sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Tanpa Sadar Memicu Datangnya Flek Hitam di Usia Muda, Sering Dilakukan?

Aqillah Diaz | Beautynesia
Rabu, 06 Jul 2022 10:00 WIB
5 Kebiasaan Sehari-hari yang Tanpa Sadar Memicu Datangnya Flek Hitam di Usia Muda, Sering Dilakukan?
caption
Jakarta -

Selain jerawat, flek hitam juga dapat membuat kepercayaan diri menurun lho, Beauties! Flek hitam pada area wajah terjadi akibat pigmentasi kulit yang berlebihan. 

Sebenarnya hal ini sangat wajar terjadi. Namun, apa kamu mau jika di usia muda sudah memiliki banyak flek hitam pada area kulit wajah? Mengatasi hal ini, ternyata ada beberapa kebiasaan yang tanpa sadar dapat memicu flek hitam di usia muda lho. Apa saja, simak yuk!

1. Malas Menggunakan Sunscreen

Pentingnya Sunscreen untuk Kulit/ Foto: freepik/ Gpoints StudioSunscreen untuk Kulit/ Foto: freepik/ Gpoints Studio

Paparan sinar matahari yang berlebihan menjadi penyebab utama munculnya flek hitam pada wajah, karena mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak melanin.

Nggak hanya ketika akan keluar rumah kamu harus menggunakan sunscreen, tetapi ketika berada di dalam rumah kamu juga harus menggunakan sunscreen. Bahkan, kamu juga disarankan untuk memilih produk makeup yang mengandung SPF agar kulitmu tetap terlindungi.

Usahakan untuk memilih sunscreen yang mengandung SPF minimal 30 agar kulit lebih terlindungi dari paparan sinar matahari ya, Beauties!

2. Menggunakan Produk dengan Kandungan Citrus atau Vitamin C

Beauty and skincareSkincare/ Foto: Freepik.com/Seva Levitsky

Kandungan skincare atau produk kecantikan lainnya yang mengandung vitamin C memang bagus untuk mencerahkan kulit, tapi ternyata tidak semua kandungan vitamin C dalam skincare bisa digunakan sewaktu-waktu. Terdapat efek samping buruk apabila kandungan ini digunakan dengan cara tidak tepat, seperti lemon yang mengandung senyawa photosensitizer.

Senyawa ini akan bereaksi pada wajah apabila langsung terkena paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi yang parah. Ada baiknya untuk tidak menggunakan produk dengan kandungan citrus ketika akan keluar di bawah sinar matahari.

3. Terlalu lama Berada di Depan Layar Laptop

motivasi adalah dorongan yang dimiliki seseorang untuk melakukan sesuatuBekerja/foto: pexels.com/moose-photos

Menurut penelitian, cahaya yang terpancar dari layar laptop, komputer, atau tv dapat menyebabkan munculnya bintik atau flek hitam pada wajah. Jika saat ini semua pekerjaan memang harus dikerjakan di depan layar laptop, ada baiknya kamu memiliki waktu beristirahat yang cukup agar tidak selalu berada di depan laptop.

Gunakan pelembap atau skincare lain agar kulitmu tetap terjaga kelembapannya dan juga gunakan sunscreen ya!

4. Pengaruh Obat-Obatan

Minum ObatMinum Obat/ Foto: Freepik.com/yanalya

Apabila kamu adalah seseorang yang tidak bisa terlepas dari obat-obatan karena suatu hal, maka munculnya flek hitam pada kulit wajah ini dapat terjadi. Dilansir dari Wolipop, obat-obatan, seperti mesantoin, difenilhidantoina, chlorpromazine, sitostatik, dan minosiklin dapat memicu munculnya flek hitam pada kulit wajah.

5. Penggunaan Makeup yang Tidak Cocok dengan jenis Kulit

MakeupMakeup/ Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Beberapa makeup yang kamu gunakan sehari-hari ada yang mengandung bahan kimia dan hal tersebut dapat memicu melanocyte yang dapat memproduksi melanin. Apalagi jika produk tersebut mengandung parfum atau zat pewarna.

Selain itu, beberapa bahan makeup lain juga dapat memicu foto sensitivitas yang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, ketika kamu akan membeli makeup pastikan untuk selalu mengecek ingredients-nya ya, Beauties!

Itulah beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat memicu munculnya flek hitam pada kulit wajah. Yuk, mulai sekarang segera hindari kebiasaan di atas ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id