sign up SIGN UP

6 Tanda Skin Barrier Rusak dan Cara Memperbaikinya

Deviena Nur Fadillah | Beautynesia
Jumat, 09 Sep 2022 07:45 WIB
6 Tanda Skin Barrier Rusak dan Cara Memperbaikinya
caption

Skin barrier merupakan lapisan kulit terluar yang berfungsi melindungi kulit dari paparan buruk, sekaligus menjaga tetap terhidrasi dari dalam.

Meski alami sudah ada pada kulit, tetapi kebiasaan sehari-hari kita justru bisa merusaknya. Mengutip Glamour, seperti scrubbing terlalu keras, waxing, menggunakan bahan alami untuk kulit yang padahal bisa merusak seperti lemon dan baking soda, lalu juga menggunakan produk skincare yang mengandung alkohol dan pewangi.

Nggak cuma itu, menurut Shereene Idriss, M.D, seorang dermatolog yang dikutip dari Glamour, penggunaan bahan pada skincare yang sama secara berlebihan, seperti pencuci muka dan toner yang mengandung salicylic acid bisa menyebabkan dehidrasi. Faktor internal seperti stres ternyata juga bisa berpengaruh lho, Beauties.

Tanda Skin Barrier Rusak

Ilustrasi skin barrier perempuan rusak./Foto: Freepik.com
Ilustrasi skin barrier perempuan rusak./Foto: Freepik.com

Saat skin barriermu rusak, umumnya akan terlihat jelas. Apa saja? Mengutip Healthline sebagai berikut:

Kulit Kering

Kondisi kulit kering bikin nggak nyaman, apalagi juga sering diikuti tekstur yang bersisik, gatal, dan pecah-pecah. Kulit kering bisa mengenai berbagai bagian tubuh lain seperti tangan, kaki, juga lengan.

Gatal pada Kulit

Disebut juga pruritus, yang membuat kamu terdorong untuk menggaruk. Gatal pada kulit bisa merupakan efek dari berbagai hal seperti dermatitis, eksim, juga psoriasis.

Perubahan Warna

Yaitu perubahan warna pada kulit dari warna natural atau asli, seperti menjadi merah, merah muda, ungu, coklat, hitam, dan biru.

Jerawat, tanda skin barrier bermasalah./Foto: Freepik.com/freepik
Jerawat, tanda skin barrier bermasalah./Foto: Freepik.com/freepik

Jerawat

Jerawat bisa muncul ketika pori-pori tersumbat oleh minyak, kulit mati, juga bakteri. Kamu patut curiga dengan jerawat yang tidak hilang-hilang.

Kulit meradang

Kondisi ini bisa muncul karena sistem imun yang merespons stimulus atau zat asing.

Infeksi kulit karena Bakteri, Virus, Maupun Jamur

Gejalanya bisa berbeda namun secara umum muncul ruam kemerahan, terjadi pembengkakan, meradang, dan gatal.

Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Cantik tanpa makeup dengan membersihkan wajahIlustrasi memperbaiki skin barrier/ foto: Freepik.com/ gpointstudio


Idriss menyarankan agar kamu membiarkan kulit memperbaiki dirinya sendiri, kamu bisa mencoba teknik skincare slugging. Selain itu hindari dulu menggunakan makeup. Sean Garrette yang merupakan ahli kecantikan berlisensi menambahkan agat kamu menghindari bahan aktif eksfolian seperti retinol dan vitamin C selama 2 sampai 3 minggu.

"Fokus pada penyembuhan, menghidrasi dan melembapkan. Kamu bisa menggunakan produk yang mengandung niacinamide, hyaluronic acid, ceramides, cholesterol, beta- glucan, sodium PCA, squalane, and centella asiatica,” katanya.

--- 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id