sign up SIGN UP

5 Cara Mudah Lakukan Kontur Wajah, Tips Makeup Natural Untuk Pemula Anti Gagal!

Ni Made Dwi Agustina | Beautynesia
Senin, 16 May 2022 19:00 WIB
5 Cara Mudah Lakukan Kontur Wajah, Tips Makeup Natural Untuk Pemula Anti Gagal!
caption
Jakarta -

Face contouring atau kontur wajah merupakan salah satu teknik makeup yang umumnya digunakan untuk mempertegas bagian-bagian tulang wajah, sehingga menambahkan dimensi pada wajah. Penggunaan kontur wajah juga bisa disesuaikan dengan tema makeup, salah satunya makeup natural.

Kontur wajah untuk makeup natural perlu diperhatikan. Meski lebih sederhana dibandingkan makeup bold, namun kontur wajah untuk makeup natural memiliki cara-cara dasar yang penting diketahui, khususnya untuk pemula agar hasil makeup terlihat sempurna. So, bagaimana cara melakukan kontur wajah? Berikut penjelasannya dihimpun dari Style Craze.

Base Makeup sebagai Langkah Awal

Langkah awal kontur wajah dengan menggunakan base makeup
Langkah awal kontur wajah dengan menggunakan base makeup/ foto: Freepik.com/ freepik

Persiapkan wajah dengan menggunakan base makeup merupakan langkah awal yang penting. Base makeup yang digunakan, seperti foundation, cushion, bb cream, dan sebagainya. Pastikan base makeup tersebut sesuai dengan undertone kulit atau satu tingkat lebih cerah dibandingkan warna kulit asli.

Selanjutnya, tambahkan bedak tabur sedikit atau di area yang mudah berminyak agar base makeup terlihat sempurna. Selain itu, pemakaian base makeup yang benar akan membuat tampilan kontur wajah semakin bagus.

Pilih Produk Kontur dan Kuas yang Tepat

Pemilihan produk dan kuas untuk kontur wajah
Pemilihan produk dan kuas untuk kontur wajah/ foto: Freepik.com/ lookstudio

Produk kontur wajah pada dasarnya terdapat dua jenis, yaitu berbentuk krim dan padat. Keduanya bisa digunakan bersamaan sesuai kebutuhan atau cukup digunakan salah satunya. Pemilihan kontur wajah dengan jenis krim dapat dijadikan sebagai kontur dalam atau sebelum menggunakan bedak tabur, ini akan membuat hasil makeup lebih awet.

Sedangkan kontur wajah dengan jenis padat dapat diaplikasikan di atas bedak tabur dan membuat makeup terlihat matte. Tips makeup natural untuk pemula dengan menggunakan kontur wajah, disarankan menggunakan kontur krim. Kemudian, kuas yang digunakan juga sebaiknya berbentuk kecil dan halus, agar lebih presisi.

Ketahui Bagian Wajah yang Dikontur

Struktur tulang wajah untuk kontur wajah
Struktur tulang wajah untuk kontur wajah/ foto: Freepik.com/ senivpetro

Sebelum memulai kontur wajah, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu bagian wajah yang tepat untuk dilakukan kontur. Adapun bagian wajah yang disarankan untuk dilakukan kontur adalah area di bawah rahang, sisi pelipis, tulang pipi, dan sisi hidung. Intinya, cara kontur wajah yang mudah yaitu memerhatikan struktur tulang pada wajah.

Aplikasikan Kontur dengan Halus dan Merata

Aplikasikan kontur wajah secara halus dan merata
Aplikasikan kontur wajah secara halus dan merata/ foto: Freepik.com/ kroshka_nastya

Kontur wajah yang terlihat natural, akan membuat makeup terlihat lebih gorgeous. Oleh karena itu, aplikasikan kontur wajah secara halus dan merata pada bagian-bagian wajah yang akan dikontur. Aplikasikan produk sedikit demi sedikit, agar dapat membaur pada base makeup. Mengaplikasikan kontur dapat menggunakan kuas atau spons sesuai kebutuhan.

Tambahkan Highlighter Secukupnya

Highlighter untuk menyempurnakan kontur wajah
Highlighter untuk menyempurnakan kontur wajah/ foto: Freepik.com/ benzoix

Untuk memaksimalkan hasil kontur, tambahkan produk highlighter. Penambahan highlighter bertujuan untuk mempertegas garis kontur wajah dan membantu membuat wajah terlihat glowing. Tambahkan highlighter secukupnya pada bagian-bagian wajah yang sudah dikontur.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id