sign up SIGN UP

4 Alasan Kenapa Kamu Perlu Menggunakan Retinol dan Niacinamide Secara Bersamaan

Siti Mukaromah | Beautynesia
Senin, 28 Jun 2021 19:15 WIB
4 Alasan Kenapa Kamu Perlu Menggunakan Retinol dan Niacinamide Secara Bersamaan
caption

Ladies, dalam dunia skincare, menggunakan bahan aktif memang hal yang sangat disenangi. Alasannya karena mampu memberikan hasil yang cukup memuaskan untuk perawatan yang tengah kamu lakukan sendiri di rumah.

Bicara tentang penggunaan bahan aktif, memang ada beberapa bahan aktif yang tidak dapat digunakan berbarengan, sebab akan menimbulkan masalah baru pada kulit wajah.

Tapi ada juga bahan aktif yang jika digunakan secara berbarengan, justru akan memberikan manfaat lebih maksimal. Seperti retinol yang digunakan bersama dengan niacinamide.

Sayangnya, banyak dari kamu yang mungkin masih ragu untuk mulai menggunakan dua bahan aktif ini secara bersamaan. Berikut, Beautynesia jabarkan beberapa alasan kenapa kamu bisa menggunakan retinol dan niacinamide secara bersamaan.

Mempercepat Regenerasi Sel

Retinol, Nicinamide, Alasan menggunakan Retinol dan NIacinamide
Mempercepat regenerasi kulit/freepik.com

Perlu kamu tahu, sel kulit mati itu saling menyatu secara terstruktur. Hal inilah yang sering kali membuat kulit terlihat kusam. Untuk menyingkirkan struktur sel tersebut perlu dipecah, agar terangkat ke permukaan kulit. Pemecahan struktur sangat tergantung pada kadar air pada wajah.

Niacinamide pun yang memiliki fungsi menghidrasi pada kulit, akan membantu pemecahan struktur sel tersebut, sehingga regenerasi kulit akan menjadi lebih cepat.

Mengurangi Iritasi

Retinol, Nicinamide, Alasan menggunakan Retinol dan NIacinamide
Penggunaan niacinamide mampu mengurasi potensi iritasi karena retinol/freepik.com

Penggunaan retinol memang biasanya akan memberikan efek iritasi pada wajah, karena sifatnya yang cukup keras sebagai turunan Vitamin A. Untuk itu kamu harus terhidrasi dengan cukup, agar kulitmu tidak kering setelah menggunakan retinol.

Untuk mengurangi efek kering ini kamu bisa mengandalkan niacinamide. Menggunakan niacinamide sebelum menggunakan retinol mampu meningkatkan toleransi kulit terhadap sifat retinol yang keras. Selain itu niacinamide juga berfungsi untuk memperkuat skin barrier-mu, terutama dari penggunaan bahan aktif skincare yang bersifat eksfoliasi. 

Keduanya Bekerja pada pH yang Sama

Retinol, Nicinamide, Alasan menggunakan Retinol dan NIacinamide
Bahan aktif yang bekerja pada pH yang sama/freepik.com

Jika ditelisik lebih jauh, niacinamide dan retinol memiliki kadar pH yang sama. Kadar pH optimal yang dibutuhkan oleh retinol untuk bekerja secara aktif adalah 5.5 dan 4, sedangkan niacinamide berada pada angka 5.0 dan 7.

Dengan adanya kesamaan, kedua bahan aktif ini akan sama-sama aktif pada pH 5 sehingga ini akan membuatnya bekerja lebih maksimal.

Memiliki Manfaat yang Sama

Retinol, Nicinamide, Alasan menggunakan Retinol dan NIacinamide
Mampu mengatasi masalah kulit yang sama/freepik.com

Niacinamide dan retinol jika disandingkan ternyata memiliki manfaat yang serupa. Di antaranya, mampu mengatasi jerawat, hiperpigmentasi, garis halus dan kerutan.

Ketika digunakan untuk mengatasi masalah jerawat dan hiperpigmentasi, keduanya punya cara yang sedikit berbeda namun dapat meningkatkan efektivitas masing-masing secara keseluruhan.


Our Sister Site

mommyasia.id