sign up SIGN UP

5 Alasan Kenapa Eye Cream Tidak Bekerja Maksimal, Jangan Disepelekan, Ladies!

Ayuliy Lestari | Beautynesia
Kamis, 01 Jul 2021 22:30 WIB
5 Alasan Kenapa Eye Cream Tidak Bekerja Maksimal, Jangan Disepelekan, Ladies!
caption

Eye cream tidak bekerja maksimal padahal kamu sudah rutin memakainya? Apa yang salah? Yups, seiring bertambahnya usia, bagian mata memang lebih mudah menunjukkan penuaan, keriput dan garis-garis halus seperti tak terelakkan. Sehingga, kamu membutuhkan perawatan khusus pada area tersebut, setidaknya agar keriput dan garis-garis halus bisa sedikit tersamarkan.

Namun, di beberapa kasus, penggunaan eye cream seakan tidak memberikan efek apapun. Nah, ternyata hal tersebut terjadi karena beberapa kesalahan yang tanpa disadari sering dilakukan saat memakai eye cream. Simak yuk!

1. Melupakan Kebersihan Tangan

Tips pakai eye cream
Tips pakai eye cream/foto: freepik.com

Kebersihan tangan saat mengaplikasikan eye cream tak bisa disepelekan, Ladies. Selain melakukan double cleansing atau tahapan mencuci wajah dengan benar, perhatikan pula kondisi telapak tanganmu. Tangan yang kotor akan menyebabkan eye cream terkontaminasi kuman dan bakteri yang ada di tangan. Jadi sebelum mengoleskan eye cream, pastikan tangan kamu sudah benar-benar bersih, ya!

2. Sisa Kotoran dan Sel-sel Kulit Mati yang Masih Menempel

Tips pakai eye cream
Tips pakai eye cream/foto: freepik.com

Area mata yang tidak bersih sering diakibatkan karena adanya sisa makeup pada mata, yang belum benar-benar hilang atau sel-sel kulit mati yang masih menempel pada kulit. Sebaiknya, pakai toner terlebih dahulu agar debu dan kotoran benar-benar terhempas, atau lakukan eksfoliasi pada area mata, Ladies.

Eksfoliasi sendiri bertujuan untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menumpuk, karena jika dibiarkan, tumpukan sel-sel kulit mati dapat menghalangi penyerapan kandungan ke dalam kulit dan membuat skincare tidak bekerja secara maksimal.

3. Memakai Produk Eye Cream Secara Berlebihan

Tips pakai eye cream
Tips pakai eye cream/foto: freepik.com

Alasan eye cream tidak bekerja maksimal berikutnya adalah over saat memakainya. Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu pula dalam pemakaian eye cream. Menambahkan dosis bukan berarti membuat efek kerja eye cream lebih cepat. Hal tersebut justru membuat kulit mata terlalu kencang sehingga memicu keriput. Takaran yang benar dalam menggunakan eye cream adalah sebesar biji kacang hijau, lalu baurkan secara merata dan lembut pada area mata.

3. Cara Pengaplikasian yang Salah

Tips pakai eye cream
Tips pakai eye cream/foto: freepik.com

Ingat, area mata adalah area yang sensitif. Jadi saat mengaplikasikan eye cream, cukup lakukan gerakan menepuk-nepuk atau tap-tap secara perlahan menggunakan jari manis. Nah, jika kamu memakai eye cream dengan menggosoknya menggunakan telunjuk di area mata, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Sepele, namun jika sering dilakukan malah akan memunculkan kerutan dan kulit bawah mata akan mengendur.

5. Tidak Memilih Eye Cream yang Tepat

Tips pakai eye cream
Tips pakai eye cream/foto: freepik.com

Selain alasan-alasan di atas, kandungan di dalam eye cream juga bisa membuatnya tidak bekerja maksimal bahkan malah memicu masalah kulit lainnya. Jadi, cari eye cream dengan kandungan bahan aktif yang diperlukan untuk merawat area mata. Karena fungsi eye cream sendiri adalah melembapkan kulit di area mata agar dapat menyamarkan garis halus dan kerutan.

Itulah beberapa kesalahan yang membuat eye cream tidak bekerja maksimal, jangan disepelekan, Ladies!


Our Sister Site

mommyasia.id