sign up SIGN UP

5 Kesalahan Saat Memakai Makeup yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan, Beauties Wajib Tahu!

Fahira Mahza | Beautynesia
Jumat, 16 Sep 2022 19:30 WIB
5 Kesalahan Saat Memakai Makeup yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan, Beauties Wajib Tahu!
kesalahan dalam merias wajah yang harus dihindari/ foto: freepik.com
Jakarta -

Mendengar kata ‘makeup’ di era saat ini mungkin bukanlah suatu yang asing lagi bagi sebagian besar perempuan. Makeup sendiri sekarang ini sudah menjadi salah satu kewajiban bagi para sebagian besar perempuan sebelum hendak melakukan berbagai aktivitas.

Dengan menggunakan makeup, kepercayaan diri perempuan cenderung meningkat. Karena hal tersebut merupakan salah satu langkah yang dilakukan para wanita untuk lebih mencintai diri sendiri dengan membuat diri terlihat lebih menarik.

Maka saat ini banyak perempuan yang berbondong-bondong untuk belajar merias wajah. Namun, tak jarang para pemula ini seringkali melakukan berbagai kesalahan yang menyebabkan tampilan riasan terlihat kurang bagus bahkan terlihat aneh.

Seperti halnya 5 kesalahan dalam makeup ini yang paling sering dilakukan.

Tidak Menggunakan Skincare

Tidak menggunakan skincare
Tidak menggunakan skincare/foto: pexels.com

Tahukah kamu jika skincare merupakan salah satu komponen penting untuk mendapatkan hasil makeup yang bagus. Hal ini seringkali disepelekan oleh banyak pihak terutama bagi pemula.

Mereka sering mengabaikan penggunaan skincare sebelum mengaplikasikan makeup di wajah. Padahal penggunaan skincare dapat membantu makeup menjadi tahan lama karena kandungan di dalam skincare mampu menjaga kelembaban kulit yang merupakan kunci utama makeup yang awet dan terlihat natural.

Memilih Shade Foundation dan Bedak yang Salah

Memilih shade foundation dan bedak yang salah
Memilih shade foundation dan bedak yang salah/foto: pexels.com

Ketika memutuskan untuk belajar merias wajah, perlu kamu ketahui bahwa pemilihan base make up merupakan suatu hal yang sangat penting. Seringkali kita temui orang-orang yang menggunakan foundation ataupun bedak dengan warna yang lebih terang atau lebih gelap dari kulit aslinya, sehingga membuat hasil makeup terlihat tidak match di wajah.

Maka dari itu, kamu harus benar-benar memilih foundation dan bedak yang sesuai dengan shade kulitmu.

Memakai Pensil Alis Terlalu Tebal

Memakai pensil alis berwarna hitam dan tebal
Memakai pensil alis berwarna hitam dan tebal/foto: pexels.com

Ketika berselancar di berbagai aplikasi sosial media mungkin kamu sering melihat orang dengan alis layaknya karakter 'Sinchan'. Alis seperti itu merupakan salah satu kesalahan makeup yang sering dilakukan oleh para perempuan.

Mereka cenderung salah memilih warna dan salah teknik dalam mengaplikasikan. Perlu diingat agar makeup terlihat bagus, kamu perlu menghindari penggunaan pensil alis berwarna hitam.

Kamu dapat memilih warna coklat tua sebagai penggantinya. Serta kamu hanya perlu mengisi bagian alismu yang kosong agar makeup terlihat natural dan menarik dipandang.

Menggunakan Eyeliner Cair di Bagian Bawah Mata

Layer Eyeliner Atau Pakai Eyeshadow/Foto : pexels.com/Eugene LiashchevskyiIlustrasi memakai eyeliner/Foto: pexels.com/Eugene Liashchevskyi

Kesalahan selanjutnya yang sering dilakukan pemula ialah menggunakan eyeliner di bagian bawah mata. Penggunaan eyeliner di bagian bawah mata dapat membuat makeup menjadi terlihat 'aneh' dan membuat fitur wajah terlihat memberi kesan 'galak'.

Untuk itu, bagi kamu pemula dalam ber-makeup hal ini perlu dihindari. Kamu cukup menggunakan eyeliner pada garis mata bagian atas matamu.

Memakai Lipstick dengan Warna yang Mencolok

Larangan Memakai Lipstik Merah di Korea Utara/Foto: pexels.com/Karolina GrabowskaMemakai lipstick dengan warna mencolok/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Produk makeup yang paling sering digunakan oleh para perempuan ialah lipstick atau produk pewarna bibir sejenisnya. Namun, meskipun menjadi produk yang paling sering dan paling diketahui oleh para perempuan, seringkali masih banyak orang yang salah memilih warna.

Masih banyak perempuan yang memilih warna lipstick yang terlalu mencolok sehingga tampilan makeup terlihat berlebihan yang membuat penampilan terlihat lebih dewasa daripada usia aslinya. Sehingga hal ini perlu kamu hindari agar makeup kamu tidak terlihat berlebihan.

Nah, itulah 5 kesalahan saat memaki makeup yang paling dilakukan. Agar kamu terhindar dari hasil makeup yang berlebihan, kamu perlu memperhatikan lagi teknik serta gaya makeup yang kamu gunakan ya, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id