sign up SIGN UP

3 Manfaat 'Ajaib' Retinol untuk Kulit, Beauties Wajib Coba!

Dian Siti Marfuah | Beautynesia
Senin, 05 Sep 2022 06:00 WIB
3 Manfaat 'Ajaib' Retinol untuk Kulit, Beauties Wajib Coba!
caption
Jakarta -

Jika kamu salah satu penggiat skincare mungkin kamu nggak asing sama bahan aktif yang satu ini, yaitu retinol. Retinol atau bahan  aktif dari vitamin A ini memang kerap digunakan dalam berbagai produk skincare seperti toner dan serum.

Ingredients ini sering kali disebut-sebut sangat baik untuk kulit, utamanya jika kamu mulai berumur menjelang 30 tahunan. Sebenarnya apa sih manfaat retinol ini sehingga banyak digunakan? Yuk ketahui 3 manfaat ajaib retinol untuk kulit.

Mengatasi Jerawat

Ilustrasi/ Freepik.com/ Freepik
Ilustrasi jerawat/ Foto: Freepik.com/freepik

Manfaat retinol untuk kulit yang pertama adalah mampu mengatasi jerawat. Makanya, nggak heran jika beberapa dokter kerap meresepkan produk skincare atau obat dengan kandungan retinol untuk mengatasi jerawat sedang hingga sedang. 

Bahan aktif retinol sendiri diketahui mampu membuka pori-pori kulit sehingga obat jerawat akan terserap dengan baik. Selain mengatasi jerawat, produk dengan kandungan retinol juga membantu mencegah munculnya jerawat dengan mengurangi produksi minyak berlebih di kulit.

Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari penyebab jerawat yaitu pori-pori tersumbat.

Mencegah Penuaan

Ilustrasi/ Freepik.com/ Image by nakaridore
Manfaat retinol/ Foto: Freepik.com/nakaridore

Ini nih manfaat ajaib retinol untuk kulit yang paling banyak disukai yaitu mencegah penuaan pada kulit. Mengingat produksi kolagen di wajah yang akan semakin berkurang seiring pertambahan usia.

Padahal, kolagen ini sangat penting untuk menjaga kulit tetap awet muda dan kenyal. Kabar baiknya, retinol mampu meningkatkan produksi kolagen sekaligus merangsang aliran darah di kulit.

Oleh karena itulah kenapa produk dengan kandungan kolagen sangat diandalkan sebagai salah satu rangkaian perawatan anti aging. Ajaibnya lagi nih, berdasarkan hasil penelitian penggunaan retinol secara rutin selama berbulan-bulan bahkan mampu menghaluskan kerutan, garis-garis halus dan menghambat penuaan dini.

Ada pula yang menyebutkan manfaat retinol juga baik untuk mencegah kerusakan karena paparan sinar UV matahari.

Mengatasi Hiperpigmentasi

Ilustrasi/ Pexels.com/ Polina Tankilevitch
Ilustrasi hiperpigmentasi/ Foto: Pexels.com/ Polina Tankilevitch

Hiperpigmentasi adalah munculnya bercak gelap di kulit yang diakibatkan oleh produk melanin berlebih. Seperti yang kita ketahui melanin adalah pigmen pemberi warna pada kulit, yang artinya semakin tinggi kadar melanin, semakin gelap warna kulit.

Masalah hiperpigmentasi ini umumnya muncul karena terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama. Nah kandungan skincare dengan retinol bisa membantu melawan hiperpigmentasi dengan merangsang pergantian sel-sel baru dan menghambat produksi melanin.

Makanya, pemakaian retinol secara rutin bisa bikin kulit sehat dan cerah.

Itu dia 3 manfaat ajaib retinol untuk wajah. Nah, Beauties, apakah kamu tertarik menggunakan produk skincare dengan kandungan retinol?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id