sign up SIGN UP

6 Bahan Aktif dalam Skincare untuk Atasi Jerawat

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Sabtu, 06 Feb 2021 16:00 WIB
6 Bahan Aktif dalam Skincare untuk Atasi Jerawat
caption

Produk skincare yang diklaim dapat mengatasi jerawat memiliki sejumlah bahan aktif yang membuatnya bekerja ampuh. Bahan aktif inilah yang menjadi tonggak utama sehingga keberadaannya sangat penting.

Saat dikombinasikan dengan bahan-bahan lain di dalam produk yang sama, biasanya bahan aktif ini akan dihighlight  untuk memberi keterangan yang jelas. Lantas, apa saja bahan aktif dalam skincare yang diperuntukkan untuk mengatasi jerawat? simak selengkapnya di bawah ini.

1. Salicylic Acid

Salicylic acid mampu mengatasi penyumbatan pada pori/freepik.com
Salicylic acid/freepik.com

Bahan aktif satu ini memang terbilang familiar sebagai kandungan yang dapat mengatasi jerawat. Salicylic Acid bekerja dengan cara mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori. Sebagaimana yang diketahui, penyumbatan ini menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.

Selain itu, Salicylic Acid juga mampu mengontrol minyak berlebih  di wajah. Pada umumnya, Salicylic Acid yang digunakan dalam produk berkisar antara 0,5 hingga 5 persen.

2. Benzoyl Peroxide

Benzoyl Peroxide mengurangi produksi minyak berlebih/freepik.com
Benzoyl Peroxide/freepik.com

Selanjutnya ada Benzoyl Peroxide yang tidak kalah sering digunakan sebagai bahan aktif untuk mengatasi jerawat. Bahan aktif ini mampu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah, membunuh bakteri penyebab jerawat dan menghilangkan sel kulit mati yang membuat pori-pori tersumbat. Biasanya sebuah produk skincare akan mengandung 2,5 hingga 10 person bahan aktif ini supaya ampuh mengatasi jerawat.

3. Tea Tree Oil

Tea tree oil bersifat antibakteri dan antimikroba yang atasi jerawat/freepik.com
Tea tree oil/freepik.com

Bahan aktif yang satu ini tergolong bahan alami namun tetap ampuh mengatasi jerawat. Tea tree oil memiliki sifat anti-bakteri, anti-mikroba dan membantu menghilangkan berbagai sumbatan yang ada di pori-pori.

Tea tree oil juga menjadi kandungan yang sudah lama digunakan untuk mengatasi kulit berjerawat. Berbagai studi juga menunjukkan bahwa tea tree oil ini terbukti efektif untuk permasalahan jerawat.

3. Alpha Hydroxy Acids (AHA)

AHA merangsang pembentukan sel kulit baru/freepik.com
AHA/freepik.com

AHA memiliki kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori sekaligus membantu meredakan peradangan pada kulit berjerawat. Terdapat 2 jenis AHA yang biasa digunakan dalam skincare yaitu glycolic acid dan lactic acid.

Bahan aktif ini akan merangsang pembentukan sel kulit yang baru sehingga pori-pori tampak lebih kecil dan kulit menjadi lebih bersih. Beberapa produk mengandung AHA biasanya hadir dalam bentuk toner, lotion maupun serum.

4. Sulfur

Sulfur memiliki kemampuan untuk menghilangkan penyumbatan pada pori-pori /freepik.com
Sulfur/freepik.com

Bahan aktif yang punya simbol ‘S’ ini juga sering ditemukan dalam ingredients produk skincare yang diperuntukkan mengatasi jerawat. Sulfur sendiri memiliki kemampuan untuk menghilangkan penyumbatan pada pori-pori, mengangkat sel kulit mati serta mampu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. Produk mengandung sulfur biasanya dijual dalam bentuk krim totol, lotion dan juga sabun wajah.

5. Clay

Clay mampu untuk mengangkat berbagai kotoran seperti minyak dan komedo /freepik.com
Clay/freepik.com

Kandungan bahan aktif yang satu ini sering ditemukan dalam produk masker wajah. Clay sendiri dipercaya mampu untuk mengangkat berbagai kotoran seperti minyak dan komedo sehingga kulit wajah menjadi lebih halus.

Clay ini sebenarnya terbagi lagi menjadi beberapa jenis yang salah satunya adalah french green clay. Kandungan ini punya kemampuan untuk mengeksfoliasi tanpa mengiritasi jerawat yang sedang mengalami peradangan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id