sign up SIGN UP

6 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Ketombe, Cek Juga Kandungan di Sampo Favoritmu!

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Kamis, 14 Apr 2022 03:00 WIB
6 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Ketombe, Cek Juga Kandungan di Sampo Favoritmu!
caption

Ketombe merupakan salah satu permasalahan rambut yang paling umum. Kepala terasa gatal dan tidak nyaman, ditandai dengan muncul serpihan putih. Ketombe sendiri terjadi karena kulit kepala yang sangat kering akibat jamur Malassezia, Beauties. Banyak sampo yang menawarkan berbagai treatment antiketombe, tapi kita perlu lebih jeli akan zat-zat kimia di dalamnya yang justru berbahaya bagi kulit kepala dan helai rambut. Kandungan seperti dimethicone, sulfat, formaldehida, natrium klorida, dan paraben menjadi deretan zat kimia yang perlu dihindari karena dapat menyebabkan iritasi, alergi, dan menghilangkan minyak alami rambut. 

Lantas, bahan alami apa yang bisa jadi alternatif menghilangkan ketombe? Tidak usah khawatir, Beauties. Cukup banyak bahan alami penghilang ketombe yang bisa digunakan dan mudah ditemukan, bahkan di rumahmu sendiri. Berikut kandungan alami tersebut seperti yang dilansir dari berbagai sumber.


1. Tea tree oil

Tea tree oil/
Tea tree oil/ Foto: pexels.com/pixabay

Manfaat tea tree oil seakan tidak ada habisnya. Kandungan alami ini bisa kamu gunakan sebagai obat jerawat, dermatitis, bahkan mengatasi ketombe. Tea tree oil memiliki zat bersifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat mengatasi gejala ketombe yang diakibatkan jamur tersebut. Namun bagi Beauties yang memiliki kulit kepala sensitif, tea tree oil mungkin bisa menyebabkan iritasi. Karena itu, kamu bisa mencampurkan sedikit tea tree oil dengan air atau sampo terlebih dahulu sebelum pengaplikasian.

2. Coconut Oil

Coconut oil/
Coconut oil/ Foto: pexels.com/dana tentis

Coconut oil dipercaya dapat meningkatkan hidrasi kulit sehingga ia dapat membantu permasalahan ketombe. Biasa digunakan untuk mengobati eksim, Beauties bisa mengoleskan coconut oil pada kulit kepala untuk melembapkannya juga. Dengan kulit kepala yang lembap dan sifat antimikroba dari coconut oil, ketombe pun turut berkurang.

3. Aloe Vera

Aloe vera/
Aloe vera/ Foto: unsplash.com/jen

Terkenal sebagai kandungan antibakteri, antijamur dan menenangkan, aloe vera gel bisa jadi andalan untuk atasi ketombe berikutnya. Bahan alami ini sudah sering digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit kering seperti psoriasis. Aloe vera juga sering dioleskan ke rambut untuk menjaga kelembapannya, baik langsung dari tanamannya atau produk yang mengandung gel aloe vera. Komponen aktif seperti amino acid dan antioksidan dalam aloe vera juga dapat mengurangi ketombe, Beauties. 

4. Baking Soda

Baking soda/
Baking soda/ Foto: pexels.com/kaboompics

Ternyata tidak cuma untuk memasak, baking soda bisa digunakan untuk pengobatan. Bersifat antijamur, baking soda juga dikenal sebagai bahan eksfoliator yang lembut. Pengaplikasiannya cukup mudah, oleskan baking soda pada rambut yang basah dan pijat kulit kepala secara perlahan. Diamkan 1-2 menit sebelum dibilas bersih. Karena pH baking soda tergolong tinggi, jangan terlalu sering menggunakannya agar tidak menyebabkan iritasi ya!

5. Omega-3 fatty acid

Omega-3 fatty acid/
Omega-3 fatty acid/ Foto: pexels.com/pixabay

Selain berperan penting untuk kesehatan jantung, sel, sistem imun, dan paru-paru, omega-3 fatty acid juga mengontrol produksi sebum, memberikan hidrasi pada kulit, dan mencegah penuaan dini. Karena itu, kandungan omega-3 fatty acid ini memberikan pengaruh signifikan pada ketombe––jika kekurangan, maka ketombe muncul dan sebaliknya. Fatty acid bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan tinggi zat ini seperti ikan salmon dan chia seed, atau menggunakan kapsul suplemen.

6. Hindari stres dan makanan tertentu

Hindari stres dan makanan tertentu/
Hindari stres dan makanan tertentu/ Foto: unsplash.com/farhad ibrahimzade

 Ada kiat pola hidup yang bisa dilakukan untuk mengobati dan mencegah ketombe juga, Beauties! Mengatur pola makan menjadi lebih sehat, membatasi konsumsi makanan indeks glikemik tinggi, seperti roti, pasta, daging merah, crackers yang bukan gandum utuh, serta minuman dan makanan tinggi gula. Bukan cuma diet makanan tertentu, kamu juga harus menghindari stres yang diketahui dapat memperparah kulit kering dan semakin menimbulkan rasa gatal.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id