sign up SIGN UP

4 Alasan Mengapa Lemon Sebaiknya Tidak Dijadikan Bahan untuk Masker Wajah

Hijria Khatimi | Beautynesia
Senin, 03 Jan 2022 06:45 WIB
4 Alasan Mengapa Lemon Sebaiknya Tidak Dijadikan Bahan untuk Masker Wajah
caption
Jakarta -

Lemon adalah salah satu bahan yang sering diandalkan sebagai agen pencerah kulit. Oleh karena itu, buah yang satu ini kerap ditemukan pada produk skincare yang berfungsi untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Karena khasiatnya tersebut, beberapa orang mencoba membuat sendiri masker wajah alami dari buah lemon. Namun kamu perlu berhati-hati Beauties, lemon sebenarnya tidak boleh digunakan secara langsung di kulit wajah, lho.

Kira-kira mengapa lemon sebaiknya tidak dijadikan masker wajah, dan apa saja efek samping jika melakukannya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Dapat Menyebabkan Iritasi Kulit

Alasan lemon tidak boleh untuk masker wajah
Alasan lemon tidak boleh untuk masker wajah/Foto: Freepik/katemangostar

Penggunaan lemon secara langsung di kulit wajah, berpotensi membuat kulit mengalami iritasi. Melansir dari Dazed Digital, menurut Dr. Sarah Shah dari Artistry Clinic di London, lemon adalah buah dengan kandungan asam yang tinggi dan dapat memicu iritasi pada kulit.

Jika sampai terjadi iritasi, kamu akan merasakan kulit menjadi kering, terlihat kemerahan, bahkan mengelupas. Efek ini pun bisa saja lebih parah jika kamu adalah pemilik kulit sensitif.

Mengakibatkan Kulit Rentan Terbakar Sinar Matahari

Alasan lemon tidak boleh untuk masker wajah
Alasan lemon tidak boleh untuk masker wajah/Foto: Freepik/rawpixel.com

Kandungan asam yang tinggi tersebut juga dapat membuat kulit mudah mengalami sensasi terbakar akibat sinar matahari. Apalagi jika lemon diaplikasikan sesaat sebelum beraktivitas di luar ruangan dengan cuaca yang terik.

Mengutip Allure, Rita Linkner seorang dermatologis asal New York, menjelaskan bahwa terekspos sinar UV setelah mengaplikasikan lemon juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit. Akibatnya dapat terbentuk flek-flek pada wajah yang menyebabkan warna kulit tidak merata.

Berpotensi Merusak Skin Barrier

Alasan lemon tidak boleh untuk masker wajah
Alasan lemon tidak boleh untuk masker wajah/Foto: Unsplash/@speckfechta

Skin barrier adalah lapisan terluar kulit yang berfungsi sebagai pelindung dan menjaga kulit tetap sehat. Kandungan pH pada lemon tidak cocok dengan pH alami kulit kita, sehingga dapat membuatnya menjadi rusak.

Skin barrier yang rusak bisa menjadikan kulit semakin rentan terkena efek buruk dari bakteri, debu, dan polusi sehingga lebih mudah berjerawat.

Berisiko Mengalami Leukoderma

Alasan lemon tidak boleh untuk masker wajah
Alasan lemon tidak boleh untuk masker wajah/Foto: Freepik/gpointstudio

Asam pada lemon dapat menimbulkan kondisi yang disebut Leukoderma, Melansir Healthline, Leukoderma merupakan keadaan di mana kulit kehilangan melanin. Melanin sendiri adalah zat yang memberikan warna natural pada kulit kita. Kulit yang mengalami Leukoderma ditandai dengan timbulnya bercak-bercak putih.

Nah, seperti itulah alasan mengapa lemon sebaiknya tidak dipakai secara langsung sebagai masker wajah. Selain lemon, jika ingin membuat masker dari bahan alami lainpun sebaiknya cari tahu dulu apakah ada efek sampingnya atau tidak ya, Beauties.

[Gambas:Youtube]

----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id