STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

5 Tanda Bahwa Moisturizer yang Kamu Pakai Tidak Cocok untuk Kulit

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Sabtu, 21 Jan 2023 15:00 WIB
5 Tanda Bahwa Moisturizer yang Kamu Pakai Tidak Cocok untuk Kulit
Moisturizer tidak cocok/ foto: Freepik/ wayhomestudio

Moisturizer salah satu skincare dasar dan penting untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Kandungan yang dimiliki oleh skincare ini juga banyak, ada yang dari lidah buaya alias aloevera, buah delima, madu, hyaluronic acid, spirulina dan sebagainya. 

Namun, Beauties perlu tahu, bahwa tidak semua moisturizer bisa cocok untuk wajahmu. Perhatikan keadaan kulit ketika menggunakan pelembap wajah, dan jika muncul tanda-tanda seperti di bawah ini, sebaiknya untuk hentikan pemakaian.

1. Timbulnya Bintik-bintik Kemerahan

Perempuan
Bintik merah/ foto: Freepik/ freepik

Meskipun moisturizer banyak yang mengklaim bisa untuk seluruh jenis wajah, tapi nyatanya ada juga yang kulitnya terlalu sensitif dan malah menimbulkan bintik-bintik merah. Biasanya hal ini disebabkan oleh pelembap yang mengandung parfum atau wewangian di dalam kandungannya.

Menurut dr. Corey L. Hartman, direktur medis Pusat Kesehatan Kulit Alabama di Birmingham, Alabama, dalam Southern Living, pilihlan moisturizer yang ringan dan lembut. Hindari tergoda dengan produk yang memiliki kandungan retinol dan hydroxy acid yang meski bagus untuk mencegah penuaan, jika kulit kamu tergolong sensitif.

2. Kulit Malah Mengering dan Terkelupas

Perempuan
Kulit kering/ foto: Freepik/ garetvisual

Moisturizer seharusnya berfungsi untuk membuat kulit lebih lembap dan kenyal, karena mengunci kandungan air dalam wajah. Tapi, jika ternyata malah sebaliknya membuat kering hingga kulit menjadi terkelupas, itu berarti pelembapnya tidak cocok.

Mengutip dari VOI, hal ini biasanya terjadi pada pelembap yang menggunakan bahan dasar retinoid. Jika, dirasa gejalanya semakin parah, hentikan pemakaian dan konsultasikan pada dokter kulit untuk penanganan lebih tepatnya.

3. Menimbulkan Breakout pada Kulit

Perempuan
Breakout/ foto: Freepik/ wayhomestudio

Berhenti menggunakan moisturizer Beauties, jika menyebabkan breakout pada kulit wajah. Ditandai dengan munculnya jerawat-jerawat, kulit terasa tidak rata, dan timbulnya komedo di wajah.

Menurut dr. David Orentreich, MD, seorang ahli kulit dalam Well+Good, moisturizer yang menyebabkan wajah breakout berarti kandungannya menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo. Disarankan untuk menggantinya dan memilih pelembap yang tertulis anti-comedogenic di label.

Selain itu juga pilih yang bebas minyak dan memiliki kandungan relatif aman seperti gliserin, madu, aloevera, allantoin, urea, dan lactic acid.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE