2 Alasan Penting Mengapa Kamu Perlu Mulai Gunakan Eye Cream dalam Rangkaian Skincare Harian

Pratitis Nur Kanariyati | Beautynesia
Senin, 05 Jun 2023 18:45 WIB
2 Alasan Penting Mengapa Kamu Perlu Mulai Gunakan Eye Cream dalam Rangkaian Skincare Harian

Saat ini kecantikan diri menjadi sorotan orang-orang, terutama mata. Kok bisa? Sebab, mata adalah indra pertama yang berkontak langsung dengan orang lain. Mata menjadi hal pertama yang diperhatikan oleh lawan bicara kita.

Nah terkadang, kita nggak percaya diri dengan kondisi mata. Pasti dari Beauties pernah minder karena munculnya lingkaran hitam hingga garis-garis halus di sekitar kelopak mata, atau bahkan muncul kantong mata, bukan? Pasti nggak nyaman banget.

Saat muncul keluhan itu, kita baru sadar akan pentingnya merawat kulit mata. Melansir Byrdie, seorang dokter kulit yang berbasis di New York yaitu Marisa Garshick menuturkan pentingnya menjaga kulit di sekitar area kelopak mata. Baginya hal tersebut sebagai langkah awal untuk tetap menjaga area kelopak mata tetap lembab hingga membantu mengurangi tanda-tanda penuaan diri pada area mata. Lantas, salah satu cara merawat dan menjaga kulit di area mata adalah dengan menggunakan eye cream.

Eye cream adalah salah satu rangkaian skincare yang diformulasikan khusus untuk kulit dan permasalahan di sekitar mata. Tekstur eye cream lebih ringan jika dibandingkan dengan moisturizer.

Beauties bisa menggunakan eye cream pada pagi dan malam hari. Untuk pengaplikasiannya dilakukan setelah menggunakan essence atau serum.

Supaya makin paham sepenting apa menggunakan eye cream, berikut ulasan mengapa Beauties perlu mengaplikasikan eye cream.

1. Kulit Area Mata: Sensitif, 10x Lebih Tipis dari Kulit Wajah

pentingnya menggunakan eye cream
Gerakan/ekspresi berlebih yang dilakukan mata mampu membuat kulit menjadi berkerut/ Foto: Pexels.com/ Alexander Krivitskiy

Bingung nih, apa kaitannya penggunaan eye cream dengan sensitivitas dan kondisi kulit yang 10 kali lebih tipis dari kulit muka?

Selaras dengan Brand Manager AHC Indonesia, Lia Wijaya, beliau juga menyatakan bahwa kulit di area mata 10 kali lebih tipis dari kulit di area wajah lainnya. Padahal, kulit di area mata mendapatkan tekanan dari 22 otot mata dan mata kita berkedip hingga 10.000 kali dalam sehari. Gerakan berlebihan yang dilakukan oleh mata, mampu membuat area tersebut lebih mudah menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Tanda-tanda penuaan itu seperti munculnya kerutan, lingkaran hitam, gari-garis halus. Kemunculan tersebut akan semakin parah setelah kulit area mata terpapar sinar ultraviolet. Paparan sinar UV yang tidak terlindungi ini akan menyebabkan munculnya kulit kasar dan kerutan dini.

Oleh karena itu, Beauties perlu menggunakan eye cream untuk tetap membantu menutrisi kulit area mata, menjaga kelembapannya, dan mencegah kekusaman. Selain itu, membantu melembutkan garis-garis halus dan mencerahkan mata. Tentunya bergantung pada bahan aktif produk yang dikandungnya.

Kolagen Menurun, Elatisitas Kulit Mata Juga Menurun: Saatnya Gunakan Eye Cream?

2. Membantu Menjaga Elastisitas Kulit di Area Mata

Apa hubungannya menggunakan eye cream dengan tingkat elastisitas kulit area mata? Begini Beauties, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen pada tubuh akan mengalami penurunan dan menyebabkan kulit menjadi berkerut dan kering. Padahal kolagen memegang peranan penting dalam regenerasi kulit, menjaga elastisitas kulit, hingga memastikan kulit tetap terhidrasi.

Menurunnya produksi kolagen sangat berdampak pada elastisitas kulit di area mata. Dampaknya pun lebih jelas terlihat dibandingkan pada bagian kulit tubuh lainnya. Hal ini dikarenakan kulit di area mata sangat tipis.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk tetap menjaga dan merawat elastisitas kulit di area mata adalah pengaplikasian eye cream sedari dini. Supaya apa? kulit di area mata tidak cepat mengalami kerutan dan tetap terlihat awet muda. Jangan sampai kulit mata mengendur sebelum waktunya!

Dalam memilih produk pun, Beauties perlu mempertimbangkan komposisi yang digunakan. Pilih eye cream yang mengandung retinol atau retinoid, vitamin C, peptida, dan asam hialuronat. Sejumlah kandungan tersebut bermanfaat dalam merangsang regenerasi kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.

Itulah alasan mengapa kita perlu menggunakan eye cream. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Jadi, jangan lupa gunakan eye cream demi kesehatan kulit area mata ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE