sign up SIGN UP

6 Bahan Kandungan dalam Sampo yang Harus Dihindari Pemilik Rambut Rontok

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Senin, 07 Feb 2022 14:30 WIB
6 Bahan Kandungan dalam Sampo yang Harus Dihindari Pemilik Rambut Rontok
caption

Beauties, kamu tentu sepakat bahwa salah satu permasalahan rambut yang banyak dialami adalah rambut rontok. Terlepasnya helai rambut dari akarnya ini membuat rambut semakin menipis dan menimbulkan persoalan-persoalan lainnya. Terlebih lagi jika level kerontokannya sudah tinggi alias banyak rambut yang rontok.

Untuk dapat mengatasi rambut rontok ini, maka perlu lebih selektif dalam memilih produk-produk perawatan rambut. Termasuk memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya.

Nah, bagi kamu pemilik rambut rontok, sebagaimana dikutip dari Hairday.co.uk, ada beberapa kandungan dalam sampo yang perlu dihindari. Simak selengkapnya di bawah ini

Sulfat

Ilustrasi botol sampo/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi botol sampo/ Foto: Freepik.com

Kandungan pada sampo pertama yang perlu kamu hindari adalah Sodium Lauryl Sulfate (SLS). Pada umumnya, kandungan ini digunakan sebagai bahan yang memberikan karakteristik busa yang sudah sangat familiar dalam sampo.

Keberadaan busa ini seringkali membuat munculnya anggapan bahwa bahan tersebut dapat menyingkirkan semua kotoran dari kulit kepala dan juga rambut.  Hal ini memang benar adanya, namun apabila sulfat menyangkut di kulit kulit kepala maupun rambut, ia justru dapat merampas protein dan minyak penting yang membentuk struktur rambut.

Paraben

Ilustrasi paraben/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi paraben/ Foto: Freepik.com

Selanjutnya ada kandungan paraben yang sebaiknya juga dihindari oleh pemilik rambut rontok. Paraben sendiri merupakan pengawet yang dapat digunakan untuk menjaga sampo sehingga bisa disimpan lebih lama. Namun sayangnya, paraben bisa merusak kulit kepala dan rambut yang juga bisa menyebabkan penipisan rambut dan peradangan di kulit kepala.

Phthalates

Ilustrasi rambut rontok/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi rambut rontok/ Foto: Freepik.com

Kandungan berikutnya ini juga sebaiknya dihindari oleh pemilik rambut rontok. Bahan ini biasanya menciptakan efek gel yang tidak memiliki warna. Penelitian menghubungkan kandungan phtalates ini dengan kerontokan rambut pada pria, juga kemungkinan kontribusinya terhadap kenaikan berat badan, ketidaksuburan, dan kanker.

Pewarna Buatan

Selanjutnya adalah pewarna buatan yang juga perlu dihindari oleh penderita rambut rontok. Pewarna buatan terdiri dari bahan tambahan kimia yang membantu memberikan warna pada rambut. Kandungan ini bisa menyumbat pori-pori atau bahkan diserap oleh tubuh. Oleh karenanya, sebaiknya dihindari agar lebih aman.

Petroleum

Ilustrasi rambut yang patah/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi rambut yang patah/ Foto: Freepik.com

Tidak sedikit yang telah menggunakan bahan petroleum ini pada rambut selama bertahun-tahun. Namun sayangnya meskipun petroleum ini bisa menjaga kelembapan tetapi ia dapat menghentikan penerimaan kelembapan tambahan yang penting untuk elastisitas rambut.

Sebagaimana diketahui, kelembapan menjadi salah satu faktor agar rambut tetap elastis dan tidak mudah patah. Tidak sampai di situ saja, petroleum juga dapat menghambat folikel rambut yang akhirnya bisa mengganggu siklus pertumbuhan rambut.

Propilen Glikol

Ilustrasi kandungan sampo/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi kandungan sampo/ Foto: Freepik.com

Bahan yang satu ini juga cukup umum ditemukan dalam sampo. Bahan ini bisa memicu respon alergi dan potensi dampak pada organ kulit sehingga sebaiknya dihindari. Biasanya bahan ini difungsikan sebagai pengawet ataupun pewangi dalam sampo. 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id