Jakarta -

Beauties, apakah kamu pernah mengeluhkan sakit pada bagian persendian seperti tangan, lutut, pinggul, dan tulang punggung? Hal ini bisa jadi osteoarthritis.

Osteoarthritis adalah peradangan kronis pada sendi yang disebabkan oleh kerusakan pada tulang rawan. Kondisi ini menyebabkan penderitanya mengalami rasa sakit seperti kaku dan nyeri pada persediannya. Umumnya rasa sakit tersebut akan terasa pada bagian tertentu, seperti tangan, jari-jari, lutut, bahu, tulang belakang, panggul hingga lutut. 

Penyakit ini dapat diderita oleh pria dan perempuan, namun kasusnya sering ditemukan pada perempuan dan berusia 50 tahun ke atas. Namun, dilansir dari Women Health, osteoarthritis kini juga sering menyerang perempuan muda, paling sering di lutut.

Pada tahun 2000, lebih dari 53 ribu perempuan berusia 20 hingga 39 tahun didiagnosis mengalami steoarthritis. Pada tahun 2010, jumlah itu kian meningkat menjadi 230 ribu orang.

Lantas, apa saja, sih, penyebab dari osteoarthritis yang rentan menyerang perempuan ini? Yuk, simak!

Obesitas 

Obesitas dapat memicu pengapuran sendi
Ilustrasi obesitas/Foto: Freepik.com/Jcomp

Mengutip dari Arthritis Foundation, kelebihan berat badan dapat memicu lebih cepat terjadinya osteoarthritis karena menambah tekanan pada persendian, terutama pada lutut. Hal ini juga karena sel-sel lemak akibat dari obesitas dapat meningkatkan peradangan di sendi.

Genetik

Tak disangka, awal mula sejarah hari ibu ternyata merupakan gerakan perdamaian/Foto: pexels.com/Andrea PiacquadioIlustrasi ibu dan anak/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Faktor genetik dapat menjadi salah satu faktor terjadinya osteoarthritis. Dilansir dari Arthritis Foundation, orang-orang yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat osteoarthritis akan lebih mungkin mengalami penyakit ini di masa mendatang.

Aktivitas Sehari-hari

Aktivitas berat yang bertupu pada sendi seperti lutut perlu perhatian khus untu mencegah terjadinya osthearthritsis dini
Ilustrasi olahraga/Foto: Pexels.com/LiSun

Mengutip dari akun Twitter Asa Ibrahim, seorang dokter ortopedi yang juga aktif memberikan edukasi seputar kesehatan tulang di Twitter, menyebutkan bahwa pekerjaan yang melibatkan mengangkat benda berat dapat menjadi salah satu faktor osteoarthritis.

"Kalau sekali dua kali tidak apa-apa, tapi kalau pekerjaannya berat, angkat berat, jalan jauh, bolak-balik terus setiap hari, kerusakan sendi akan terjadi lebih cepat. Ibarat mesin dipakai terus menerus bebannya berat pasti akan lebih cepat rusak," kata dokter Asa dalam akun Twitternya @asaibrahim.

Itulah beberapa penyebab yang bisa memicu terjadinya osteoarthritis. Agar terhindar dari penyakit tersebut, yuk mulai tingkatkan kepedulian terhadap kesehatan dengan menjaga berat badan, olahraga, makan sehat, dan mengatur aktivitas fisik sebaik mungkin!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id