sign up SIGN UP

3 Pilihan Komposisi untuk Mencerahkan Kulit, Mana yang Paling Cocok untukmu?

Sri Widia | Beautynesia
Jumat, 05 Nov 2021 19:00 WIB
3 Pilihan Komposisi untuk Mencerahkan Kulit, Mana yang Paling Cocok untukmu?
caption
Jakarta -

Apa kamu sedang memiliki masalah kulit tertentu, seperti bintik-bintik penuaan, hiperpigmentasi, atau hanya ingin mencerahkan kulit? Di bawah terdapat rekomendasi ingredient yang dapat mencerahkan kulit. Yuk scroll ke bawah, Beauties!

Ingredients atau komposisi yang dapat mencerahkan kulit dapat dibagi menjadi tiga kategori utama, yaitu ingredients untuk mencerahkan kulit dengan mencegah produksi melanin, ingredients yang mencerahkan kulit dengan mengurangi jumlah melanin yang diproduksi, dan ingredients yang mencerahkan kulit dengan mengurangi sel-sel produksi melanin yang akan menyebar.

Komposisi Mencegah Produksi Melanin

Retinoid (misalnya retinol, retinaldehid, adapalen, asam retinoat), N-Asetil Glukosamin (NAG), Ceramide Sphingosine (misalnya phytosphingosine).

Foto: Skincare Ingredients Terbaik Digunakan Saat Cuaca Panas Menyengat/ Pexels.com/nappyIlustrasi skincare. (Foto: pexels.com/nappy)/ Foto: Dimitrie Hardjo

Komposisi Mengurangi Jumlah Produksi Melanin

Arbutin, kojic acid, phenols (seperti flavonoids, phenolic acid, catechin, epicatechin), resveratrol, aloe vera, azelaic acid, zinc, AHA (alpha hydroxy acids).

Komposisi Mengurangi Sel-sel Melanin yang Menyebar

Niacinamide, soybean extracts, licorice extract, linoleic acid, vitamin E (alpha-tocopherol), vitamin C (Ascorbic Acid), alpha-lipoic acid, dan phenols.

Ingredient Mencerahkan Kulit/unsplash.com/Enecta Cannabis
Ingredient Mencerahkan Kulit/unsplash.com/Enecta Cannabis

Bahan Utama selain Komposisi di Atas:

Retinol & Retinoid

Retinol adalah istilah umum untuk turunan vitamin A dari retinoid hingga asam retinoat (tretinoin). Seperti disebutkan di atas, retinol bekerja untuk mencerahkan kulit dengan mencegah produksi melanin. Selain itu, juga dapat meningkatkan pergantian sel kulit yang dapat membantu mempercepat pergantian sel kulit. 0.1% adapalene gel juga terbukti efektif untuk mencerahkan beberapa jenis noda hitam, termasuk bekas jerawat.

Asam azelaic

Asam azelaic adalah asam dikarboksilat yang secara alami diproduksi oleh jamur yang hidup di kulit. Bila digunakan tanpa delayer dengan produk lain, dapat efektif seperti hidrokuinon 2% dalam mengurangi hiperpigmentasi dan bila dikombinasikan dengan asam glikolat dapat seefektif hidrokuinon 4%.

Niacinamide

Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang larut dalam air yang memiliki sejumlah manfaat untuk kulit. Dapat mengurangi penyebaran melanin ke sel kulit hingga 68%. Ini juga dapat mencegah produksi melanin.

Petroleum jelly adalah kandungan skincare yang harus dihindariIlustrasi skincare. (sumber: freepik.com/ freepik)/ Foto: Ni Made Dwi Agustina

Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan paling melimpah di kulit dan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Dalam bentuk asam askorbat (bentuk vitamin C yang paling ringan) efektif seperti hidrokuinon 4% untuk mencerahkan kulit dan bintik hitam.

Resveratrol

Resveratrol adalah antioksidan yang ditemukan dalam anggur dan anggur merah yang sering diabaikan dalam perawatan kulit, terutama untuk mencerahkan kulit. Resveratrol merupakan perawatan pencerah kulit yang lebih baik daripada hidrokuinon, arbutin, dan vitamin C.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id