sign up SIGN UP

7 Masker Alami untuk Mencerahkan dan Membuat Kulit Glowing

Budi Rahmah Panjaitan | Senin, 01 Feb 2021 17:00 WIB
7 Masker Alami untuk Mencerahkan dan Membuat Kulit Glowing
caption

Wajah cerah dan glowing memang menjadi goals banyak wanita saat ini. Keduanya memang punya kemampuan untuk memancarkan aura kecantikan yang lebih dalam. Apalagi, glowing menjadi salah satu tren kecantikan saat ini.

Untuk itu, berbagai carapun dilakukan untuk bisa mendapatkannya. Salah satunya dengan rutin merawat kulit atau yang lebih akrab disebut skincare-an. Skincare sendiri bisa didapatkan dari produk-produk yang siap pakai atau bisa dibuat sendiri menggunakan bahan alami.

Nah, bahan alami sendiri punya banyak keunggulan karena terbebas dari bahan-bahan kimia dan lebih murah tentunya. Jika kamu tertarik melakukan perawatan kulit agar terlihat lebih glowing, masker alami bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 masker alami untuk mencerahkan dan membuat kulit wajah glowing. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Putih Telur

Masker putih telur membantu meregenerasi sel kulit /freepik.com
Masker putih telur/freepik.com

Masker alami pertama yang bisa kamu coba adalah putih telur. Kandungan protein di dalam putih telur mampu meningkatkan pertumbuhan sel-sel kulit baru sehingga kulit meregenerasi lebih cepat. Semakin cepat regenerasi, maka sel-sel kulit mati penyebab wajah kusam akan tergantikan.

Alhasil, wajah akan terlihat lebih cerah dan terbebas dari kekusaman. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Pertama, pisahkan terlebih dahulu putih dan kuning telur. Jika sudah ambil bagian putihnya dan aplikasikan langsung ke kulit wajah. Tunggulah hingga mengering lalu bilas menggunakan air bersih.

2. Alpukat

Masker alpukat mengandung antioksidan yang tinggi/freepik.com
Masker alpukat/freepik.com

Buah yang terkenal dengan kandungan lemak baiknya ini juga bisa dijadikan masker untuk mendapatkan kulit yang cerah dan glowing. Kandungan antioksidan dan vitamin E di dalam buah alpukat mampu mencegah terjadinya penuaan dini sekaligus menutrisi kulit. Selain itu, buah alpukat juga dapat melembapkan kulit wajah dan berfungsi sebagai anti radang.

Oleh sebab itu, kamu yang sedang bermasalah dengan peradangan jerawat, bisa menggunakan masker alpukat sebagai salah satu solusinya. Cara penggunaan maskernya cukup simpel. Silakan kerok daging alpukat dari kulitnya lalu haluskan dan oleskan ke seluruh permukaan wajah secara merata.

2. Lidah Buaya

Masker lidah buaya mengandung poolifenol sebagai antioksidan/freepik.com
Masker lidah buaya/freepik.com

Tanaman yang punya segudang manfaat ini juga bisa dijadikan masker alami untuk mendapatkan wajah cerah dan glowing. Adanya kandungan senyawa polifenol di dalam lidah buaya yang berfungsi sebagai antioksidan membuatnya mampu mencegah kekusaman kulit dan melindungi dari radikal bebas.

Sebagaimana diketahui, radikal bebas dan kekusaman merupakan salah satu masalah utama yang membuat kulit tidak glowing. Kamu bisa membuat masker lidah buaya dengan mengambil bagian gel nya lalu dihaluskan dan dioleskan ke permukaan wajah.

3. Susu

Masker susu mengandung vitamin yang baik untuk kulit/freepik.com
Masker susu/freepik.com

Masker alami yang terbuat dari susu juga bisa kamu gunakan untuk mendapatkan wajah yang cerah dan glowing. Susu mengandung vitamin B6 dan B12 yang membantu mengontrol hiperpigmentasi sehingga kulit terhindar dari kekusaman.

Selain itu, kandungan vitaminnya ini juga mampu menghidrasi kulit sehingga wajah lebih sehat dan kenyal. Cara membuatnya cukup mudah, kamu tinggal siapkan susu murni yang dihangatkan dalam sebuah mangkok kemudian celupkan kain bersih ke dalamnya lalu gosokkan ke permukaan wajah dengan lembut.

4. Tomat

Masker tomat mengandung vitamin A, B dan C/freepik.com
Masker tomat/freepik.com

Buah dengan warna merah yang khas ini juga efektif untuk mencerahkan wajah dan membuatnya tampak lebih glowing. Tomat mengandung berbagai jenis vitamin yaitu vitamin A, B dan C serta tinggi antioksidan sehingga membuat kulit lebih sehat terawat dan ternutrisi.

Selain itu, kamu yang punya permasalahan warna kulit tidak merata juga recommended untuk menggunakan masker ini. Cara memakainya cukup simpel, kamu tinggal iris buah tomat dan oleskan ke bagian wajah secara merata.

5. Lemon

Masker lemon mengandung vitamin C yang mencerahkan/freepik.com
Masker lemon/freepik.com

Buah yang terlihat menyegarkan ini juga bisa dijadikan masker alami untuk mencerahkan dan membuat wajah lebih glowing. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah lemon mampu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit dan mengontrol produksi minyak berlebih.

Alhasil, wajah terlihat lebih glowing dan sehat. Cara mengaplikasikannya cukup mudah, kamu tinggal ambil perasan air lemon kemudian oleskan ke wajah menggunakan kuas masker.

6. Ampas Teh

Masker ampas teh memiliki kandungan antioksidan yang baik/freepik.com
Masker ampas teh/freepik.com

Nah, yang terakhir ada ampas teh. Jika selama ini kamu langsung membuang ampas teh usai membuat teh, maka sekarang sudah saatnya kamu manfaatkan untuk mendapatkan kulit yang cerah dan glowing. Teh sendiri dikenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi sehingga baik untuk kulit.

Kandungan ini juga mampu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi pigmentasi penyebab kulit wajah kusam. Cara membuat maskernya cukup mudah, kam tinggal ampas teh yang ada lalu oleskan ke permukaan wajah secara merata.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id