KALEIDOSKOP BEAUTYNESIA 2024

5 Brand Kecantikan Lokal yang Gulung Tikar Sepanjang Tahun 2024

Natasha Riyandani | Beautynesia
Senin, 30 Dec 2024 08:00 WIB
5 Brand Kecantikan Lokal yang Gulung Tikar Sepanjang Tahun 2024
Daftar brand kecantikan lokal yang bangkrut sepanjang 2024/ Foto: Freepik.com/drobotdean

Dalam beberapa tahun terakhir, industri kecantikan Tanah Air memang terus berkembang dan semakin banyak bermunculan. Berbagai produk kosmetik, mulai dari makeup, skincare hingga bodycare sukses meraih popularitasnya.

Sayangnya, di tahun 2024 ini, merupakan periode yang berat bagi banyak perusahaan kecantikan lokal. Hal itu terbukti dari banyaknya merek kecantikan lokal yang tumbang di negeri sendiri akibat kalah bersaing dengan kompetitor.

Dilansir dari laman CNBC Indonesia, berikut daftar enam brand kecantikan lokal yang gulung tikar sepanjang tahun 2024. Check this out!

1. SYCA

SYCA/ Foto: Instagram.com/syca.official

Berdiri sejak tahun 2019 oleh dua perempuan asal Indonesia, yakni Pamela Wirjadinata dan Monica Tan. SYCA menjadi salah satu merek kosmetik dan perawatan kulit (skincare) lokal yang populer di kalangan beauty enthusiast.

Produk-produknya bahkan sempat viral dan laris manis di pasaran, terutama sejak peluncuran ‘SYCA X Emily in Paris’ yang ikonis. Namun sangat disayangkan, popularitas tersebut ternyata tak menjamin keberlanjutan brand kosmetik ini untuk tetap bertahan dan bersaing di pasar Indonesia.

Sebagai tanda perpisahan, SYCA sempat mengadakan last amazing deals untuk para pengguna setianya pada 1-15 Oktober 2024 lalu. Hingga akhirnya, pada 31 Oktober 2024 lalu, SYCA secara resmi mengumumkan pamit undur diri dari industri kecantikan di Indonesia.

Salam perpisahan tersebut diunggah bersamaan dengan penyataan bahwa seluruh laman web, toko resmi di e-commerce, hingga media sosial tidak akan aktif lagi.

2. Runa Beauty

Runa Beauty/ Foto: Instagram.com/madebyruna

Merek kecantikan lokal selanjutnya yang gulung tikar pada 2024 adalah Runa Beauty. Melalui akun Instagram resmi (@madebyruna), mereka menyampaikan ungkapan terima kasih kepada konsumen setia yang telah membeli produk Runa Beauty sejak berdiri pada 2019 lalu.

Salah satu produk andalan Runa Beauty yang banyak dicintai konsumen adalah cleansing butter yang dapat membersihkan sisa riasan di wajah dengan mudah dan ringan. Tak ayal, kepergian Runa Beauty cukup membuat kaget banyak beauty enthusiast di Indonesia. Terutama mereka yang sudah setia menggunakan produk miliknya.

Sebelum menutup seluruh toko resmi di e-commerce, Runa Beauty sempat menggelar farewell sale alias diskon perpisahan untuk para pengguna setianya.

3. Beet Beauty

Beet Beauty/ Foto: Instagram.com/meetbeetbeauty

Salah satu merek kecantikan lokal, Beet Beauty, belum lama ini juga menutup bisnisnya yang baru berusia tiga tahun. Kabar mengejutkan itu disampaikan pada awal November 2024 lalu.

Melalui postingan di Instagram, Beet Beauty mengumumkan perpisahannya dengan menyentuh, “It’s been a great 3 years with you all, Besby! Thank you so much for everything. With a heavy heart, BEET Beauty’s journey is now ending”.

Sebagai ‘kado perpisahan’, merek lokal ini mengadakan diskon besar-besaran untuk produk andalan mereka, yakni lip blanket dan lip blaze.

4. Noolab

Noolab/ Foto: Instagram.com/noolabofficial

Tiga bulan sebelum SYCA, merek skincare lokal ‘Noolab’ sudah lebih dahulu undur diri dari industri kecantikan Indonesia. Kabar tidak menyenangkan ini diumumkan secara resmi oleh Noolab melalui akun Instagram (@noolabofficial) pada 15 Mei 2024 lalu.

Dalam keterangannya, Noolab mengaku bahwa pihaknya harus pamit dari industri kecantikan Indonesia akibat nama merek yang ditolak untuk yang kedua kalinya oleh Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Sebelumnya, Noolab juga sempat ditolak oleh HKI ketika mengajukan merek dagang dengan nama ‘Noola’.

Sebagai tanda perpisahan, Noolab pun menghabiskan seluruh stok produk yang tersisa dengan mengadakan last amazing deals berupa diskon sebesar 60 persen. Pada 5 Juni 2024, Noolab pun secara resmi signing out dari industri kecantikan dalam negeri ini.

5. Aeluna Beauty

Aeluna Beauty/ Foto: Instagram.com/aelunabeauty

Merek kecantikan lokal, Aeluna Beauty, didirikan oleh dua influencer Indonesia, yakni Almiranti Fira dan Nadya Aqilla. Aeluna Beauty mengusung produk-produk skincare-infused makeup yang bukan hanya fokus pada tampilan luar, tapi juga manfaat dari produknya tersebut.

Salah satu produk andalannya yang banyak digemari beauty enthusiast adalah lip oil yang bisa melembabkan sekaligus mempercantik tampilan bibir.

Sayangnya, Aeluna Beauty gagal bertahan di industri kecantikan Tanah Air. Pada awal Desember 2024 lalu, Aeluna Beauty pun mengumumkan pamit undur diri dari industri kecantikan dalam negeri. Hal ini menjadikannya sebagai brand lokal terbaru yang resmi gulung tikar.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE