sign up SIGN UP

Haruskah Tipe Kulit Kering Tetap Melakukan Eksfoliasi Wajah secara Rutin? Temukan Jawabannya di Sini...

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Rabu, 19 Jan 2022 22:30 WIB
Haruskah Tipe Kulit Kering Tetap Melakukan Eksfoliasi Wajah secara Rutin? Temukan Jawabannya di Sini...
caption

Eksfoliasi menjadi salah satu langkah paling ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang dibutuhkan oleh semua jenis kulit. Proses pengangkatan lapisan kulit terluar ini dapat membantu percepatan proses regenerasi kulit untuk memperbaiki warna dan tekstur kulit.

Akan tetapi, banyak rumor beredar bahwa eksfoliasi untuk kulit kering yang bersisik dan sudah mengelupas hanya akan memperburuk kondisi kekeringan bahkan bisa iritasi. Eits, jangan salah! Eksfoliasi bagi jenis kulit kering sangat penting supaya menjaganya tetap terhidrasi dan sehat.

Yuk, temukan penjelasannya lengkapnya di sini, Beauties!

Mengapa Eksfoliasi Wajah Itu Penting?

cara dan produk eksfoliasi yang tepat untuk kulit kering
Pentingnya eksfoliasi kulit secara rutin/Foto: Pinterest.com/Martha Stewart Living

Setiap hari sel-sel kulit manusia melakukan proses regenerasi, menggantikan lapisan luar kulit lama dengan sel-sel baru yang lebih sehat. Eksfoliasi atau pengelupasan bertujuan untuk memastikan bahwa sel-sel mati benar-benar dihilangkan.

“Jika kita tidak mengangkat sel-sel mati, kulit bisa tampak kusam dan pori-pori tersumbat, yang sering menyebabkan munculnya jerawat, komedo htam/putih atau kulit berminyak,” jelas Rachael Burns, konsultan dokter Kulit untuk Sönd mengutip Bydrie.

Manfaat eksfoliasi juga dapat membantu mencerahkan kulit, memperbaiki tekstur, dan yang terpenting merangsang pembentukan kolagen untuk menjaga kulit tampak kenyal dan kencang. Nah, positifnya lagi, pada kulit yang sehat otomatis produk skincare yang kamu pakai mampu menembus kulit secara optimal dan foundation dapat menempel sempurna.

Apa Eksfolian Terbaik untuk Kulit Kering?

cara dan produk eksfoliasi yang tepat untuk kulit kering
Chemical exfoliator lebih minim iritasi/Foto: Pexels.com/Pavel Danilyuk

Terdapat dua metode eksfoliasi wajah yang lazim dilakukan, yaitu physical exfoliation dan chemical exfoliation. Masing-masing metode bisa disesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit yang dimiliki setiap orang.

Eksfoliasi untuk kulit kering begitu pun kulit sensitif lebih direkomendasikan untuk memilih chemical exfoliation seperti AHA dan BHA karena dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati tanpa membuat kulit kering dan iritasi. Umumnya produk skincare AHA dan BHA mengandung konsentrasi yang lebih ringan dan dapat digunakan setiap hari.

Sedangkan, menggunakan physical exfoliation pada kulit kering tidak disarankan karena prosesnya berpotensi membuat kulit tambah kering dan mengelupas yang berujung pada iritasi.

cara dan produk eksfoliasi yang tepat untuk kulit kering
Exfoliating toner AHA/Foto: Pinterest.com/Hello Peony

Alpha-hydroxy acid (AHA) berfungsi untuk eksfoliasi wajah yang kusam menjadi lebih bersih dan cerah, terasa lebih kencang, bekas jerawat memudar, dan juga meminimalisir garis-garis halus dan kerutan.

Dr. Neal Schultz, MD, dokter kulit terkemuka di New York dan pendiri BeautyRx by Dr. Schultz, mengatakan bahwa AHA dalam bentuk glycolic acid dengan persentase bahan aktif 7%-15% adalah pilihan terbaik bagi jenis kulit kering karena molekulnya paling kecil.

Sementara itu, beta hydroxy acid (BHA) atau salicylic acid cara kerjanya menembus jauh ke dalam lapisan kulit untuk membersihkan pori-pori kulit dari minyak, kotoran, dan sel kulit mati. BHA sering dikaitkan untuk mengatasi masalah kulit berjerawat dan berminyak.

Rekomendasi Eksfoliator untuk Kulit Kering

cara dan produk eksfoliasi yang tepat untuk kulit kering
Exfoliating toner untuk kulit kering/Foto: Instagram.com/bhumiofficial

Bila kamu pemula dengan kulit kering atau sensitif yang ingin mencoba glycolic acid, sebaiknya mulailah dari kadar yang kecil. Saat kulitmu telah terbiasa cobalah menggunakan exfoliating toner/serum/pads yang lembut sebanyak 1-2 kali seminggu. Jangan lupa, sesudah itu aplikasikan sunscreen di pagi hari.

Inilah 3 rekomendasi produk eksfoliator yang ramah bagi kulit kering:

  • BHUMI Deep Hydration Exfoliating Toner dengan 2% AHA, hyaluronic acid, chamomile, vitamin C, dan Gigawhite extract.
  • Avoskin YSB Lactic Acid 10% + Kiwi Fruit 5% + Niacinamide 2,5% High Dose Serum yang kaya antioksidan dan bersifat antiinflamasi untuk jerawat.
  • Bloomka Sugarcane + Calendula Exfoliating Facial MaskB, dengan kandungan 10% sugarcane sebagai natural AHA dan calendula yang menyejukkan kulit.

Bagaimana Beauties, masih ragu untuk melakukan eksfoliasi nggak nih setelah ini?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id