STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

6 Dampak Buruk yang Bisa Cepat Terjadi di Wajah Saat Malas Bersihkan Makeup, Sudah Tahu?

Natasha Riyandani | Beautynesia
Selasa, 18 Oct 2022 10:30 WIB
6 Dampak Buruk yang Bisa Cepat Terjadi di Wajah Saat Malas Bersihkan Makeup, Sudah Tahu?

Beauties, siapa nih yang masih sering lupa menghapus makeup? Kebiasaan tidur dengan makeup yang masih menempel di wajah secara terus menerus bisa memberikan dampak yang kurang baik pada wajah, loh.  

Seperti yang kita ketahui, banyak produk makeup yang mengandung bahan-bahan kimiawi yang harus segera dibersihkan setelah beraktivitas seharian. Apabila membawa makeup tersebut tidur bisa menjadi penyebab munculnya jerawat bahkan iritasi.

Meski terkadang rasa malas dan kantuk datang, sebaiknya jangan biasakan untuk tidak menghapus makeup dan membersihkan wajah sebelum pergi tidur ya. Karena dampaknya bisa saja membuat kesehatan kulit terganggu.

Melansir pada Dermalogica, berikut dampak buruk yang bisa terjadi pada wajahmu karena malas membersihkan makeup. Simak yuk!

1. Breakout

Muncul jerawat diwajah akibat makeup yang tidak dibersihkan
Breakout/ Foto: Freepik.com/author/wayhomestudio

Makeup yang kamu gunakan selama beraktivitas berfungsi sebagai magnet untuk menahan minyak, kotoran, bahkan polusi agar tidak luntur. Hal ini yang bisa menjadi penyebab kulit wajah mengalami breakout.

Selain itu, pori-pori di wajah dapat tersumbat sehingga menimbulkan komedo dan flek hitam. Untuk itu, agar tidak mengalami breakout setelah menggunakan riasan wajah sebaiknya langsung menghapus makeup dan membersihkan wajah ya, Beauties!

2. Wajah Tampak Kusam

Wajah tampak kusam karena malas membersihkan makeup diwajah
Wajah Tampak Kusam/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Tertidur dengan makeup yang masih berada di wajah dapat mengganggu pengelupasan alami kulit, loh. Akibatnya, sel-sel kulit mati dan kotoran mengendap dipermukaan wajah, membuat kulit wajah terlihat kasar, kusam, dan tidak bercahaya. Menghindari kulit kusam, sebaiknya Beauties melakukan double cleansing untuk membersihkan wajah yang lebih maksimal.

3. Penuaan Dini

Wajah bisa terlihat lebih tua karena malas membersihkan makeup
Penuaan Dini/ Foto: Freepik.com/author/wayhomestudio

Ternyata wajah dapat terlihat lebih tua karena tidur dengan sisa makeup di wajah, lho. Penuaan dini bisa terjadi di wajah karena malam hari merupakan waktu yang tepat untuk pemulihan alami dan memperbaiki kerusakan kulit.

Namun, karena makeup yang masih menempel di wajah, proses pembaruan kulit dapat tercampur dengan kotoran dan polusi yang menumpuk. Akibatnya, wajahmu akan kehilangan kekencangannya dan terlihat lebih tua dari seharusnya.

4. Kulit Terasa Kering

Kulit dapat terasa kering akibat makeup yang tersisa diwajah
Kulit Terasa Kering/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Membersihkan riasan wajah yang kurang tepat bisa menjadi penghalang kelembapan kulit. Produk perawatan yang Beauties gunakan setelah membersihkan wajah memiliki manfaat untuk membuat kulit tetap lembap dan bercahaya.

Namun, produk perawatan akan terasa sia-sia saat wajah tidak benar-benar bersih dari makeup. Untuk itu, pastikan tidak ada lagi sisa riasan agar produk perawatan dapat terserap sempurna ke wajah.

5. Muncul Iritasi di Wajah

Wajah dapat mengalami iritasi akibat makeup tidak dibersihkan
Muncul Iritasi di Wajah/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Produk makeup yang kamu gunakan bisa saja mengandung bahan-bahan kimiawi ataupun parfum yang dapat mengiritasi kulit. Saat makeup digunakan dalam jangka waktu yang lama, kulit pun dapat mengalami peradangan, kemerahan, dan iritasi. Nggak mau kan mengalami hal tersebut, jadi Beauties harus rajin membersihkan makeup ya!

6. Risiko Terkena Infeksi Mata

Infeksi mata dapat terjadi karena penggunaan riasan mata diwajah yang tidak dibersihkan
Risiko Terkena Infeksi Mata/ Foto: Freepik.com/author/user18526052

Riasan mata yang masih berada di kelopak mata bisa berbahaya untuk kesehatan mata, loh. Karena dapat menjadi penyebab infeksi pada mata bahkan sakit mata berkelanjutan.

Area di sekitar mata akan terasa gatal, kering, ataupun mengalami benjolan. Menghindari itu semua, Beauties harus membersihkan area mata dengan benar untuk mencegah infeksi mata akibat makeup yang masih tersisa.

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE