sign up SIGN UP

4 Cara Pilih Skincare untuk Kamu yang Punya Kulit Sensitif dan Tinggal di Negara Tropis

Sierra Ayuningtyas Muktisari | Beautynesia
Selasa, 07 Dec 2021 08:30 WIB
4 Cara Pilih Skincare untuk Kamu yang Punya Kulit Sensitif dan Tinggal di Negara Tropis
caption
Jakarta -

Beauties, tahukah kamu kalau kondisi iklim juga mempengaruhi kondisi kulit seseorang? Hal ini dikarenakan kulit akan melakukan penyesuaian terhadap cuaca atau kondisi iklim tertentu, agar kondisi kulit dan organ dalam tubuh itu sendiri dapat tetap terjaga.

Selain itu, kondisi iklim atau cuaca yang cenderung terlalu dingin atau terlalu panas juga dapat mempengaruhi keseimbangan kondisi kulit. Misalnya, untuk kamu yang tinggal di negara tropis, cenderung memiliki kulit yang lebih sensitif, terutama karena kondisi cuaca yang lebih didominasi oleh musim kemarau.

Kondisi iklim tersebut juga yang menyebabkan munculnya kondisi kulit tropical sensitive. Kulit sensitif di negara tropis membutuhkan produk yang berbeda dengan negara 4 musim. Hal ini dikarenakan pemilik kulit sensitif membutuhkan produk dengan tekstur yang ringan dan mudah menyerap, karena negara tropis memiliki iklim yang cenderung panas.

Supaya kulit kamu tetap terjaga dan menghindari kondisi kulit yang makin sensitif, kamu harus memilih skincare yang tepat. Nah, berikut ini ada beberapa tips dan cara memilih skincare untuk kamu yang tinggal di negara tropis, terutama jika kamu memiliki kulit yang sensitif!

Menjaga Keseimbangan Microbiome pada Kulit

MicrobiomeIlustrasi Microbiome/ Foto: pexels.com/EdwardJenner

Yang pertama, kamu harus menjaga Microbiome Rebalance atau keseimbangan Microbiome pada kulit, Beauties. Untuk kamu yang belum tahu, Microbiome merupakan mikroorganisme yang juga ada pada kulit.

Mereka berfungsi sebagai pembatas untuk melindungi kulit dari berbagai faktor eksternal penyebab kerusakan kulit. Supaya kondisi Microbiome pada kulit selalu seimbang, kamu harus merawatnya dengan memilih produk skincare yang mengandung Microbiome di dalamnya.

Seperti misalnya, rangkaian skincare dari LABORÉ Sensitive Skin Care, Sensitive Skin Expert pertama yang khusus diformulasikan oleh dermatologist untuk pemilik kulit sensitif di negara tropis seperti di Indonesia ini, Beauties.

Hindari Produk dengan Tekstur yang 'Berat'

Ilustrasi produk skincareIlustrasi produk skincare/ Foto: wepik.com

Selanjutnya, bagi kamu yang punya kulit sensitif dan tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia, hindari produk skincare dengan tekstur yang terlalu berat atau thick. Jika kamu menggunakan skincare yang teksturnya tebal, hal ini akan membuat kamu merasa nggak nyaman, bahkan merasa kondisi kulit wajah menjadi lengket.

Pilih skincare dengan tekstur yang ringan dan mudah menyerap, supaya kulitmu lebih bisa 'bernapas' dan terasa nyaman sepanjang hari. Produk yang bisa kamu coba diantaranya LABORÉ Barrier Revive Cream, di mana pelembab ini memiliki tekstur krim yang ringan dan mudah menyerap.

LABORÉ Biome Repair Barrier Revive CreamLABORÉ Biome Repair Barrier Revive Cream/ Foto: Courtesy of LABORE Sensitive Skin Care

Opsi lainnya, kamu juga bisa menggunakan LABORÉ Nutrition Gel, yaitu pelembab dengan tekstur gel yang ringan, cocok untuk jenis kulit normal dan kombinasi, atau berminyak. Selain itu, pelembab yang satu ini bisa memberi efek hydrating sekaligus cooling effect, Beauties. 

Labore Nutrition GelLabore Nutrition Gel/ Foto: laboreskinexpert.com

Lalu, ada juga LABORÉ Hydration Toner yang memiliki tekstur ringan dan mudah meresap ke kulit. Toner yang satu ini juga diformulasikan tanpa alkohol dan dirancang khusus untuk mengurangi dryness atau kekeringan pada kulit sensitif hingga -12.98%, lho!

Labore Hydration TonerLabore Hydration Toner/ Foto: laboreskinexpert.com

Jadi, kulitmu akan terasa nyaman dan tetap plump meski kamu tinggal di negara beriklim tropis yang cenderung didominasi panasnya sinar matahari!

Hindari Produk dengan Kandungan SLS atau SLES

Ilustrasi kondisi kulit perempuanIlustrasi kondisi kulit perempuan/ Foto: pexels.com/AndreaPiacquadio

Selanjutnya, kamu juga harus menghindari produk skincare yang memiliki kandungan SLS atau SLES, Beauties. Hal ini disebabkan karena kedua kandungan tersebut dapat beresiko untuk memicu iritasi pada kulit.

Jadi untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa pilih skincare tanpa kandungan SLS atau SLES supaya lebih aman seperti LABORÉ Gentle Biome Mild CleanserFacial wash ini memiliki tipe gel, tidak mengandung SLS atau SLES, sehingga akan minim resiko iritasi.

Labore Gentle Biome Mild CleanserLabore Gentle Biome Mild Cleanser/ Foto: shopee.co.id/laboreofficial

Facial wash dari LABORÉ ini juga sangat cocok untuk para pemilik kulit sensitif, terutama tropical sensitive.

Gunakan Physical Sunscreen

Ilustrasi perempuan dengan paparan sinar matahariIlustrasi perempuan dengan paparan sinar matahari/ Foto: pexels.com/AndreaPiacquadio

Sunscreen merupakan produk skincare wajib yang harus kamu gunakan setiap hari, terlebih jika kamu tinggal di negara tropis dan sering terkena paparan sinar matahari. Nah, kamu harus memilih produk sunscreen berjenis physical sunscreen, karena kandungan physical sunscreen lebih minim resiko iritasi untuk pemilik kulit tropical sensitive seperti LABORÉ Biome Protect Physical Sunscreen.

Physical sunscreen dari LaborePhysical sunscreen dari Labore/ Foto: shopee.co.id/laboreofficial

Sunscreen yang satu ini diformulasikan dengan 100% bahan mineral yang minim resiko untuk pemilik kulit tropical sensitive. Selain itu, LABORÉ Biome Protect Physical Sunscreen juga sudah memiliki SPF 45+++, lho!

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan dalam memilih produk skincare untuk kamu yang punya kulit sensitif dan tinggal di negara tropis.

Rangkaian skincare dari LABORÉ ini bisa menjadi pilihan yang tepat, karena produk-produk LABORÉ memang dirancang khusus untuk pemilik kulit sensitif, sehingga kamu bisa tetap merawat kulit dengan aman, Beauties.

Untuk kamu yang ingin mencoba produk-produk skincare dari LABORÉ, kamu bisa langsung membelinya di official store LABORÉ yang ada di e-commerce kesayangan kamu seperti Shopee, Lazada, hingga Tokopedia. Selain itu, LABORÉ juga tersedia dalam mini size dan trial package, cocok bagi kamu yang mau mencoba terlebih dahulu, Beauties. Selamat mencoba, ya!

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id