sign up SIGN UP

Waspada! Sebaiknya Dihindari, Makanan Ini Ternyata Bisa Bikin Rambut Rontok! Apa Saja?

Nadya Quamila | Beautynesia
Jumat, 31 Dec 2021 14:00 WIB
Waspada! Sebaiknya Dihindari, Makanan Ini Ternyata Bisa Bikin Rambut Rontok! Apa Saja?
caption
Jakarta -

Rambut rontok merupakan permasalahan umum yang cukup sering dialami kebanyakan orang. Sebenarnya, rambut rontok adalah hal yang normal terjadi.

Healthline melansir dari American Academy of Dermatologists, bahwa setiap orang akan kehilangan 50 hingga 100 helai rambut per hari. Namun, karena ada 100 ribu lebih folikel rambut di kulit kepala setiap orang, kehilangan 100 atau lebih helai rambut sehari tidak membuat perbedaan besar dalam penampilan.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan rambut rontok, seperti faktor keturunan, perubahan hormon, kondisi medis, hingga makanan yang dikonsumsi. Yup, ternyata apa yang kamu konsumsi juga bisa mempengaruhi kerontokan rambut, lho, Beauties!

kandungan sampo yang membuat rambut rontokIlustrasi rambut rontok/Foto: Freepik

Courtney D'Angelo, seorang ahli gizi mengungkapkan kepada Eat This! Not That bahwa ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan rambut rontok. Makanan tersebut adalah tuna, swordfish (ikan todak), hiu, dan king mackerel (tenggiri Amerika).

Seperti yang diketahui, ikan merupakan makanan yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Ikan merupakan makanan yang baik dikonsumsi karena kandungan nutrisi yang tinggi. Misalnya, ikan berlemak diketahui dapat meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular, peningkatan kesehatan kognitif, bahkan dianggap bisa membantu mengatasi gejala depresi.

Walau ikan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun penting untuk mengetahui seputar potensi risiko jika makan terlalu banyak jenis ikan tertentu, terutama dengan kadar merkuri yang lebih tinggi.

Ikan tuna.Ikan tuna/ Foto: Freepik


"Kadar merkuri yang tinggi telah dikaitkan dengan kerontokan rambut, dan ikan yang disebutkan di atas memiliki kadar merkuri yang lebih tinggi daripada pilihan makanan laut lainnya," ungkap D'Angelo.

Ia juga menambahkan, "Jauhi ikan seperti ikan todak, king mackerel, hiu, dan bahkan beberapa tuna untuk menghindari kerontokan rambut yang lebih parah."

Nutrisi memiliki peran penting dalam kesehatan rambut, termasuk dalam mencegah rambut rontok. Lantas, makanan apa saja yang sekiranya bisa membantu mengatasi rambut rontok?

Mungkin masalah terburuk dari semuanya adalah mereka yang menggunakan dry shampoo terlalu sering mengalami kerontokan rambut.Ilustrasi rambut rontok/Foto: Freepik

Melansir dari Healthline, berikut beberapa makanan yang direkomendasikan untuk rambut yang lebih sehat:

  • Telur: Telur adalah sumber protein yang bagus yang penting untuk mencegah kerontokan rambut.
  • Buah beri: Buah beri sarat dengan senyawa seperti antioksidan dan vitamin yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.
  • Bayam: Bayam kaya akan folat, zat besi, dan vitamin A dan C, yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.
  • Alpukat: Alpukat kaya akan vitamin E, antioksidan yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Selain mengatur asupan makanan yang masuk ke tubuh, ada hal lain pula yang harus kamu perhatikan untuk mengatasi rambut rontok. Misalnya seperti pemilihan sampo yang tepat, jangan mengikat rambut terlalu kuat, menggunakan vitamin rambut, dan masih banyak lagi.

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id