BILLBOARD
970x250

5 Cara Gunakan Exfoliating Gloves dan Kenapa Lebih Unggul Dibanding Body Scrub

Ratih Dewi | Beautynesia
Minggu, 06 Feb 2022 17:00 WIB
5 Cara Gunakan Exfoliating Gloves dan Kenapa Lebih Unggul Dibanding Body Scrub

Exfoliating gloves merupakan sarung tangan dengan permukaan sedikit kasar yang dirancang khusus untuk mengangkat sel kulit mati ketika mandi. Penggunaan produk ini untuk eksfoliasi sudah dilakukan banyak perempuan karena dianggap lebih cepat dan mudah digunakan. 

Howard Sobel, M.D, seorang ahli bedah kulit di Lenox Hill Hospital menjelaskan, "exfoliating gloves dirancang secara instan untuk mengangkat sel kulit mati dan memiliki ukuran pas di tangan sehingga mudah menjangkau area sulit, seperti punggung, bahu, tumit, dan jari kaki," ujarnya. 

Melansir dari laman Everyday Health, exfoliating gloves menjadi produk favorit beberapa perempuan untuk eksfoliasi karena dianggap mudah, cepat, dan mirip perawatan spa yang bisa dilakukan di rumah. 

Nah, buat Beauties yang masih bingung dengan exfoliating gloves dan cara penggunaannya bisa simak artikel di bawah ini, ya!

Cara Menggunakan Exfoliating Gloves

Penggunaan exfoliating gloves memang terbilang mudah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat dan sesudah pemakaiannya. 

1. Pilih Exfoliating Gloves yang Tepat 

Pilih Exfoliating Gloves yang Tepat
Pilih Exfoliating Gloves yang Tepat/Foto : thebodyshop.co.id

Karena banyak peminatnya, banyak brand yang mengeluarkan produk exfoliating gloves dengan keunggulan yang berbeda-beda. Pilihlah produk yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit masing-masing. 

Kalau Beauties memiliki tipe kulit yang cukup sensitif, pilihlah produk yang permukaannya tidak terlalu kasar dan pas di tangan supaya nyaman digunakan. Demikian seperti yang dilansir dari laman Leaf TV. 

2. Pastikan Tubuh dalam Keadaan Basah

Pastikan Tubuh dalam Keadaan Basah
Pastikan Tubuh dalam Keadaan Basah/Foto : pexels.com/cottonbro

Exfoliating gloves memang dirancang untuk digunakan bersamaan dengan sabun mandi, jadi pastikan tubuh dalam keadaan basah supaya lebih mudah digunakan dan meminimalisir kulit menjadi iritasi. 

Untuk lebih optimalnya, Beauties bisa menggunakan air hangat ketika mandi karena air hangat akan melembapkan sel-sel kulit dan ketika eksfoliasi sel-sel kulit mati bisa terangkat dengan optimal. 

3. Gunakan Body Wash yang Ringan

Gunakan Body Wash yang Ringan
Gunakan Body Wash yang Ringan/Foto : pexels.com/cottonbro

Hindari penggunaan body wash dengan kandungan scrub di dalamnya atau ada kandungan eksfoliasi seperti AHA, BHA, PHA, atau kandungan eksfoliasi lainnya. Gunakan sabun mandi yang gentle atau disesuaikan dengan kebutuhan kulit. 

Seperti, untuk kulit kusam Beauties bisa gunakan sabun mandi dengan kandungan untuk mencerahkan atau untuk kulit kering menggunakan sabun mandi yang khusus melembapkan kulit tubuh dan biarkan exfoliating gloves bekerja untuk mengeksoliasi tubuh. 

4. Gosok Mulai dari Bahu sampai Kaki

Gosok Mulai dari Bahu sampai Kaki
Gosok Mulai dari Bahu sampai Kaki/Foto : freepik.com/jcomp

Melansir dari laman Exfoliate, supaya sel-sel kulit mati terangkat dengan maksimal, sebaiknya gunakan exfoliating gloves dengan gerakan melingkar di kulit dibandingkan menggosok ke atas dan ke bawah berulang kali. 

Aplikasikan mulai dari bahu, dada, punggung, perut, lengan tangan, lalu ke area bawah dari paha, betis, sampai tumit kaki dan beri pijatan lembut. Jangan lupa untuk aplikasikan ke area leher dan belakang telinga, namun hindari penggunaan untuk area wajah ya, Beauties! 

5. Cuci dan Langsung Keringkan 

Cuci dan Langsung Keringkan
Cuci dan Langsung Keringkan/Foto : freepik.com/freepik

Setelah selesai digunakan, cuci exfoliating gloves dengan sabun sampai bersih, lalu gantung dan keringkan. Jangan simpan exfoliating gloves di tempat yang lembap dan sebaiknya langsung jemur di bawah sinar matahari

Exfoliating gloves yang lembap akan mudah terinfeksi bakteri atau jamur yang ketika digunakan bisa membuat kulit gatal, kemerahan, atau iritasi. 

Keunggulan Exfoliating Gloves dibanding Body Scrub

Beberapa keunggulan exfoliating gloves dibandingkan dengan body scrub ketika digunakan untuk eksfoliasi: 

1. Lebih Mudah dan Cepat digunakan

Lebih Mudah dan Cepat digunakan
Lebih Mudah dan Cepat digunakan/Foto : freepik.com/freepik

Salah satu alasan produk ini banyak digunakan oleh perempuan karena mudah dan tidak butuh banyak waktu seperti body scrub. Beauties hanya perlu gunakan sabun mandi, lalu aplikasikan ke seluruh tubuh. 

Jika menggunakan body scrub, Beauties cenderung menunggu beberapa menit baru digosok dan dipijat sampai kotorannya terangkat, namun dengan exfoliating gloves, Beauties bisa langsung bilas dengan air sehingga menghemat waktu

2. Alternatif Produk Eksfoliasi yang Lebih Murah 

Alternatif Produk Eksfoliasi yang Lebih Murah
Alternatif Produk Eksfoliasi yang Lebih Murah/Foto : freepik.com/freepik

Melansir dari laman We Know Gloves, setiap bulan beberapa dari kita pasti mengeluarkan dana untuk membeli body scrub untuk eksfoliasi yang harganya berbeda-beda setiap brand-nya. Tapi penggunaan exfoliating gloves ini bisa diganti setiap 4 - 6 bulan sekali. 

Dalam pemakaiannya, Beauties hanya perlu menggunakan 1 exfoliating gloves saja, lalu bisa diganti setiap 4 - 6 bulan sekali yang tentu saja menghemat budget untuk perawatan tubuh. 

3. Melancarkan Aliran Darah 

Meningkatkan Aliran Darah
Meningkatkan Aliran Darah/Foto : freepik.com/freepik

Pijatan yang dilakukan setiap menggunakan exfoliating gloves akan meningkatkan aliran darah di kulit, sehingga setelahnya kulit akan lebih halus dan terasa lebih kencang. Penggunaannya sebaiknya tidak untuk setiap hari, mengingat sifatnya yang mengeksfoliasi kulit.

Umumnya, Beauties bisa gunakan seminggu 2 - 3 kali sesuai dengan kebutuhan atau kondisi kulit masing-masing.  

4. Membuat Kulit Lebih Bersih dan Halus

Membuat Kulit Lebih Bersih dan Halus
Membuat Kulit Lebih Bersih dan Halus/Foto : freepik.com/drobotdean

Karena bisa dijangkau dengan mudah ke seluruh tubuh ketika eksfoliasi, exfoliating gloves membuat tubuh lebih bersih dan halus. Biasanya ketika menggunakan body scrub badan akan berkeringat dan membuat body scrub tidak bekerja optimal mengangkat sel kulit mati. 

Selain itu, exfoliating gloves juga membantu untuk menghambat pertumbuhan rambut di kulit dan membersihkan pori-pori dengan optimal. Demikian seperti yang dilansir dari laman Women's Health. 

5. Tidak ada Kandungan yang Harus diperhatikan

Tidak ada Kandungan yang Harus diperhatikan
Tidak ada Kandungan yang Harus diperhatikan/Foto : freepik.com/freepik

Tidak seperti body scrub yang memiliki kandungan-kandungan tertentu, exfoliating gloves bisa untuk segala jenis kulit. Namun, harus diperhatikan tekstur dari sarung tangan itu sendiri dan pastikan tidak terlalu kasar. 

Jika Beauties memiliki masalah kulit seperti eksim ataupun luka disarankan untuk tidak eksfoliasi terlebih dahulu dan bisa konsultasikan dengan dokter, ya. Semoga membantu! 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE