sign up SIGN UP

5 Cara Mudah Perbaiki Skin Barrier yang Rusak, Biar Nggak Gampang Jerawatan!

Ratih Dewi | Beautynesia
Minggu, 05 Dec 2021 07:00 WIB
5 Cara Mudah Perbaiki Skin Barrier yang Rusak, Biar Nggak Gampang Jerawatan!
caption

Banyak faktor yang mengakibatkan skin barrier kita rusak, sehingga kulit wajah lebih mudah berjerawat, kering, kusam, bahkan iritasi. Menjaga skin barrier tetap kuat adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan supaya kulit wajah tetap sehat dan bersih, Beauties.

Sayangnya, tidak banyak yang paham bagaimana merawat skin barrier dengan benar agar tetap kuat. Nah, buat Beauties yang merasa kondisi skin barrier-nya tidak dalam keadaan baik dan menjadi lebih sensitif, berikut cara mudah untuk memperbaiki skin barrier yang rusak. 

1. Hindari Scrub untuk Eksfoliasi

Hindari Scrub untuk Eksfoliasi
Hindari Scrub untuk Eksfoliasi/Foto : pexels.com/Polina Kovaleva

Walaupun skin barrier tidak dalam keadaan baik, eksfoliasi juga dibutuhkan untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit wajah, khususnya area pori-pori. Namun, harus diperhatikan produk yang digunakan untuk eksfoliasi, lebih disarankan untuk menggunakan chemical exfoliation dengan kandungan yang gentle

Hindari untuk menggunakan scrub atau physical exfoliation. Butiran scrub bisa membuat kulit menjadi iritasi dan luka jika butiran scrub dari produk eksfoliasi tersebut terlalu kasar.

Tidak hanya scrub, alat pembersih wajah yang permukaannya terlalu kasar juga sebaiknya dihindari sementara. Demikian seperti yang dilansir dari laman Get The Gloss.

2. Rutin Menggunakan Sunscreen

Rutin Menggunakan Sunscreen
Rutin Menggunakan Sunscreen/Foto : pexels.com/Moose Photos

Paparan sinar matahari adalah faktor yang sering merusak skin barrier wajah dan membuat wajah menjadi kusam, muncul kerutan, dan flek hitam yang mengganggu penampilan. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen sehari-hari menjadi hal yang penting. 

Melansir dari laman Healthline, idealnya menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih dan rutin untuk reapply setiap 2-3 jam sekali, karena sunscreen mudah hilang jika terkena air ataupun keringat.

3. Tidak Merokok dan Konsumsi Alkohol 

Tidak Merokok dan Konsumsi Alkohol
Tidak Merokok dan Konsumsi Alkohol/Foto : pexels.com/Maria Orlova

Tidak hanya berpengaruh untuk kesehatan tubuh, rokok dan alkohol bisa memicu penuaan dini di wajah dan mengurangi elastisitas kulit wajah. Tidak hanya itu, pembuluh darah di kulit juga akan mengecil dan mempersempit aliran oksigen ke kulit, sehingga skin barrier bisa rusak. 

Hindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol, ya Beauties. Beralih untuk rutin olahraga dan konsumsi makanan sehat yang bisa meningkatkan fungsi skin barrier, seperti ikan salmon, buah yang mengandung vitamin C tinggi, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Demikian seperti yang dilansir dari laman WebMD. 

4. Gunakan Produk Skincare yang Gentle 

Gunakan Produk Skincare yang Gentle
Gunakan Produk Skincare yang Gentle/Foto : pexels.com/KoolShooters

Pemilihan rangkaian produk skincare yang digunakan sangat penting untuk mengembalikan kondisi skin barrier yang rusak. Pastikan menggunakan produk skincare yang gentle atau pH yang sama dengan kulit wajah.

Melansir dari laman Brydie, disarankan untuk double cleansing dengan produk pembersih yang memiliki klaim gentle cleanser, ini berarti tidak membuat kulit wajah kering, melembapkan, dan bisa membersihkan wajah dengan optimal. 

5. Pilih Pelembap dengan Kandungan Tepat

Pilih Pelembap dengan Kandungan Tepat
Pilih Pelembap dengan Kandungan Tepat/Foto : pexels.com/Sora Shimazaki

Melansir dari laman Cosmopolitan, kunci untuk memperbaiki skin barrier adalah penggunaan pelembap yang tepat. Gunakan pelembap dengan kandungan seperti, ceramide, glycerin, atau hyaluronic acid yang berfungsi untuk menghidrasi kulit wajah dan menjaganya tetap lembap. 

Kulit wajah yang terhidrasi dengan baik akan mengembalikan fungsi skin barrier yang rusak dan kulit wajah tidak mudah kering, kusam, ataupun berjerawat. 

[Gambas:Youtube]

-------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id